sign up SIGN UP

Rahasia Makeup Awet dan Aman Seharian untuk Kulit Berjerawat, Wajib Tahu Nih!

Fahira Mahza | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 18:00 WIB
Rahasia Makeup Awet dan Aman Seharian untuk Kulit Berjerawat, Wajib Tahu Nih!
Tips make up di kulit berjerawat/foto: freepik.com
Jakarta -

Makeup merupakan salah satu hal yang sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar perempuan dalam melakukan suatu aktivitas agar lebih percaya diri. Tak jarang, makeup digunakan hampir setiap hari oleh sebagian masyarakat terutama perempuan.

Namun, di beberapa kasus terdapat wanita yang takut menggunakan makeup dikarenakan kondisi kulit yang sedang bermasalah seperti sedang berjerawat. Mereka berpikir jika kulit berjerawat menggunakan makeup akan memperparah keadaan jerawat di wajah.

Pikiran tersebut tak sepenuhnya benar dan tak sepenuhnya salah. Memang benar makeup dapat memperparah jerawat di wajahmu apabila kamu tidak membersihkan makeup tersebut dengan baik.

Tetapi jika kamu membersihkan sisa make up yang kamu gunakan dengan baik tanpa sisa, kamu tak perlu khawatir jerawatmu akan bertambah parah. Agar lebih paham tentang makeup di kulit berjerawat, ikuti 5 tips mudah berikut.

1. Membersihkan Wajah Sebelum Mengaplikasikan Makeup

Membersihkan wajah sebelum memulai makeup
Membersihkan wajah sebelum memulai make up/foto: pexels.com

Sebelum memulai makeup ada baiknya kamu mempersiapkan wajahmu dengan bersih. Hal ini penting agar kotoran di wajah tidak menyumbat ketika dilapisi makeup di atasnya yang nantinya dapat membuat jerawatmu bertambah parah.

Kamu dapat menggunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan kondisi kulitmu.

2. Menggunakan Alat Makeup yang Bersih

Menggunakan alat make up yang bersih
Menggunakan alat make up yang bersih/foto: pexels.com

Salah satu hal yang dapat menyebabkan jerawat meradang ketika menggunakan make up ialah penggunaan alat makeup yang kotor. Kotoran yang berada di peralatan makeup seperti brush dan sponge dapat menyumbat pori-porimu sehingga dapat memperparah kondisi jerawatmu bahkan dapat menimbulkan jerawat baru.

Maka dari itu, pastikan peralatan makeup yang kamu gunakan sudah bersih dari kotoran yang menempel.

3. Menggunakan Acne Patch untuk Menutupi Jerawat

Menggunakan acne patch untuk menutupi jerawat
Menggunakan acne patch untuk menutupi jerawat/foto: shopee.co.id

Apabila kamu memiliki jerawat yang matang, salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar jerawatmu tersebut tidak bertambah parah ialah dengan menggunakan acne patch di atasnya.

Penggunaan acne patch dapat membuat jerawatmu tetap stay dan jikalau pun pecah, nanah yang keluar akan terserap oleh acne patch sehingga kulit dan makeup kamu akan tetap aman.

4. Jangan Menggunakan Makeup Terlalu Tebal

Jangan menggunakan make up terlalu tebal
Jangan menggunakan makeup terlalu tebal/foto: pexels.com

Bagi pemilik kulit berjerawat sebaiknya menggunakan make up tipis untuk melengkapi penampilanmu. Penggunaan makeup tipis ini disarankan agar kulitmu akan tetap nyaman sehingga jerawatmu nggak akan jadi meradang.

Selain itu, penggunaan makeup tipis juga ditujukan agar kulitmu lebih mudah bernapas.

5. Jangan Lupa untuk Double Cleansing Ketika Menghapus Makeup

Jangan lupa double cleansing saat membersihkannya
Jangan lupa double cleansing saat membersihkannya/foto: pexels.com

Tips satu ini sangat penting untuk kamu ingat ketika menggunakan makeup di wajah yang sedang berjerawat. Apalagi kalau bukan membersihkannya dengan dengan sebaik mungkin.

Kamu wajib melakukan double cleansing untuk membersihkan sisa makeup yang ada di wajah usai melakukan aktivitasmu. Hal ini sangat agar makeup yang ada di wajahmu tidak menyumbat pori-porimu yang nantinya dapat memperparah kondisi kulitmu. 

Itulah 5 tips mudah yang dapat kamu ikuti ketika ingin menggunakan makeup di kondisi kulit berjerawat. Tips tersebut dapat membantumu agar kondisi kulitmu tidak bertambah parah namun makeup kamu tetap aman!

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id