STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tahan Lama dan Nggak Gampang Rusak

Natasha Riyandani | Beautynesia
Minggu, 25 Sep 2022 13:00 WIB
5 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tahan Lama dan Nggak Gampang Rusak

Mengganti warna rambut bagi sebagian orang merupakan hal yang menyenangkan dan mampu meningkatkan rasa percaya diri. Tampil dengan rambut berwarna membuat terlihat lebih cerah dan bersemangat untuk memulai hari.

Namun, ada sebagian orang yang mengganti warna rambutnya sesuai dengan suasana hati atau mood yang sedang dimiliki. Para perempuan cenderung memilih warna soft saat sedang jatuh cinta, dan memilih warna menyala saat putus cinta.

Namun, masih belum banyak disadari rambut berwarna cantik yang kamu miliki bisa aja rusak dan pudar, loh. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut cara yang Beauties bisa lakukan untuk merawat rambut berwarna agar tahan lebih lama dilansir dari Urban Company. Simak yuk!

1. Jangan Langsung Berkeramas

Berkeramas dapat membuat warna rambut mudah luntur dan pudar
Jangan Langsung Berkeramas/ Foto: Freepik.com/author/valuavitaly

Benar sekali, setelah mewarnai rambut biarkan pewarna rambut mengendap dengan sempurna. Beauties tidak diperbolehkan mencuci rambut selama kurang lebih 24 jam. Hal ini bertujuan agar pewarna rambut dapat menempel dengan rambut, agar warna rambut tidak mudah pudar.

2. Menggunakan Produk Rambut untuk Rambut Berwarna

Gunakan produk rambut yang dikhususkan untuk rambut berwarna
Menggunakan Produk Rambut Untuk Rambut Berwarna/ Foto: Freepik.com/author/atlascompany 

Merawat rambut berwarna tidak bisa sembarangan loh, kamu harus menggunakan produk perawatan rambut yang dikhususkan untuk rambut berwarna.

Seperti penggunaan sampo, jangan menggunakan sampo dengan kandungan SLS, alkohol, dan lainnya karena dapat memengaruhi warna rambut. Gunakan sampo dan kondisioner yang mampu menutrisi rambut hingga ke akarnya agar warna rambut dapat bertahan lama.

3. Jangan Mandi dengan Air Hangat

Hindari mencuci rambut dengan air hangat saat karena dapat melunturkan warna rambut
Jangan Mandi Dengan Air Hangat/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Mencuci rambut berwarna sebaiknya tidak menggunakan air panas karena dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami rambut. Agar rambut berwarna tampak berkilau dan tahan lama, disarankan untuk menurunkan suhu air atau menggunakan air dingin ketika mencuci rambut.

4. Menggunakan Masker Rambut

Agar rambut tidak mudah rusak dan tetap sehat sebaiknya rutin menggunakan masker rambut
Menggunakan Masker Rambut/ Foto: Freepik.com/author/prostooleh

Tak heran jika orang yang sering merubah warna rambut memiliki kondisi rambut yang lebih rapuh dan kering. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu membutuhkan perawatan rambut yang mampu memberikan perlindungan agar rambut berwarna tetap sehat dan kuat.

Beauties dapat melakukan perawatan rambut dengan menggunakan masker rambut setidaknya satu kali seminggu. Perawatan rambut bisa dilakukan di salon, atau melakukannya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami.

5. Hindari Penggunaan Penata Rambut Terlalu Panas

Hindari penggunaan hairdryer maupun curling terlalu panas karena dapat merusak rambut
Hindari Penggunaan Penata Rambut Terlalu Panas/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Kekuatan akar rambut akan mulai berkurang setelah seringnya kamu merubah dengan berbagai macam warna rambut. Menghindari rambut berwarna  rusak karena penggunaan penata rambut, sebaiknya gunakan penata rambut dengan suhu sedang saja.

Beauties juga disarankan untuk mengeringkan rambut secara alami tanpa bantuan pengering rambut, karena suhu panas yang dihasilkan mampu membuat rambut kering dan kusam. Selain itu, penggunaan curling juga berdampak pada rambut mudah patah. Jadi, untuk menghindari masalah tersebut, Beauties bisa menggunakan serum rambut yang mampu melindungi akar rambut dari kerusakan akibat penggunaan penata rambut berlebihan.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE