sign up SIGN UP

Sebelum Tergiur, Kenali Beberapa Efek Samping dari Body Bleaching

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Sabtu, 23 Jul 2022 07:30 WIB
Sebelum Tergiur, Kenali Beberapa Efek Samping dari Body Bleaching
caption

Tindakan mencerahkan badan atau dikenal body bleaching tampaknya menjadi bentuk perawatan yang digandrungi. Bagaimana tidak, keluhan kulit gelap serta kusam dapat tergantikan dengan kulit putih bersinar dalam proses yang relatif cepat.

Meski begitu, body bleaching juga menyimpan beberapa efek samping yang rupanya cukup berbahaya mengingat banyaknya zat kimia yang dapat merusak kulit. Terlebih, kalau dilakukan tanpa pengawasan dokter.

Sebelum cepat tergiur, simak dahulu 5 dampak berbahaya dari body bleaching yang telah dirangkum dari laman Healthline. 

Keracunan Merkuri

Kandungan merkuri pada krim body bleaching dapat meresap ke dalam kulit dan membawa banyak gangguan berbahaya berkelanjutan.
Sakit kepala menjadi gejala dari keracunan merkuri/Foto:Freepik.com/Jcomp


Tingkat kecerahan kulit yang didapat secara cepat berpotensi menandakan adanya peran merkuri pada proses body bleaching. Dalam sebuah studi pada tahun 2014, dari 549 krim pencerah hampir 12% mengandung merkuri dengan kadar yang sangat tinggi.

Penggunaan merkuri bisa berbahaya, dan tidak hanya untuk kulit namun juga kesehatan tubuh yang menimbulkan gejala keracunan seperti sakit kepala, mengalami tekanan darah tinggi, mati rasa, sensitif terhadap cahaya, hingga gagal ginjal.

Dermatitis

Kandungan berbahaya pada krim bleaching menyebabkan kulit infeksi.
Infeksi kulit sebagai reaksi dari adanya kontak dengan zat berbahaya/Foto:Freepik.com/Goffkein


Terjadinya kontak antara zat berbahaya dalam krim bleaching berpotensi menimbulkan dermatitis, Beauties. Tandanya seperti rasa gatal, kemerahan, bersisik, hingga sensasi terbakar.

Exogenous ochronosis 

Okronosis menjadi ancaman berbahaya dari tindakan body bleaching.
Timbulnya pigmen biru kehitaman pada kulit/Foto:Freepik.com/Doucefleur


Exogenous ochronosis (EO) adalah kondisi gangguan pada kulit yang menyebabkan munculnya pigmentasi biru-hitam. Biasanya terjadi karena penggunaan jangka panjang krim pemutih yang mengandung hidrokuinon.

Sindrom Nefrotik

Tingginya zat merkuri pada krim bleaching dapat memicu gangguan ginjal.
Zat merkuri dapat merusak ginjal/Foto:Freepik.com/Lifestylememory


Sindrom nefrotik adalah gangguan pada ginjal akibat adanya kerusakan pembuluh darah, gejalanya ketika tubuh mengeluarkan terlalu banyak protein lewat urin, yang diawali dengan kelelahan hingga pembengkakan di bagian-bagian tubuh.

Sifat korosif pada merkuri dalam produk krim pemutih dapat terserap ke dalam aliran darah yang dikaitkan dengan salah satu penyebab dari gangguan pencernaan, sistem saraf serta gagal ginjal.

Jerawat Steroid

Steroid dalam krim bleaching dapat memicu timbulnya jerawat pada bagian-bagian tubuh.
Munculnya jerawat di tangan hingga punggung/Foto:Freepik.com/Natali_ploskaya


Menggunakan krim bleaching ke seluruh bagian tubuh tidak hanya menghasilkan tampilan glowing namun juga efek samping berbahaya secara keseluruhan. Keluhan diawali dengan komedo, benjolan merah hingga jerawat di wajah, punggung hingga bagian lainnya.

Munculnya jerawat seusai bleaching dikenal juga dengan jerawat steroid sebagai akibat dari adanya kandungan kortikosteroid pada banyak krim pemutih yang memberikan efek 'glowing' di awal, namun membuat kulit menipis seiring berjalannya waktu.

Healthline melansir, tindakan body bleaching adalah murni untuk kepentingan kosmetik, bukan kesehatan atau medis, Beauties.

Selain mencerahkan, body bleaching dinilai bisa memiliki efek kosmetik yang diharapkan untuk merawat kondisi kulit tertentu. Seperti mengurangi dark spot dan bekas jerawat. Namun sebaiknya, kamu perlu mengkonsultasikan pada dokter kulit dulu bila tetap tertarik dengan body bleaching ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id