sign up SIGN UP

Cara Dapat Kulit Cantik dan Glowing Tanpa Makeup, Penasaran?

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Kamis, 21 Jul 2022 09:30 WIB
Cara Dapat Kulit Cantik dan Glowing Tanpa Makeup, Penasaran?
caption

Pulasan makeup yang mempesona memang bisa bikin seseorang jadi tampak berbeda, bahkan glowing. Mungkin karena itu, ada orang yang nggak pede kalau belum pakai makeup, sebelum keluar rumah.

Kulit yang cantik dan glowing rupanya bisa saja didapat meski tanpa makeup. Wajah bare-faced pun bisa memancarkan kesan cantik alami dan natural. Penasaran gimana caranya?

Pastikan Wajah Terjaga Kelembapannya

Pelembap itu pentingPastikan wajah terjaga kelembapannya/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Mengutip Prevention, kulit wajah yang lembap adalah tanda kulit yang sehat. Sebaliknya, kalau kulit kamu terasa kering, merah, juga flaky, itu pertanda moisture barrier kamu rusak, Beauties! Bila itu yang terjadi, kamu perlu mengembalikan kelembapan kulitmu.

Caranya, stop sementara dulu penggunaan retinoid dan eksfoliasi sampai kondisi kulit yang kering dan iritasi mereda. Kamu bisa menggunakan pelembap dengan kandungan hyaluronic acid untuk menghidrasi, dan pada malam hari gunakan krim yang mengandung ceramide.

Gunakan Skincare yang Mencerahkan

Yakni serum vitamin C untuk penggunaan sehari-hari. Kandungan ini bersifat antioksidan yang dinilai powerful dalam mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, serta memudarkan bintik hitam.

Beauties bisa mengecek di packaging skincare, yakni ada l-ascorbic acid atau tetrahexyldecyl ascorbate—bentuk vitamin C yang lebih stabil.

Melakukan Skincare Routine

Sunscreen sebagai skincare rutin/Foto: Andrea Piacquadio/pexels.comMelakukan skincare rutin/Foto: Andrea Piacquadio/pexels.com

Melakukan skincare routine pada pagi dan malam hari jangan sampai terlupa ya, Beauties. Menurut Academy of American Dermatology (AAD), skincare-an nggak harus yang kompleks, apalagi mahal.

Kamu tetap bisa mendapat benefit dari simple skincare routine yang terdiri dari: cleansing (membersihkan), moisturizing (melembapkan), sun protection, dan ditambah eksfoliasi.

Makanan yang Bikin Kulit Glowing

Medical News Today melansir menerapkan diet sehat akan memberi kebaikan untuk seluruh tubuhmu, termasuk kulit. Bahkan jika seseorang rajin melakukan skincare routine, tapi itu nggak cukup bila tidak mengkonsumsi makanan bergizi.

Jauhi makanan tinggi gula, mengandung lemak jenuh, serta garam. Daripada itu, konsumsi sayur dan buah-buahan segar, biji-bijian utuh, makanan mengandung lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Tidur yang cukup di usia 40anTidur yang cukup biar kulit glowing/ foto: Freepik.com/ freepik

Seperti hindari merokok, mengelola stres dengan baik, mendapat cukup tidur setiap harinya, membatasi asupan alkohol, dan minum air putih dengan cukup. Kamu juga nggak boleh malas beraktivitas fisik!

Secara garis besar, kulit yang glowing secara natural adalah yang sehat dan terhidrasi. Siapapun bisa mendapatkan kondisi kulit ini, bila konsisten menerapkan rutinitas skincare serta mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id