sign up SIGN UP

Selain Begadang, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Cepat Menua

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Senin, 21 Jun 2021 21:15 WIB
Selain Begadang, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Cepat Menua
caption

Tua itu pasti, karena usia memang nggak bisa kamu lawan, Ladies. Ketika usia semakin bertambah, akan ada perubahan fisik seperti kulit menjadi keriput, tidak elastis, muncul kantong mata, kerutan dan lain-lain.

Kamu pun perlu menjalani gaya hidup sehat agar nantinya tubuh menjadi lebih kuat dan tidak sakit-sakitan saat menua. Sebaliknya, jika tidak mulai mengatur pola hidup enasehat dari sekarang, ada banyak resiko kesehatan di masa tua nanti maupun mengalami penuaan dini.

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang membuat tubuh malah menjadi cepat tua, Ladies. Simak, yuk!

1. Kurang Tidur atau Begadang

menunda penuaan
Kebiasaan yang bikin kamu cepat menua/freepik.com

Tidur dapat memulihkan pikiran dan tubuh dengan membiarkan sel-sel memperbaiki dan meremajakan dengan sendirinya. Tak heran jika banyak krim perawatan wajah yang khusus dioleskan di malam hari, Ladies.

Ketika kamu kekurangan waktu tidur, masalah penuaan akan mudah muncul. Wajah akan mudah terlihat kusam, muncul kantung mata dan kelembaban kulit menjadi berkurang.

Tak hanya berdampak positif untuk kulit lho! Kualitas tidur yang baik juga dapat meningkatkan peluang kesehatan fisik hingga emosional.

2. Meremehkan Perawatan Kulit

menunda penuaan
Kebiasaan yang bikin kamu cepat menua/freepik.com

Kadang aktivitas yang padat membuat kamu melupakan rutinitas merawat kulit. Padahal penting sekali melakukan double cleansing, memakai toner dan pelembap agar kulit menjadi lebih sehat.

Apalagi jika usia kamu sudah menginjak kepala tiga, kamu wajib merawat kulit dengan krim anti aging untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Jangan lupa pakai sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan karena sinar UV menyebabkan banyak masalah kulit seperti flek, kerutan hingga kanker kulit.

3. Sering Telat Makan atau Diet Berlebihan

menunda penuaan
Kebiasaan yang bikin kamu cepat menua/freepik.com

Tidak hanya kondisi obesitas yang memiliki efek negatif pada tubuh, lho! Kondisi tubuh yang terlalu kurus pun ternyata tidak sehat. Hindari diet berlebihan hingga mengakibatkan tubuh terlalu kurus, Ladies.

Ketika kamu terlalu kurus maka banyak area-area tubuh yang ikut mengendur sehingga membuatmu terlihat kurang fresh. Apalagi ketika seseorang kekurangan lemak di area wajah, penampilan akan terlihat lebih tua.

4. Terlalu Sering Minum Teh atau Kopi

menunda penuaan
menunda penuaan/freepik.com

Saat ini banyak sekali kedai atau cafe yang menjual aneka ragam minuman, terutama teh dan kopi. Jika kamu penyuka minuman berkafein ini sebaiknya cobalah menguranginya dari sekarang, Ladies.

Minuman mengandung kafein bersifat diuretik, yang artinya, kopi atau teh dapat mengeluarkan cairan dan kelembapan dari tubuh, termasuk kulit. Lebih baik ganti dengan air putih agar kulit tidak mengalami dehidrasi, tampak kusam dan menua.

5. Kurang Bersosialisasi

menunda penuaan
Kebiasaan yang bikin kamu cepat menua/freepik.com

Kesepian merupakan sebuah keadaan di mana seseorang merasa hampa, sendirian dan tidak diinginkan. Hal tersebut bisa terjadi jika kamu kurang bersosialisasi.

Kesepian bisa berdampak buruk pada kesehatan mental bahkan bisa memperpendek usia. Orang yang sering merasa kesepian, juga mudah stres dan depresi. Tentu saja hal tersebut akan berdampak pada kesehatan kulit.

Jadi cobalah untuk sering-sering bersosialisasi ketika usia kamu sudah mulai bertambah. Kamu bisa mengikuti forum atau grup khusus yang sesuai dengan ketertarikan kamu terhadap suatu hal.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang terkadang tanpa disadari bisa membuatmu cepat menua. Yuk ubah pola hidup menjadi lebih baik dan tertata, Ladies.


Our Sister Site

mommyasia.id