sign up SIGN UP

SKINCARE

Senam Wajah untuk Kecantikan, Apakah Efektif?

Lulu Lukyani | Sabtu, 29 May 2021 19:30 WIB
Senam Wajah untuk Kecantikan, Apakah Efektif?
caption
Jakarta -

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan akan tampak pada wajah. Salah satunya adalah berkurangnya elastisitas kulit sehingga kulit wajah terlihat kendur. Alhasil, berbagai cara pun dilakukan untuk mencegahnya. Mulai dari menggunakan produk-produk anti aging hingga melakukan senam wajah.

Selain mengencangkan kulit, banyak yang percaya bahwa senam wajah yang rutin dilakukan akan membuat pipi lebih tirus. Namun, apakah senam wajah benar-benar memberikan efek positif untuk kulit? Adakah bukti ilmiah yang mendukungnya?

Apakah senam wajah memberikan efek positif?

Ilustrasi senam wajah
Ilustrasi senam wajah/Freepik

Otot-otot di wajah membentuk jaring yang kompleks dan dapat menempel pada tulang dan kulit. Akibatnya, melatih otot wajah membuat kulit meregang, bukan mengencangkannya. “Sebenarnya banyak kerutan di wajah yang berasal dari aktivitas otot yang berlebihan,” ujar Dr. Jeffrey Spiegel, kepala bedah plastik dan rekonstruktif wajah di Fakultas Kedokteran, Universitas Boston.

Garis tawa, kerutan di dahi, kerutan di ujung mata, semuanya berasal dari aktivitas otot wajah. Spiegel pun mengatakan, gagasan bahwa mengencangkan otot wajah dapat mencegah keriput adalah ide yang usang.

Jika tujuannya adalah mencegah keriput dan kulit kendur, langkah-langkah sederhana seperti menggunakan sunscreen, menjaga kulit tetap terhidrasi, dan melembapkan kulit akan sangat bermanfaat. Di samping itu, pola hidup yang sehat pun akan sangat memengaruhi tampilan kulit wajah. Biasakan untuk konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan seimbang, rutin berolahraga, cukup istirahat, serta mengelola stres.

Jika ingin menghilangkan kerutan di wajah, Spiegel menyarankan untuk menemui ahli bedah plastik wajah. “Pergi ke spesialis dan biarkan mereka memberikan tindakan. Cari tahu (metode) apa yang efektif. Tidak ada salahnya untuk konsultasi,” kata Spiegel.

Mengetahui cara apa yang efektif untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dapat membantu mengurangi stres dalam prosesnya. Jika ada satu hal yang pasti, kekhawatiran yang berlebih juga dapat memunculkan keriput dan garis-garis halus, lho.

Di samping itu, perlu disadari betul bahwa menua adalah sesuatu yang normal. Munculnya kerutan, kulit kendur, dan tanda penuaan lainnya pun seharusnya tidak menjadi momok.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id