sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Kebiasaan Buruk Remaja yang Bikin Kulit Gagal Glowing

Ayuliy Lestari | Selasa, 04 May 2021 07:30 WIB
5 Kebiasaan Buruk Remaja yang Bikin Kulit Gagal Glowing
caption

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit wajah sehat, cerah dan glowing? Meskipun masih remaja, kamu juga harus peduli dengan kesehatan kulit, Ladies. Merawatnya mulai dini bisa meminimalisir adanya masalah kulit saat usia mulai menua.

Namun pada beberapa kasus, banyak remaja yang sudah merawat wajah dengan baik menggunakan produk skincare tertentu, akan tetapi, kulit wajah gagal cerah dan glowing. Kira-kira kenapa ya? Simak yuk!

1. Malas Pakai Sunblock atau Tabir Surya

Penyebab gagal glowing
Penyebab gagal glowing/freepik.com

Paparan matahari atau sinar UV bisa menyebabkan hiperpigmentasi dan munculnya flek hitam pada wajah. Hal tersebut juga memicu kulit tampak kusam. Itulah kenapa, kamu disarankan menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF (sun protector factor) minimal 30.

Apalagi kegiatan remaja cenderung sering berada di bawah terik matahari. Jadi jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya setiap 2 jam sekali. Bahkan meskipun sedang di dalam ruangan, kamu juga perlu memakai tabir surya karena sinar UV bisa menembus kaca.

2. Jarang Minum Air Putih

Penyebab gagal glowing
Penyebab gagal glowing/freepik.com

Kamu tentu tahu kalau sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Nah, sebagian besar air tersebut ternyata disimpan di bawah lapisan kulit, Ladies. Tak heran, saat tubuh kekurangan cairan, aliran darah ke kulit akan menurun dan membuat kulit menjadi kering, kasar dan kusam.

Kekurangan cairan di lapisan dermis dan di bawah epidermis juga bisa menyebabkan penipisan ketebalan kulit. Untuk mencegahnya, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari atau disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

3. Pola Makan Tidak Sehat

Penyebab gagal glowing
Penyebab gagal glowing/freepik.com

Masalah kulit akan muncul ketika kamu memiliki pola makan yang tidak sehat. Misalnya hanya mengonsumsi makanan seperti junk food, makanan instan atau goreng-gorengan. Bahkan tidak hanya mengganggu kesehatan kulit saja, jika kamu tidak segera merubah pola makan semacam itu, juga akan berimbas pada kesehatan tubuh.

Apalagi saat ini tren minuman manis seperti bobba atau es kopi sangat digemari padahal kandungan gula yang tinggi di dalamnya bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Sebaiknya mulai konsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah-buah yang kaya akan manfaat untuk kulit.

4. Malas Membersihkan Wajah

Penyebab gagal glowing
Penyebab gagal glowing/freepik.com

Membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel seusai beraktivitas sangat penting, Ladies. Ketika kamu membiarkan debu dan kotoran menempel terlalu lama pada wajah maka wajah pun menjadi kusam bahkan mudah muncul komedo dan jerawat.

Apalagi jika kamu membiarkan debu dan kotoran serta sisa-sisa makeup tidak dibersihkan sebelum tidur. Meskipun kamu hanya memakai tabir surya atau sebatas bedak tabur, namun sebelum tidur harus dibersihkan secara tuntas bahkan disarankan menggunakan double cleansing.

5. Sembarangan Memilih Skincare

Penyebab gagal glowing
Penyebab gagal glowing/freepik.com

Ketika kamu mulai merawat diri dengan skincare, sebenarnya hal tersebut adalah sesuatu yang baik dimana kamu mulai peduli pada kulit. Namun bukan berarti kamu tidak perlu mengetahui kandungan di dalam skincare dan tiba-tiba membelinya saja atau sekedar ikut-ikutan.

Sebagai remaja, sebaiknya kamu memilih skincare yang kandungannya memang cocok untuk kulit remaja. Jangan mudah mengikuti tren atau malah membeli skincare dengan packaging yang terlihat cantik, Ladies. Kamu perlu mempertimbangkan kebutuhan kulit karena setiap orang memiliki kebutuhan berbeda.

Kamu juga perlu mengetahui tipe atau jenis kulit kamu, apakah kering, berminyak atau kombinasi. Lalu apakah ada masalah kulit seperti komedo, bruntusan atau jerawat, karena kamu perlu fokus pada masalah tersebut.

Nah, itulah beberapa hal yang menyebabkan kulit gagal glowing padahal kamu sudah berusaha menggunakan skincare. Yuk diperbaiki lagi!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id