sign up SIGN UP

Sempat Hype, Ini Daftar Bahaya Gunakan Masker Putih Telur untuk Wajah! Kamu Pernah Cobain?

Natasha Riyandani | Beautynesia
Senin, 23 May 2022 10:00 WIB
Sempat Hype, Ini Daftar Bahaya Gunakan Masker Putih Telur untuk Wajah! Kamu Pernah Cobain?
caption

Tampil cantik dengan kulit glowing menjadi impian setiap perempuan. Saat ini banyak orang-orang di media sosial yang memberikan tips kecantikan untuk membuat masker dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan harga terjangkau.

Hal praktis dan mudah dibuat membuat sebagian orang tertarik untuk mencoba. Termasuk menggunakan putih telur sebagai masker wajah.

Masker putih telur kerap digunakan untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit secara alami. Tetapi, penggunaan masker putih telur yang dibuat sendiri memiliki berbagai dampak negatif yang terjadi pada wajah akibat masker putih telur tersebut.

Efek Penggunaan Masker Putih Telur

Putih telur memiliki dampak negatif untuk masker wajah
Efek Penggunaan Masker Putih Telur Pada Wajah/ Foto: Freepik.com/balashmirzabey

Melansir dari Healthline, ini dia berbagai dampak negatif dan risiko dari masker putih telur untuk wajah. Simak yuk!

1. Reaksi Alergi

Apabila memiliki alergi pada telur, tentunya mengoleskan putih telur pada kulit wajah sangat tidak disarankan. Hal tersebut tentunya tergantung pada tingkat alergi yang dimiliki.

Gejala alergi yang akan timbul karena masker putih telur ini seperti gatal parah, timbul ruam, biduran, atau kesulitan bernapas akibat mengoleskan putih telur pada wajah.  

2. Gejala Intoleransi Telur

Berbeda dengan alergi, intoleransi telur mengakibatkan peradangan dan ketidaknyamanan pencernaan saat memakannya. Karena mengoleskan putih telur di wajah masih memungkinkan sedikit telur untuk tertelan atau masuk lewat mulut.

3. Infeksi Salmonella

Asian woman has diarrhea, She carried toilet paper and touched her stomach. With isolated white background.Diare/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Phira Phonruewiangphing

Meskipun jarang terjadi, risiko adanya infeksi yang disebabkan bakteri salmonellosis yang ada pada telur, daging mentah dan tak jarang ada pada air yang terkontaminasi. Akibat ini, gejala yang akan dialami berupa ketidaknyamanan gastrointestinal yang parah selama kurang lebih 10 hari, termasuk diare, mual, dan kram.

4. Iritasi Kulit

Pada dasarnya setiap zat menyebabkan iritasi kulit meskipun tidak memiliki alergi atau intoleransi. Namun, apabila setelah menggunakan masker putih telur ke wajah dan Beauties mengalami gatal-gatal, kemerahan, dan benjolan segeralah berhenti untuk menggunakan masker tersebut.

5. Infeksi Lainnya

Tanda eksfoliasi berlebihan yakni kemerahan dan iritasiInfeksi Kulit Foto: Pexels.com/ Jenna Hamra

Mengaplikasikan makanan mentah ke kulit wajah bukan ide yang baik. Beauties dapat mengalami berbagai risiko, terlebih pada orang yang memiliki luka, goresan, atau luka baru. Putih telur mentah yang dijadikan masker dapat menyebabkan infeksi sekunder pada kulit.

6. Kontaminasi Permukaan

Penggunaan masker putih telur yang dibuat sendiri dapat mengontaminasi wastafel atau meja dapur. Tak hanya itu, masker putih telur yang dioleskan pada wajah dapat mengotori dan menetes ke berbagai tempat di sekitar rumah.

7. Membahayakan Orang Lain

Apabila tetap ingin menggunakan putih telur sebagai masker, disarankan untuk membuatnya dengan sarung tangan dan hanya di satu tempat. Hal tersebut untuk menghindari penyebaran protein di sekitar rumah dan membahayakan orang lain.

Nah, itu dia Beauties risiko yang bakal dialami oleh penggunaan putih telur sebagai masker wajah. Selain memiliki banyak risiko, mengoleskan putih telur ke wajah tidaklah efektif.

Mungkin kulit akan terasa lembut pada awalnya, tetapi setelah mencuci muka efek tersebut akan cepat hilang. Maka dari itu, untuk mendapatkan perawatan wajah yang benar lebih disarankan menggunakan produk-produk yang telah teruji secara klinis dan terbukti bekerja.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id