sign up SIGN UP

Sering Muncul Kemerahan di Area Hidung? Atasi dengan 5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan di Rumah Ini, yuk!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Rabu, 20 Jul 2022 19:00 WIB
Sering Muncul Kemerahan di Area Hidung? Atasi dengan 5 Cara Mudah yang Bisa Dilakukan di Rumah Ini, yuk!
caption

Beauties, pernahkah di area hidungmu muncul kemerahan? Jika pernah, bagaimana kamu mengatasinya? Apakah kamu mengatasinya dengan cara menutupi area kemerahan tersebut dengan concealer atau bedak? Jika iya, sebaiknya dihindari ya karena solusi tersebut hanya akan memperburuk kemerahan yang ada.

Pada dasarnya, penyebab paling umum munculnya kemerahan di area hidung adalah karena rosacea, dermatitis perioral, dan alergi. Ava Shamban, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dan pendiri Skin Five, mengatakan, "Baik dermatitis perioral dan rosacea dapat memiliki pustula (benjolan kecil berisi nanah). Rosacea mungkin juga memiliki kista dan telangiectasia. Dermatitis (peradangan pada kulit) mungkin memiliki sejumlah kecil sisik putih," jelasnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kemerahan di area hidung agar bisa hilang? Melansir dari Byrdie, berikut 5 cara mengatasi kemerahan pada area hidung. Yuk, simak!

Gunakan Pelembab

Ilustrasi pelembab wajah untuk mencegah penuaan.Ilustrasi pelembab/Foto: Pexels.com/ shvets production

Kát Rudu, seorang ahli kecantikan selebriti, menyarankan untuk menggunakan pelembab untuk mengatasi kemerahan di area hidung.

"Gunakan pelembab di malam hari saat tidur untuk memastikan kulit tidak kering," katanya. Untuk tambahan, ia menyarankan agar menambahkan minyak esensial atau bahan yang dapat menenangkan kulit seperti lavender, chamomile, atau mentimun. Tujuannya untuk memberikan hidrasi ekstra dan efek menenangkan.

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Ilustrasi makanan pedas
Ilustrasi makanan pedas/Foto: Freepik/Jcomp

Shamban menjelaskan bahwa jika penyebab kemerahan pada area hidung adalah rosacea maka sebaiknya kamu menghindari makanan dan minuman tertentu seperti makanan pedas, alkohol, dan kafein, yang dapat memperparah dan membuat kemerahan lebih menonjol.

Konsumsi Suplemen Probiotik

Rudu menjelaskan bahwa probiotik yang dicerna dan dioleskan dapat membantu mengatasi kemerahan. Probiotik memiliki sifat anti-bakteri dan anti-mikroba yang hebat sehingga dapat mencegah pemicu peradangan karena sifatnya sebagai penenang.

"Secara topikal, probiotik yang menyentuh di permukaan kulit dapat mencegah sel-sel kulit yang terkena bakteri, yang dapat menyebabkan respons sistem kekebalan terhadap peradangan, kemerahan, dan efek pembilasan," jelas Rudu.

Gunakan Tisu Pelembab

Reaksi tubuh terhadap alergen bermacam-macam bergantung pada diri manusia itu sendiri.Ilustrasi flu/Foto: Freepik

Kemerahan di area hidung juga dapat disebabkan oleh kulit kering, alergi, atau flu yang membuatmu terus-menerus menyeka area hidung sehingga tanpa disadari kamu telah mengiritasinya. Untuk solusinya, kamu bisa menggunakan tisu dengan pelembab bawaan, seperti lidah buaya dan/atau vitamin E, yang dapat menenangkan dan membantu menghilangkan kemerahan.

Kompres Air Dingin

Rudu dan Shamban sama-sama setuju kompres air dingin menjadi salah satu cara yang baik untuk mencegah kemerahan dan peradangan di area hidung.

"Hindari menggunakan air panas saat mencuci muka atau mandi. Gunakan air hangat untuk membilas wajah. Dan akan lebih baik lagi untuk menambahkan kompres air dingin ke rutinitas perawatan wajahmu," ucap Shamban.

Nah, Beauties itulah tadi 5 cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi kemerahan yang ada di area hidung. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id