sign up SIGN UP

Sharing Isn't Always Caring, Ini 3 Jenis Makeup yang Nggak Boleh Dipakai Gantian

Diyah Ma'rifathul Wulandinii | Beautynesia
Minggu, 24 Apr 2022 12:30 WIB
Sharing Isn't Always Caring, Ini 3 Jenis Makeup yang Nggak Boleh Dipakai Gantian
caption
Jakarta -

COVID-19 memang tidak bisa dilihat langsung oleh mata, karena itu diperlukan waspada tinggi. Selain memastikan menjaga kestabilan imun, patuhi protokol kesehatan dengan cukup menggunakan barang pribadi.

Mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker harus diikuti dengan kesadaran menjaga diri juga orang lain dari risiko tertular. Kamu bisa meminimalkan melalui penggunaan barang pribadi di mana saja.

Pakai makeup bersama sangat disarankan untuk tidak dilakukan. Hal ini sama halnya dengan bertukar barang pribadi yang bisa membawa kerugian untuk pemakainya. Yuk, sayangi dirimu dan orang lain dari risiko menularkan virus dengan menghindari berbagi makeup berikut ini!

Lipstik

Risiko tinggi penularan Covid-19 bisa terjadi akibat kontak melalui benda yang dipakai bersama, terutama perona bibir.
Berbagi makeup perona bibir memiliki risiko tinggi/foto: freepik.com/freepik

Baik itu lipstick, lipcream, atau liptint sekalipun tidak ada alasan yang menghalalkan kamu untuk berbagi makeup. Selain rentan dihinggapi bakteri tidak terlihat, kamu juga belum tentu mampu memastikan apakah virus ikut menempel pada makeup.

Mulut merupakan bagian paling rawan dari keganasan virus, karena itu hindari berbagi makeup dengan orang lain. Ini sebabnya kamu harus selalu menggunakan masker untuk memastikan keamanan.

Dikutip dari detikHealth, menurut dr. Erni J Nelwan, SpPD-KPTI apabila mulut menjadi jalur utama terdampaknya risiko penyakit. Pasalnya, setiap kuman dan virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut.

Kuas Makeup

Penyebaran virus covid-19 yang tidak terlihat dapat melalui brush makeup ketika dipakai secara bersama dengan orang lain.Kuas. (foto: freepik.com/freepik)

Kuas yang jumlahnya bukan cuma satu ini memang lebih rentan untuk dipakai bersama. Makeup tools yang beragam kegunaannya ini bisa jadi sarana penyebar virus selanjutnya apabila kamu masih abai, Beauties.

Kebiasaan untuk selalu mencuci tangan dan tidak memegang area muka demi memutus penyebaran Covid-19 perlu kamu terapkan melalui makeup tools ini. Pastikan selalu mencuci sampai bersih selepas digunakan dan simpan untuk dirimu sendiri.

Spons Makeup

Berbagi makeup menggunakan aplikator memiliki risiko penyebaran virus Covid-19 yang tidak terlihat.
Spons makeup tidak disarankan dipakai bersama/foto: freepik.com/freepik

Spons yang berperan sebagai aplikator produk makeup tidak jarang menjebak berbagai macam kotoran, bisa saja virus ikut serta di dalamnya. Karena ini, kamu harus waspada dan pahami risikonya, Beauties.

Putus rantai penyebaran Covid-19 dengan melindungi diri sendiri dan orang lain melalui pemakaian barang pribadi. Hindari menggunakan spons makeup untuk memoles wajah yang tidak bisa sembarangan disentuh.

Benda memiliki risiko tinggi menjadi tempat bersarangnya virus. Jadi, jangan pernah lupakan cuci tangan, ya. Dikutip dari detikHealth, menurut dr. Dewiyana mencuci tangan menggunakan sabun sampai ke sela jari dapat menghilangkan risiko penularan Covid-19.

Meski tidak terlihat, COVID-19 dapat disebarkan apabila budaya pakai makeup bersama masih dilakukan. Pastikan pemakaian barang pribadi menjadi pertimbangan penuh dalam menjaga kesehatan sekaligus keamananmu, juga orang lain.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id