STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Usai Kontak dengan Orang yang Positif Covid-19, Berapa Lama Perkiraan Seseorang Dapat Tertular? Ini Perkiraannya

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 28 Feb 2022 14:30 WIB
Usai Kontak dengan Orang yang Positif Covid-19, Berapa Lama Perkiraan Seseorang Dapat Tertular? Ini Perkiraannya

Penularan virus Corona semakin meluas dan cepat, sehingga semakin sulit untuk dihindari. Terlebih bila kita tergolong orang-orang yang harus bekerja dan beraktivitas di luar, dan bertemu orang lain, daripada bekerja dari rumah (WFH).

Lantas, kira-kira berapa lama ya perkiraan seseorang dapat tertular Covid-19 usai berkontak langsung dengan orang lain yang telah dikonfirmasi positif?

Mengutip dari laman Express, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap gejala Omicron bisa terlihat 5 sampai 14 hari setelah kontak erat dengan pasien Covid-19, Beauties.

Bila terinfeksi Covid-19 varian Omicron ini, ia akan menunjukkan gejala dalam waktu 5-6 hari. Namun pada beberapa kasus, membutuhkan waktu lebih panjang, yakni gejala muncul lebih lama yaitu 14 hari.

Meski gejala baru terlihat usai beberapa hari tersebut, perlu diketahui bahwa orang yang sudah terinfeksi bisa menularkan virus hanya dalam waktu dua hari dan sebelum munculnya gejala, maupun bisa 10 hari setelahnya.

Kontak erat pasien omicron tidak melakukan tes covidIlustrasi pasien Covid-19. /Freepik/devmaryna

Karenanya, bisa saja seseorang sebenarnya telah terinfeksi, tapi dirinya tidak sadar kalau tengah sakit. Ini karena patogen membutuhkan waktu untuk menginfeksi sel dalam tubuh serta membuat seseorang mulai mengeluhkan gejalanya.

"Jadi meskipun seseorang sudah terinfeksi virus, mungkin saja tidak tahu atau tidak merasakannya bahwa sedang sakit pada masa inkubasi tersebut," ujar Ahli Epidemiologi Melissa Hawkis.

Menurut sudi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) yang menganalisis enam orang pasien Covid-19 dengan varian Omicron, masa inkubasinya yakni dalam waktu 73 jam atau tiga hari, Beauties.

Adapun pada masa tersebut, pasien menampakkan gejala pertama pada 33 jam setelah terinfeksi Omicron dan yang lain setelah 75 jam.

Kriteria Kontak Erat

5 Minuman yang Dipercaya Redakan Sakit Tenggorokan/Freepik.com/jcompSakit tenggorokan termasuk salah satu gejala Omicron. /Freepik.com/jcomp/

Dalam pedoman Kemenkes RI, ada beberapa kriteria kontak erat dengan positif Corona, di antaranya:

- Kontak tatap muka/berdekatan dengan kasus probable atau kasus konfirmasi dalam radius 1 meter dan dalam jangka waktu 15 menit atau lebih.

- Sentuhan fisik langsung dengan kasus probable atau konfirmasi (seperti bersalaman, berpegangan tangan, dan lain-lain).

- Orang yang memberikan perawatan langsung terhadap kasus probable atau konfirmasi tanpa menggunakan APD yang sesuai standar.

- Situasi lainnya yang mengindikasikan adanya kontak berdasarkan penilaian risiko lokal yang ditetapkan oleh tim penyelidikan epidemiologi setempat.

Menurut dr Nadia Tarmizi pada konferensi pers virtual terkait Update Perkembangan Covid-19, bila kita termasuk kontak erat, segera lakukan tes untuk mengetahui apakah kita positif atau tidak.

Bila hasilnya negatif, tetap perlu karantina karena ada masa inkubasi virus, sehingga ada kemungkinan belum positif saat tes. Karenanya perlu karantina lima hari. Di hari kelima, tes kembali.

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE