STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

'Sunscreen Pilling' Bikin Makeup Kurang Maksimal, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Kamis, 05 Jan 2023 04:30 WIB
'Sunscreen Pilling' Bikin Makeup Kurang Maksimal, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas merupakan tahapan skincare routine yang tak boleh terlewat. Selain dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, memakai sunscreen juga menjadi salah satu kunci agar wajah terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Namun, pernahkah kamu merasa terganggu karena sunscreen yang digunakan mengalami pillingBeauties? Kondisi 'sunscreen pilling' ini terjadi saat produk yang kamu gunakan tidak terserap dengan baik ke dalam kulit sehingga menjadi butiran-butiran kecil yang menggumpal seperti daki dan membuat kulit tampak flaky serta kasar.

Mengutip dari Byrdie, penyebab utama kondisi ini adalah produk yang digunakan dan cara pengaplikasian yang kurang tepat. Selain itu, terdapat pula beberapa faktor lain yang  bisa menjadi penyebab terjadinya sunscreen pilling.

Apa saja penyebabnya? Simak daftarnya di sini, plus kiat -kiat untuk mengatasinya!

1. Tidak Rutin Mengeksfoliasi Kulit

mengeksfoliasi kulit
Kurang eksfoliasi bisa menyebabkan sunscreen pilling/Foto: Freepik/Ashamonina

Jarang melakukan eksfoliasi kulit bisa menyebabkan sel-sel kulit mati dan kotoran di wajah menumpuk, sehingga penyerapan produk skincare ke dalam kulit jadi terhambat. Hal inilah yang dapat menjadi salah satu penyebab sunscreen yang digunakan mengalami pilling.

Meski begitu, kamu juga sebaiknya tidak melakukan eksfoliasi terlalu sering karena hal ini juga bisa karena membuat kulit terlalu kering atau terlalu berminyak, yang akhirnya berkontribusi pada pilling. 

Idealnya, lakukan eksfoliasi 1 - 2 kali seminggu secara rutin untuk menjaga kulit tetap bersih sehingga produk skincare pun bisa meresap dengan baik.

2. Terlalu Banyak Layering Skincare

skincare
Terlalu banyak layering skincare bisa menyebabkan sunscreen pilling/Foto: Freepik/Artursafronovvvv

Faktor lain yang bisa menyebabkan sunscreen pilling adalah karena terlalu banyak melakukan step dalam skincare routinePasalnya, terlalu banyak layering produk dalam satu waktu, terutama produk-produk yang bertekstur thick atau berbahan dasar oil bisa menghalangi penyerapan produk sehingga menyebabkan pilling.

Jika kamu sering mengalami sunscreen pilling, coba sederhanakan langkah-langkah skincare routine-mu menjadi lebih basic dan tanpa melibatkan banyak produk. 

3. Menggunakan Produk dengan Urutan yang Salah

Urutan skincare yang salah bisa menyebabkan sunscreen pilling
Urutan skincare yang salah bisa menyebabkan sunscreen pilling/Foto: Freepik/Freepik

Kesalahan dalam urutan penggunaan produk skincare ternyata berpengaruh besar terhadap reaksi antar produk satu sama lain. Produk skincare dengan tekstur lebih ringan seperti serum memiliki molekul lebih kecil, sementara produk yang bertekstur tebal seperti moisturizer cream memiliki molekul lebih besar. 

Urutan penggunaan produk yang benar adalah dengan mengaplikasikan produk yang bertekstur paling ringan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan produk-produk yang bertekstur lebih thick. Jika dilakukan dengan urutan yang salah, produk yang memiliki molekul lebih besar bisa menghalangi penyerapan produk dengan molekul yang lebih kecil sehingga menyebabkan pilling.

Dalam urutan skincare routine basic, kamu bisa mulai dengan menggunakan toner, serum, moisturizer, kemudian dilanjutkan dengan sunscreen sebagai tahap akhir sebelum memakai makeup.

4. Terburu-buru dalam Mengaplikasikan Skincare

Terburu-buru memakai skincare bisa menyebabkan sunscreen pilling
Terburu-buru memakai skincare bisa menyebabkan sunscreen pilling/Foto: Freepik/Freepik

Suatu produk skincare umumnya membutuhkan waktu sekitar 30 - 60 detik untuk benar-benar meresap, tergantung pada konsistensi produk dan jenis kulit. Jika kamu sering buru-buru saat melakukan skincare routine, mungkin itulah yang selama ini menjadi penyebab sunscreen-mu mengalami pilling, Beauties.

Selain menghitung waktunya, salah satu tanda produk telah meresap ke dalam kulit bisa dilihat dari kondisi kulit yang tidak lagi terasa basah saat disentuh jari, melainkan lebih terasa supple.

5. Kandungan Sunscreen yang Tidak Cocok

sunscreen pilling
Kandungan sunscreen yang tidak cocok bisa menyebabkan sunscreen pilling/Foto: Freepik/Cookie-studio

Jika kamu telah rutin mengeksfoliasi kulit dan melakukan tahapan skincare routine dengan benar namun masih sering mengalami sunscreen pilling, berarti masalahnya mungkin ada pada produk sunscreen yang kamu gunakan. 

Beberapa sunscreen memiliki bahan-bahan seperti silicon, xanthan gum  dan mineral blocker yang perlu kamu perhatikan. Pasalnya, ketiga bahan tersebut termasuk bahan gelling agent yang mudah mengelupas atau menggumpal. Agar tidak pilling, kamu bisa mengganti produk sunscreen yang digunakan atau tetap menggunakan produk yang sama namun diaplikasikan dengan cara menepuk-nepuknya ke wajah alih-alih mengusapkannya. 

Well, itu dia daftar penyebab-penyebab sunscreen pilling dan kiat-kiat untuk mengatasinya. Semoga membantu, Beauties!

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE