sign up SIGN UP

Supaya Nggak Dempul, 5 Cara Makeup Ini Perlu Kamu Perhatikan Sejak Awal Lho!

Lynisa Hidayah | Beautynesia
Sabtu, 16 Jul 2022 17:30 WIB
Supaya Nggak Dempul, 5 Cara Makeup Ini Perlu Kamu Perhatikan Sejak Awal Lho!
Cara Makeup Ini Perlu Kamu Perhatikan Biar Hasilnya Nggak Dempul/Foto: Getty Images/skynesher

Makeup memiliki beragam look yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Mulai dari makeup bold, make up no makeup, hingga sekarang ada yang namanya clean makeup. Terlepas dari beragamnya look yang beredar, semua akan terlihat cantik kalau digunakan sesuai dengan tempatnya.

Ragam makeup look ini juga akan harus diaplikasikan dengan cara yang benar agar hasilnya tidak dempul. Seperti yang dihimpun dari Byrdie, cara makeup berikut ini bisa kamu aplikasikan untuk memberi hasil makeup yang anti dempul. Yuk, simak artikelnya di bawah ini!

1. Skin Preparation

Skin Preparation
Skin Preparation/Foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Skin preparation adalah langkah pertama untuk mempersiapkan kulit sebelum menggunakan makeup. Dengan mengaplikasikan skincare wajah yang biasanya kamu gunakan, ialah pelembap dan sunscreen. Skincare akan membuat kulit jadi lembap, sehingga memudahkan kamu mengaplikasikan makeup. 

Untuk menghindari makeup dempul, skincare juga bermanfaat untuk mengunci makeup agar tahan lama sehingga kamu tidak perlu mengaplikasikan produk berlayer-layer. Lebih hemat dan pastinya nyaman seharian.

2. Stop Pakai Foundation Tebal

Stop Pakai Foundation Tebal
Stop Pakai Foundation Tebal/Foto: pexels.com/George Milton

Di pasaran banyak yang menjual foundation full coverage dengan tekstur padat yang buat kulit tidak nyaman saat digunakan. Padahal, foundation yang bagus adalah foundation yang memiliki tekstur ringan namun bisa mengcoverage kulit dengan baik.

Foundation pun membantu kamu dalam meratakan warna kulit dengan catatan tepat dalam menggunakannya. Kalau kamu memang butuh mengaplikasikan foundation, aplikasikannya tipis-tipis saja dengan bantuan brush atau beauty blender.

3. Pakai Eyeshadow Cream

Eyeshadow
Eyeshadow/Foto: pexels.com/George Milton

Eyeshadow memiliki banyak warna, sehingga tak sedikit yang beranggapan bahwa menggunakan eyeshadow berwarna warni bisa membuat makeup terlihat dempul. Padahal, kalau digunakan dengan tepat akan membuat tampilan kamu terlihat beda, tapi tidak berlebihan.

Eyeshadow bisa memberi dimensi pada mata kamu dengan menggunakan warna natural, seperti nude, coklat muda, dan soft pink yang diberi sedikit sentuhan shimmer. Supaya hasilnya semakin natural, kamu pakai sedikit saja dan ratakan dengan jari.

4. Blush On Cream

Blush On Cream
Blush On Cream/Foto: freepik.com/tonodiaz

Blush on bisa memberi efek wajah terlihat segar seketika. Tampilan makeup kamu pun jauh lebih hidup tanpa membuat makeup terlihat dempul. Beragam warna blush on natural dipasaran yang bisa kamu cobain. Ada warna corral, mauve, hingga brown.

Gunakan blush on cream agar warnanya lebih tahan lama di wajah kamu. Aplikasikan dengan tangan atau brush dengan mengikuti bentuk tulang pipi kamu. Hasilnya wajah kamu akan terlihat lebih manis dan cantik.

5. Ganti Lip Matte dengan Lip Tint

Liptint
LIptint/Foto: freepik.com/freepik

Selain alis, kalau makeup tidak menggunakan lipstick rasanya kayak ada yang kurang. Ini juga didukung dengan mengaplikasikan lipstick agar bibir terlihat pink natural. Kalau biasanya kamu menggunakan lipt matte untuk bibir, cobalah sesekali ganti dengan lipt tint. 

Kamu bisa memilih lip dengan ekstra moisturizer untuk mempertahankan kelembapan bibir. Lip tint akan membantu tampilan makeup natural anti dempul dan terkesan lebih sehat. Pilih lip tint dengan warna natural seperti coral dan peach.

***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id