sign up SIGN UP

Air Dingin Lebih Baik untuk Wajah, Begini Cara Pakainya Supaya Optimal

Gabriella Gebby | Beautynesia
Jumat, 15 Jul 2022 13:45 WIB
Air Dingin Lebih Baik untuk Wajah, Begini Cara Pakainya Supaya Optimal
caption
Jakarta -

Cukup banyak perdebatan mengenai suhu air yang lebih tepat digunakan untuk membersihkan wajah. Beberapa orang menyukai air yang hangat, sedangkan cukup banyak pula yang lebih memilih air dingin. Ternyata air dingin memiliki banyak manfaat baik bagi kulit, lho.

Dilansir dari laman Stylecraze, setiap jenis kulit akan bereaksi berbeda terhadap suhu air. Ketika kulit memiliki kecocokan dengan air dingin, maka cukup banyak manfaat yang bisa dirasakan.

Air dingin dapat membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi wajah bengkak, hingga menambahkan hidrasi. Berikut cara-cara menggunakan air dingin supaya pemakaiannya lebih optimal. Yuk simak!

1. Tahap Terakhir Saat Membilas Wajah

Tahap Terakhir Saat Membilas Wajah
Tahap Terakhir Saat Membilas Wajah/Foto: pexels.com/Miriam Alonso

Ada tipe orang yang menggunakan air hangat pada tahap pertama membilas wajah sebelum menggunakan face wash. Kebiasaan ini juga biasa dilakukan untuk membersihkan wajah dari sisa clay mask. Untuk hasil yang lebih maksimal, air dingin dapat dilakukan pada tahapan terakhir untuk membilas wajah. Hasilnya wajah terasa lebih segar dan bersih.

2. Rendam Wajah

Rendam Wajah
Rendam Wajah/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Ketika wajah terasa lelah setelah seharian beraktivitas dan menggunakan makeup, merendam wajah dengan air dingin dapat menjadi salah satu solusi agar wajah kembali rileks.

Kebiasaan ini apabila dilakukan secara rutin dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti mengontrol minyak berlebih dan menenangkan jerawat. Selain itu, kulit akan terasa lebih bersih tanpa meninggalkan rasa kering.

3. Kompres dengan Kain

Kompres dengan Kain
Kompres dengan Kain/Foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Biasanya saat bangun tidur di pagi hari, wajah akan terlihat lebih bengkak. Penyebabnya cukup banyak bisa jadi dari posisi tidur, konsumsi garam berlebihan, atau sel-sel yang beregenerasi ketika tidur hingga pori-pori membesar. Untuk mengatasi hal ini caranya cukup mudah. Siapkan air, masukkan beberapa buah es batu dalam air, dan kompres wajah dengan kain menggunakan air dingin.

Rutin mengompres wajah dengan air dingin dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Es batu yang digunakan tidak perlu terlalu banyak, ya! Sebaiknya kebiasaan ini dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id