sign up SIGN UP

Tampil Cantik Tanpa Makeup, Ini 5 Manfaat Tidur Cukup dan Berkualitas untuk Kesehatan Kulit!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Sabtu, 02 Jul 2022 23:00 WIB
Tampil Cantik Tanpa Makeup, Ini 5 Manfaat Tidur Cukup dan Berkualitas untuk Kesehatan Kulit!
caption

Tidur menjadi salah satu aktivitas yang dibutuhkan oleh semua manusia. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, waktu tidur yang baik untuk anak-anak yang berusia 6-12 tahun adalah 10 jam. Sedangkan, untuk remaja usia 12-18 tahun diperlukan waktu 8-9 jam.  Adapun untuk orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap harinya.

Mengingat pentingnya tidur sebagai kebutuhan manusia, maka para dokter menyarankan agar memiliki waktu tidur yang tercukupi. Tidur yang tercukupi akan memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh dan pikiran, hingga kesehatan kulit.

 Merangkum dari Glamour, berikut 5 manfaat tidur yang tercukupi untuk kesehatan kulit. Yuk, simak!

Mengatasi Stres

Ilustrasi perempuan yang stres
Ilustrasi perempuan yang stres/Foto: Freepik/Rawpixel.com

Menurut Dokter Sam Khani dari London Premier Laser Clinics, menjelaskan bahwa tidur yang tercukupi dapat membantumu dalam mengatasi stres. Bahkan bukan hanya sebagai pereda stres yang baik untuk pikiran dan tubuh, tetapi juga sebagai pereda stres untuk kulit.

“Kurang tidur meningkatkan kadar kortisol (hormon stres), menempatkan kulitmu dalam keadaan pro-inflamasi. Ini bisa berarti kulit tampak cemberut dan bengkak di sekitar mata,” jelas Sam.

"Dengan memastikan tidur delapan jam per malam, kamu akan membatasi kadar kortisol dan mencegah gejala ini muncul," lanjutnya.

Memudahkan Kulit dalam Memproses Produk Anti-Aging

Ilustrasi perempuan yang sedang menggunakan produk anti-aging
Ilustrasi perempuan yang sedang menggunakan produk anti-aging/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Beauties, tahukah kamu mengapa kebanyakan produk anti-aging direkomendasikan untuk digunakan pada malam hari? Jawabannya adalah karena selain menghindari paparan dari sinar matahari, juga untuk memaksimalkan manfaat dari bahan yang ada pada produk tersebut.

“Proses pembaruan kulit pada malam hari adalah saat kamu akan mendapatkan manfaat maksimal dari produk anti-aging dan menggunakan produk yang tepat sangat penting untuk memastikan proses pembaruan kulitmu," ujar Sam.

"Bahan-bahan khusus seperti retinol dan asam glikolat adalah bahan yang dapat menyerap ke dalam kulit yang bekerja pada malam hari," tambahnya.

Menghasilkan Lebih Banyak Kolagen

Ilustrasi perempuan yang sedang tidur
Ilustrasi perempuan yang sedang tidur/Foto: Freepik/Senivpetro

Kolagen adalah kunci untuk menjaga kulit tetap kenyal dan halus. “Begitu kamu tertidur, tubuh akan mulai memproduksi hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini memastikan bahwa kulitmu memproduksi cukup kolagen yang membantu kulit tetap kencang dan kenyal. Selain itu, juga dapat memperbaiki jerawat dan jaringan parut di seluruh tubuh hingga memperbaiki dan memperkuat rambut dan kuku," jelas Sam.

Mengistirahatkan Kulit

Paparan sinar matahari, polusi, dan cahaya biru dari layar gadget adalah beberapa elemen sehari-hari yang terpapar pada kulitmu di siang hari. Namun, kamu tidak perlu khawatir, Beauties.

Kamu dapat mengistirahatkan kulit untuk menghilangkan elemen itu semua dengan mengatur waktu tidurmu menjadi lebih tercukupi. Selain itu, pengaturan kamar juga menjadi hal penting dalam mengistirahatkan kulit.

Meregenerasikan Sel Kulit

Setelah seharian berjuang melawan sinar UV, polusi, keringat, dan kotoran, kulitmu akan sangat membutuhkan waktu istirahat. "Saat kamu tertidur, kulit akan beralih ke mode pemulihan dan ini adalah waktu yang penting untuk perbaikan dan regenerasi," kata Sam. Bahkan, proses regenerasi di malam hari bisa sampai tiga kali lebih cepat dibanding siang hari.

Nah, Beauties itulah tadi 5 manfaat dari tidur yang tercukupi untuk kesehatan kulit. Gimana? Tertarik untuk menjaga kulitmu tetap sehat? Jika iya maka ini waktunya kamu untuk mencukupi kebutuhan tidurmu, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id