sign up SIGN UP

Tanda-tanda Serum Vitamin C Telah Teroksidasi, Masih Aman Digunakan Nggak Sih?

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Rabu, 25 May 2022 14:30 WIB
Tanda-tanda Serum Vitamin C Telah Teroksidasi, Masih Aman Digunakan Nggak Sih?
caption

Serum vitamin C menjadi salah satu jenis skincare yang banyak digemari. Tidak hanya efektif untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan hiperpigmentasi, produk ini juga berperan untuk melindungi kulit dari radikal bebas dengan kandungan antioksidannya yang tinggi.

Namun seperti yang dikutip dari Skincare.com, vitamin C memiliki sifat yang cenderung tidak stabil sehingga dapat teroksidasi dari waktu ke waktu. Nah, apa saja tanda-tandanya dan apakah produk tersebut masih tetap aman digunakan? Simak penjelasannya di sini ya!

Tanda-tanda Serum Vitamin C Teroksidasi

serum
Serum vitamin C/Foto: Freepik/Freepik

Mengetahui apakah serum vitamin C telah teroksidasi atau tidak sebenarnya mudah saja dilakukan, Beauties. Menurut dr. Elizabeth Houshmand, seorang dokter kulit dari Dallas, Texas, AS, salah satu tanda bahwa serum vitamin C telah teroksidasi adalah adanya perubahan warna pada produk.

"Jika warna produk sudah berubah menjadi lebih kuning, oranye atau warna lainnya yang berbeda dari warna asli saat kamu membelinya, maka kemungkinan besar produk tersebut telah teroksidasi." ungkapnya kepada Skincare.com.

Lebih lanjut, kamu juga bisa mengetahuinya dari perubahan aroma hingga teksturnya.

Apakah Masih Aman Digunakan?

serum vitamin C
Serum vitamin C/Foto: Freepik/Freepik

Melansir dari Healthline, produk vitamin C yang teroksidasi sebenarnya tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit. Namun, produk tersebut semakin lama akan semakin kehilangan khasiatnya sehingga tidak disarankan lagi untuk tetap digunakan, Beauties.

Untuk itu, serum vitamin C paling baik digunakan dalam jangka waktu 3 - 4 bulan setelah membeli untuk menghindari risiko oksidasi.

Kiat Menjaga Serum Vitamin C Agar Lebih Awet

serum vitamin C
Serum vitamin C/Foto: Freepik/Freepik

Proses oksidasi dapat terjadi lebih cepat akibat faktor-faktor seperti cahaya, udara, panas hingga kelembapan. Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan tempat penyimpanan serum vitamin C-mu untuk menjaganya tetap awet.

Sebaiknya pilih tempat penyimpanan yang kering, tertutup serta tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, kamu juga disarankan untuk lebih memilih produk yang dikemas dalam botol kaca gelap atau buram untuk membantu memperpanjang umur simpannya.

Kamu juga bisa memilih produk yang diinovasikan dengan formula vitamin C yang lebih stabil seperti ethyl ascorbic acid, sehingga produknya lebih tidak mudah teroksidasi.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id