sign up SIGN UP

Selain Aloe Vera, 5 Kandungan Alami Ini Juga Dapat Menenangkan Kulit yang Iritasi

Ratih Dewi | Beautynesia
Selasa, 17 May 2022 09:45 WIB
Selain Aloe Vera, 5 Kandungan Alami Ini Juga Dapat Menenangkan Kulit yang Iritasi
caption

Tidak hanya pemilik kulit sensitif, kulit iritasi dapat dialami oleh semua jenis kulit. Biasanya, kulit iritasi ditandai dengan muncul kemerahan pada kulit, rasa gatal, panas, permukaan kulit yang kering, bahkan kulit bisa mengelupas. 

Kulit yang iritasi juga menandakan bahwa skin barrier tidak dalam kondisi yang baik, sehingga membutuhkan perawatan lebih untuk mengatasinya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit iritasi, seperti dehidrasi atau salah menggunakan produk eksfoliasi. 

Melansir dari beberapa sumber, Beautynesia sudah merangkum beberapa kandungan alami yang dapat menenangkan kulit iritasi dan memperkuat skin barrier. Yuk, simak artikel di bawah ini! 

1. Calendula

Calendula
Calendula/Foto : pexels.com/GM Rajib

Mengutip dari laman Her World, bunga calendula memiliki sifat anti-inflamasi dan secara tradisional, bunga ini dikonsumsi untuk mengobati sakit perut, meningkatkan imunitas tubuh dengan memperkuat sel-sel di tubuh kita. 

Bunga calendula juga dapat mencegah bakteri yang dapat merusak kulit, mempercepat penyembuhan luka, termasuk kulit yang iritasi. Ekstrak bunga calendula ini sering kita temui pada produk perawatan kecantikan untuk kulit berjerawat dan berminyak. 

Hal ini dikarenakan bunga calendula memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit tanpa merangsang aktivitas kelenjar sebum yang membuat kulit memproduksi minyak berlebih. 

2. Cucumber

Cucumber
Cucumber/Foto : pexels.com/Breakingpic

Timun mengandung nutrisi seperti vitamin A, potasium, dan sulfat yang dapat mengobati kulit terbakar (sunburn) dan kulit yang iritasi tanpa membuat kulit menjadi kering atau gatal. Demikian yang dilansir dari laman Be Beautiful.

Timun juga mengandung antioksidan dan sifatnya yang menenangkan kulit. Oleh karena itu, timun cocok dipilih sebagai kandungan alami untuk mengatasi kulit iritasi. 

3. Chamomile

Chamomile
Chamomile/Foto : pexels.com/pixabay

Selain pada produk perawatan kulit, bunga kamomil sering ditemukan dalam bentuk teh. Kamomil pada teh berfungsi untuk mengatasi stres, menenangkan pikiran, dan membuat badan lebih rileks. 

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri pada ekstrak bunga kamomil dapat digunakan untuk meredakan kulit gatal, kering, dan berjerawat. Tidak hanya itu, ekstrak bunga kamomil juga dapat memperkuat skin barrier, sehingga kulit menjadi lebih sehat. Demikian yang dilansir dari laman Verily.

4. Sea Buckthorn 

Sea Buckthorn
Sea Buckthorn/Foto : pexels.com/munkhbayar dambajav

Menurut ahli kimia kosmetik Elina Fedotova dan pendiri Elina Organics Skincare & Spas, yang dilansir dari laman Real Simple, menjelaskan bahwa sea buckthorn mengandung palmitoleic acid (omega-7) yang dapat merangsang regenerasi sel baru untuk meredakan kulit yang luka atau iritasi. 

Sea buckthorn juga mengandung vitamin A, C, dan E yang kaya akan antioksidan untuk menjaga kelembapan kulit, menyembuhkan kulit yang terpapar sinar matahari, dan meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit.

5. Centella Asiatica

Centella Asiatica
Centella Asiatica/Foto : pexels.com/Alesia Kozik

Beauties mungkin sudah tidak asing dengan kandungan alami satu ini, ya. Saat ini banyak produk kecantikan lokal yang menggunakan centella asiatica atau cica sebagai kandungan utama untuk menenangkan kulit yang berjerawat. 

Hal ini dikarenakan cica mengandung antioksidan yang kuat dan kaya akan amino acid yang efektif untuk menghidrasi kulit, mengatasi kulit iritasi, dan memperkuat skin barrier.

Kandungan ini hampir ditemukan dalam rangkaian skincare, seperti sabun wajah, toner, serum, pelembap, bahkan masker wajah. Demikian yang dilansir dari laman SELF.

------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id