sign up SIGN UP

Tanpa Butuh Skincare, Ini 6 Cara Atasi Wajah Breakout Cukup Pakai Bahan Alami

Natasha Riyandani | Beautynesia
Kamis, 15 Sep 2022 18:45 WIB
Tanpa Butuh Skincare, Ini 6 Cara Atasi Wajah Breakout Cukup Pakai Bahan Alami
caption

Breakout merupakan sebuah kondisi pada kulit wajah yang kemerahan dan berjerawat. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena dampak penggunaan produk skincare yang terlalu banyak dan tidak cocok di kulit wajah. Tak selalu disebabkan oleh penggunaan skincare, breakout dapat terjadi akibat perubahan hormon maupun stres.

Mengatasi masalah breakout di wajah yang sedang sensitif tentu saja tidak bisa sembarangan. Untuk itu, wajah perlu istirahat dari penggunaan produk-produk skincare dan bahan kimia lainnya.

Jadi, Beauties bisa beralih sementara menggunakan bahan-bahan alami untuk mengurangi kondisi wajah sensitif akibat breakout tersebut.

Melansir dari Medical News Today, beberapa bahan alami berikut dapat digunakan untuk mengatasi breakout di wajah. Mari kita simak!

1. Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit dapat digunakan sebagai masker wajah
Bubuk Kunyit/ Foto: Freepik.com/author/stockimagefactorycom

Menggunakan bubuk kunyit sebagai masker wajah dapat membantu mengatasi breakout, lho. Hal ini karena terdapat sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan pada kunyit mampu mengurangi iritasi di kulit wajah.

Cara membuat masker kunyit, cukup campurkan ½ cangkir tepung buncis dan 2 sdm bubuk kunyit, bubuk cendana, dan minyak almond. Serta tambahkan sedikit air, untuk membuatnya menjadi pasta. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Lalu, bilas dengan air bersih.

2. Cuka Apel

Cuka apel mampu mengatasi iritasi akibat jerawat
Cuka Apel/ Foto: Freepik.com/author/rawpixel-com

Cuka apel banyak digunakan untuk mengatasi masalah iritasi, salah satunya mengatasi breakout di wajah. Cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara menggunakan cuka apel pun sangat mudah, Beauties hanya perlu menuangkan cuka apel secukupnya di atas kapas wajah. Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat
Tea Tree Oil/ Foto: Freepik.com/author/yanadjana

Produk kecantikan saat ini banyak menggunakan tea tree oil sebagai bahan utama. Tea tree oil mengandung anti-bakteri dan anti-inflamasi alami yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Sifat anti-inflamasi tea tree oil dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi akibat breakout di wajah.

Untuk menggunakannya, Beauties dapat dengan mudah mengoleskan tea tree oil di wajah seperti bentuk krim, gel, maupun minyak. Perlu diperhatikan, penggunaan tea tree oil langsung di wajah disarankan di bawah konsentrasi 5% untuk mengurangi risiko iritasi di kulit.

4. Madu

Madu dipercaya mampu merawat kulit
Madu/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Madu memiliki antioksida yang dipercaya mampu merawat kulit dan membantu membersihkan pori-pori tersumbat. Madu memiliki khasiat yang mampu mengatasi bakteri karena jerawat secara khusus.

Cara menggunakan madu, cukup mengoleskan madu ke jerawat menggunakan jari maupun kapas. Beauties juga bisa mencampurkan madu dengan masker wajah.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan melembabkan
Lidah Buaya/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Lidah buaya mengandung asam salisilat dan sulfur, dimana kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk mengobati jerawat. Mengoleskan lidah buaya secara rutin ke jerawat dipercaya mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh.

Cara menggunakan lidah buaya yaitu dengan mengoleskannya pada jerawat berupa gel lidah buaya. Kemudian diamkan selama 30-40 menit. Lalu, bilas dengan air bersih.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri untuk mengatasi jerawat
Minyak Kelapa/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Minyak kelapa mengandung senyawa anti-inflamasi dan anti-bakteri yang mampu mengatasi iritasi akibat jerawat. Minyak kelapa dinilai dapat membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan. Efek menenangkan dan melembabkan dari minyak kelapa dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

Beauties dapat mengoleskan minyak kelapa murni langsung ke area berjerawat. Kemudian, diamkan selama 15-20 menit. Lalu, bilas menggunakan air bersih.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id