sign up SIGN UP

Termasuk Diet Ekstrim, Ini 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Sebabkan Bulu Mata Rontok dan Menipis

Ratih Dewi | Beautynesia
Minggu, 28 Nov 2021 07:00 WIB
Termasuk Diet Ekstrim, Ini 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Sebabkan Bulu Mata Rontok dan Menipis
caption

Beauties mungkin tidak asing dengan mitos jika ada bulu mata jatuh atau rontok, menandakan ada seseorang yang merindukan kita, bukan? Faktanya, bulu mata yang rontok bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor hormon, suatu penyakit tertentu, ataupun dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. 

Bulu mata yang tebal, panjang, dan lentik adalah idaman kebanyakan orang. Untuk mendapatkan bulu mata idaman seperti itu membutuhkan perawatan yang ekstra dan beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari menyebabkan bulu mata rontok: 

1. Diet yang Terlalu Ekstrem

Diet yang Terlalu Ekstrem
Diet yang terlalu ekstrem/Foto : pexels.com/Lisa

Perawatan kecantikan tidak hanya dilakukan dari luar saja dengan produk skincare, namun juga perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi pola makan yang sehat. Makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari akan mencukupi kebutuhan nutrisi dan zat lainnya di dalam tubuh. 

Jika makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak mencukup kebutuhan nutrisi di dalam tubuh, bisa mempengaruhi kekuatan dan pertumbuhan rambut. Demikian seperti yang dilansir dari laman Well and Good.

Jika sedang diet, pastikan kebutuhan nutrisi pada tubuh tetap terpenuhi dengan baik, untuk menjaga bulu mata tetap kuat dan tidak mudah rontok. 

2. Tidur Menggunakan Makeup

Tidur Menggunakan Makeup
Tidur menggunakan makeup/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Siapa di sini yang pernah tidur tetapi masih menggunakan makeup? Hal ini jangan dibiasakan ya, Beauties. Ketika tidur masih menggunakan makeup, pori-pori kulit wajah akan tertutup oleh tumpukan minyak, kotoran, dan sisa makeup yang masih menempel dan menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Tidak hanya itu, maskara yang masih menempel di bulu mata dalam jangka waktu yang lama akan mengeras dan ketika dibersihkan akan membuat bulu mata menjadi mudah patah dan rontok. Demikian seperti yang dilansir dari laman Self. 

3. Menggosok Area Mata Terlalu Kasar

Menggosok Area Mata Terlalu Kasar
Menggosok area mata terlalu kasar/Foto : pexels.com/Ron Lach

Ketika menatap layar gadget terlalu lama, sering kali kita merasakan mata gatal dan mengucek atau menggosok area mata yang tanpa kita sadari jika terlalu kasar, bisa menyebabkan mata iritasi dan bulu mata menjadi rontok. 

Melansir dari laman MBG Lifestyle, menggosok mata sesekali tidak masalah asalkan dengan lembut. Tapi, menggosok mata dengan kasar bisa melukai kulit kelopak mata dan bulu mata menjadi rontok, Beauties!

4. Tidak Membersihkan Maskara dengan Benar

Tidak Membersihkan Maskara dengan Benar
Tidak Membersihkan Maskara dengan Benar/Foto : pexels.com/Anna Shvets

Buat Beauties yang sering menggunakan maskara, harus lebih teliti ketika membersihkannya, ya. Melansir dari laman Allure, sangat disarankan ketika membersihkan maskara menggunakan produk oil-based, karena lebih efektif untuk membersihkan maskara. 

Selain itu, ketika membersihkan maskara dengan kapas pastikan untuk membersihkannya dengan perlahan. Jangan gosok terlalu kasar, karena gesekan kapas dengan bulu mata yang kasar bisa membuat bulu mata mudah rontok. 

5. Menggunakan Penjepit Bulu Mata Terlalu Keras

Menggunakan Penjepit Bulu Mata Terlalu Keras
Menggunakan Penjepit Bulu Mata Terlalu Keras/Foto : pexels.com/cottonbro

Sebelum menggunakan maskara atau bulu mata, pasti kebanyakan dari kita menggunakan penjepit bulu mata terlebih dahulu untuk membentuk bulu mata lebih lentik dan bervolume. Pastikan tidak terlalu keras atau kasar ketika menggunakan penjepit bulu mata

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan karet yang ada di penjepit bulu mata. Jika diperhatikan, karet di penjepit bulu mata sering kali kotor terkena maskara ataupun sisa bulu mata yang nyangkut.

Karet yang jarang diganti dan kotor menyimpan banyak bakteri yang bisa membuat mata iritasi dan berpengaruh ke bulu mata. Demikian seperti yang dilansir dari laman Dermstore.

6. Terlalu Sering Menggunakan Maskara Water proof 

Terlalu Sering Menggunakan Maskara Water proof
Terlalu Sering Menggunakan Maskara Water proof/Foto : pexels.com/Shiny Diamond

Jenis maskara yang waterproof menjadi pilihan banyak wanita untuk bulu mata yang lebih tahan lama, tebal, dan lentik. Melansir dari laman Women's Weekly, kandungan maskara water proof, biasanya membuat bulu mata menjadi kering dan terkadang susah untuk dibersihkan. 

Menggunakan maskara yang water proof tidak masalah asalkan ketika dibersihkan dengan benar dan setelahnya menggunakan serum bulu mata untuk memperkuat akar bulu mata. 

[Gambas:Youtube]

--------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id