sign up SIGN UP

Ternyata, 7 Kebiasaan Ini Penyebab Tumit Kaki menjadi Kasar

Ratih Dewi | Beautynesia
Senin, 21 Dec 2020 14:00 WIB
Ternyata, 7 Kebiasaan Ini Penyebab Tumit Kaki menjadi Kasar
caption

Kaki mungkin salah satu anggota tubuh yang jarang terekspos dan jarang diperhatikan banyak orang karena selalu tertutup dengan alas kaki. Namun merawat dan menjaga kulit kaki agar tetap bersih, halus, dan sehat juga penting supaya kita selalu merasa nyaman.

Salah satu masalah kaki yang paling sering terjadi adalah bagian kulit kaki yang kasar, terutama di bagian tumit yang membuat penampilan kaki kita menjadi tidak cukup baik.

Walaupun untuk merawat tumit yang kasar cukup mudah dan tidak terlalu banyak produk yang digunakan, ternyata penyebab dari tumit kaki yang menjadi kasar bisa disebabkan karena beberapa faktor atau kebiasaan yang terkadang tidak kita sadari lho Ladies. Kira-kira apa saja sih yang menyebabkan tumit kaki kita menjadi kasar? 

1. Terlalu Sering Menggunakan High Heels

Terlalu Sering Menggunakan High Heels
Terlalu Sering Menggunakan High Heels/Foto : freepik.com

Kamu yang sering menggunakan high heels pasti merasakan tumit kaki menjadi lebih kasar. Itu karena tekanan di kaki menjadi berkali-kali lipat lebih banyak dibandingkan tidak menggunakan high heels dan tekanan dari high heels menjadi salah satu faktor penyebab tumit kaki menjadi pecah-pecah.

Apalagi jika bantalan empuk atau sol pada high heels kamu keras. Selain membuat kaki menjadi pegal bisa juga membuat tumit kaki kamu jadi kasar dan pecah-pecah. 

2. Menggunakan Alas Kaki Tidak Sesuai Ukuran

Menggunakan Alas Kaki Tidak Sesuai Ukuran
Menggunakan Alas Kaki Tidak Sesuai Ukuran/Foto : freepik.com

Memilih sepatu atau alas kaki lainnya memang harus sesuai ukuran kaki kita, tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Pastikan juga alas kaki yang kita gunakan empuk dan tidak terlalu keras agar tidak membuat kaki kita menjadi kasar dan menjadi nyaman digunakan.

Jika memilih alas kaki yang tidak pas atau tidak sesuai ukuran bisa mempengaruhi tekanan dan gesekan di tumit kaki kamu yang menyebabkan tumit kaki jadi kasar. 

3. Tidak Menggunakan Alas Kaki saat di Luar Rumah

Tidak Menggunakan Alas Kaki
Tidak Menggunakan Alas Kaki/Foto : freepik.com

Siapa disini yang terkadang suka lupa menggunakan alas kaki saat di luar rumah walaupun hanya sebentar? Walaupun hanya sebentar, tetap selalu gunakan alas kaki saat ke luar rumah ya, Ladies.

Tekstur jalan yang kasar, kotoran yang ada di jalanan, itu bisa membuat kaki kamu menjadi kotor dan kasar. Walaupun setelahnya kamu bisa cuci kaki tapi tidak ada salahnya kamu selalu menggunakan alas kaki, seperti sendal saat keluar rumah untuk menjaga kaki tetap bersih dan mengurangi risiko tumit kaki menjadi kasar. 

4. Terlalu Lama di Kamar Mandi

Terlalu Lama di Kamar Mandi
Terlalu Lama di Kamar Mandi/Foto : freepik.com

Jangan terlalu lama berdiri di tempat yang lembab seperti berendam atau saat mandi. Lantai kamar mandi yang basah bisa mengurangi kadar minyak alami di kulit dan menjadi penyebab tumit kaki kamu menjadi kasar dan kering.

Walaupun kamu bisa menggunakan pelembab kaki setelah mandi, jangka panjangnya terlalu lama di kamar mandi tetap bisa membuat tumit kaki kamu menjadi kering dan kasar. 

5. Iritasi dengan Penggunaan Sabun Mandi

Iritasi dengan Penggunaan Sabun Mandi
Iritasi dengan Penggunaan Sabun Mandi/Foto : freepik.com

Beberapa dari kita memiliki kulit yang sensitif dan tidak dianjurkan menggunakan produk-produk yang mengandung alkohol, pewangi, atau retinoid karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar, termasuk di area kaki. Sabun mandi memang memiliki peran penting untuk membersihkan kulit saat mandi.

Pastikan kamu memilih sabun mandi yang melembapkan dan hindari kandungan yang membuat kulit kamu menjadi kasar dan kering. 

6. Kurang Konsumsi Vitamin dan Air Mineral

Kurang Konsumsi Vitamin dan Air Mineral
Kurang Konsumsi Vitamin dan Air Mineral/Foto : freepik.com

Kurangnya konsumsi vitamin dan air mineral selain tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu, tapi bisa berpengaruh ke kulit kamu yang menjadi kering. Salah satunya berefek ke tumit kaki kamu yang jadi kering dan kasar.

Pastikan kamu selalu konsumsi Vitamin dan air mineral yang cukup setiap harinya, selain membuat tubuh kamu sehat, juga membuat kulit kamu menjadi sehat dan nutrisinya terpenuhi. 

7. Tidak Rutin Eksfoliasi Kaki 

Tidak Rutin Eksfoliasi Kaki
Tidak Rutin Eksfoliasi Kaki/Foto : freepik.com

Tidak hanya wajah, kaki juga butuh eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit kaki kamu menjadi kering dan kasar. Seperti, kamu bisa melakukan eksfoliasi kaki dengan menggunakan foot mask seminggu 1 - 2 kali untuk mengangkat sel-sel kulit mati di kaki atau menggunakan sikat khusus untuk kaki, supaya kulit kaki tetap halus dan bersih. 

Nah, itu dia kebiasaan sehari-hari yang tanpa kita sadari menjadi penyebab tumit kaki kita menjadi kasar, semoga membantu Ladies

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id