sign up SIGN UP

SKINCARE

Cegah Tumit Menggelap, Begini Hal-Hal yang Harus Kamu Hindari

Izzul Millati Umami | Selasa, 10 Nov 2020 11:45 WIB
Cegah Tumit Menggelap, Begini Hal-Hal yang Harus Kamu Hindari
caption
Jakarta -

Ladies, tumit merupakan bagian tubuh yang sering tak tersentuh perawatan. Akibatnya, area tumit luput dari perhatian dan jarang dibersihkan. Hal ini akan menyebabkan menumpuknya sel kulit mati yang berakibat tumit menggelap, kering,  pecah-pecah, dan kasar. Tentu, tumit hitam membuat wanita tampil minder.

Nah, nggak mau hal itu terjadi, kan? Dari pada ladies membeli salep atau obat untuk menghilangkan tumit yang hitam, lebih baik ladies melakukan pencegahan dari sekarang. Yups, ladies bisa kok mencegah tumit gelap dengan melakukan beberapa tindakan. Yuk, simak! 5 cara mencegah tumit menggelap:

Hindari Posisi Duduk Bersila

duduk bersila
duduk bersila/sumber:pixabay.com

Kebiasaan ladies yang sering duduk  bersila di lantai yang keras  dalam waktu yang lama dapat membuat tumit hitam dan kasar. Nah, untuk mencegahnya ladies bisa memakai alas bantal yang empuk dan lembut di bawah telapak kaki.

Jangan Memakai Sepatu Sempit

sepatu sempit
sepatu sempit/sumber:pixabay.com

Ladies pernah memakai sepatu kekecilan atau sempit? Jangan jadikan kebiasaan, ya! Selain, menimbulkan rasa tak nyaman dan nyeri di kaki. Kebiasaan yang satu ini dapat membuat tumit kasar dan gelap karena kulit mengalami gesekan dan tekanan kuat di bagian permukaan kulit di kaki.

Rutinlah Gunakan Pelembab Untuk Memutihkan Tumit

pelembab
pelembab/sumber:pixabay.com

Tumit yang kering, kasar, dan hitam dapat dicegah dengan rutin menggunakan pelembab untuk mencerahkan dan memutihkan tumit. Cara ini dianggap cukup untuk mencegah tumit gelap. Ladies bisa menggunakan pelembab di sekitar tumit dengan kandungan bahan seperti aloe vera, kedelai, minyak zaitun dan lain-lain.

Hindari Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Tak dapat dipungkiri paparan sinar matahari yang kuat di negara tropis seperti Indonesia dapat menghitam kulit, termasuk area tumit. Ladies bisa menghindari paparan sinar matahari di jam ekstrim yakni pukul 12.00 hingga 16.00. Namun, jika memang tak ada pilihan gunakan pelindung di kaki seperti alas kaki dan sepatu.

Gunakan Sunblock

sinar matahari
sinar matahari/sumber:pixabay.com

Keluar rumah dengan menggunakan sandal atau sepatu terbuka, tentu menyebabkan kulit di seluruh tubuh, termasuk area tumit terpapar sinar matahari. Hal ini pastinya dapat menyebabkan area tumit rentan menggelap, kering, dan kasar. Nah, untuk mencegahnya ladies bisa menggunakan sunblock untuk melindungi tumit dari paparan sinar matahari.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id