sign up SIGN UP

Urutan Pakai Skincare Jadul Viva yang Tepat Menurut Dermatologis

Dewi Maharani | Senin, 01 Nov 2021 08:00 WIB
Urutan Pakai Skincare Jadul Viva yang Tepat Menurut Dermatologis
caption
Jakarta -

Memakai produk-produk skincare sesuai urutan yang benar akan membuat kulitmu menerima manfaat ekstra dari setiap produk yang kamu pakai, lho, Beauties! Setidaknya itulah yang dikatakan Heather Rogers, seorang dermatologi bersertifikat dan ahli bedah kulit dikutip dari Dermstore.

Melengkapi koleksi skincare pun tidak harus menghabiskan isi dompetmu. Banyak rangkaian produk skincare yang sesuai dengan tipe kulit serta nominal rupiah dalam rekening. Salah satunya adalah produk skincare yang diproduksi oleh merek lokal seperti Viva Cosmetics.

Selain diklaim cocok dengan jenis kulit orang Indonesia yang tinggal di area tropis, produk-produk Viva Cosmetics juga dikenal ramah di kantong. Berikut ini adalah urutan pemakaian skincare dari merek lokal Viva Cosmetics yang bisa kamu terapkan.

Tahap 1: Cleanser

Tahap pertama, mencuci muka dengan metode double cleansing
Tahap pertama, mencuci muka dengan metode double cleansing./ Foto: pexels.com/Shiny Diamond

Biasakan mengawali ritual mencuci muka dengan menggunakan air hangat. Hal ini akan membuat sirkulasi darah di wajah menjadi lancar sehingga nutrisi yang ada pada produk pencuci wajah akan bekerja ekstra di kulitmu. Kamu bisa menerapkan metode double cleansing dengan menggunakan dua macam cleanser dari Viva Cosmetics, yaitu milk cleanser dan facial cleanser.

Viva milk cleanser memiliki fungsi yang sama seperti cleansing oil, yaitu sebagai produk yang digunakan pada tahap pertama dari metode double cleansing. Viva milk cleanser memiliki 5 varian, antara lain cucumber, lemon, bengkuang, green tea, dan spirulina yang masing-masing telah diproduksi sesuai dengan tipe-tipe kulit yang ada di Indonesia.

Untuk tahapan kedua dalam metode double cleansing, Viva Cosmetics menyediakan tiga varian sabun pencuci muka, yakni Clean & Mask Refreshner For Oily-Acne Skin untuk kulit berminyak, Clean & Mask Refreshner For All Skin Types untuk semua jenis kulit, dan Clean & Mask Refreshner For Dry-Fine Wrinkle Skin untuk kulit kering yang rentan terhadap munculnya garis-garis putih.

Sesuai dengan namanya, tiga varian sabun pencuci muka tersebut dapat digunakan juga sebagai masker. Cara pemakaiannya cukup dengan mengaplikasikan produk ke seluruh bagian wajah kecuali mata dan bibir, lantas diamkan selama kurang lebih 3 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Gunakan produk ini sebanyak dua kali dalam satu minggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang dijanjikan.

Tahap 2: Toner

Tahap kedua, penggunaan toner.
Tahap kedua, penggunaan toner./ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Pada beberapa produk, toner digunakan seusai mencuci wajah dengan sabun. Hal ini dilakukan karena fungsi toner adalah mengembalikan pH kulit setelah penggunaan sabun cuci muka. Namun, mungkin kamu akan sedikit kebingungan kalau baru mengenal toner dari Viva Cosmetics. Pasalnya, toner yang diproduksi Viva Cosmetics ini menganjurkan penggunanya memakai toner untuk membersihkan sisa milk cleanser.

Meskipun begitu, kamu boleh berimprovisasi, kok, Beauties! Kamu bisa tetap menggunakan toner setelah mencuci wajah seperti urutan skincare dari produk lain. Sebab, membersihkan dengan milk cleanser dan toner saja tidak akan menjamin kotoran dapat terangkat sempurna dari kulitmu. Karena itu, tetap gunakan urutan milk cleanser, facial cleanser, dan toner seperti biasa, ya!

Tahap 3: Serum Antioksidan

Tahap tiga, penggunaan serum antioksidan.
Tahap tiga, penggunaan serum antioksidan./ Foto: pexels.com/cottonbro

Umumnya, semua jenis serum sudah memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, seperti Vitamin C, niacinamide, resveratrol, Vitamin E, Vitamin A (retinol), coenzyme Q10, dan polifenol. Kandungan antioksidan dalam serum penting untuk mengoreksi tanda-tanda penuaan, mencegah kerusakan akibat sinar matahari, memperbaiki kulit, dan mencerahkan warna kulit.

Viva Cosmetics menjawab kebutuhan kandungan antioksidan tersebut dengan produk Viva Queen Whitening Advanced Face Serum yang mengandung Vitamin C dan niacinamide. Kandungan yang ada dalam produk ini diklaim mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dengan menghambat zat pigmen hitam melanin muncul ke permukaan kulit.

Tahap 4: Eye Cream

Tahap empat, eye cream.
Tahap empat, eye cream./ Foto: pexels.com/cottonbro

Dr. Annie Chiu, seorang dermatologis bersertifikat menyatakan penting untuk menggunakan eye cream secara rutin sejak berada di usia 20-an. Hal ini akan membuat kesehatan dan keelastisan kelopak mata terjaga sampai usia senja nanti. Consistency is a key!

Viva Queen Revitalizing Eye Cream merupakan krim mata dengan formula spesial yang diklaim dapat membantu menyamarkan kantong mata, kerutan, serta garis-garis halus. Penggunaan secara teratur dapat membuat kulit mata menjadi terasa lebih nyaman, segar, dan terhindar dari tanda-tanda kelelahan.

Tahap 5: Acne Spot Treatment

Tahap lima, acne spot treatment
Tahap lima, acne spot treatment./Foto: pexels.com/Anna Nekrashevich

Jika kamu memiliki jerawat aktif di kulit wajahmu, produk perawatan jerawat ini mungkin akan menjadi pelengkap rutinitas skincare-mu. Penggunaan acne spot treatment biasanya digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Viva Acne Gel Triple Action adalah produk acne spot treatment yang menjadi andalan dari Viva Cosmetics. Kandungan sulfur, asam salisilat, dan triklosan dalam produknya diklaim mampu membantu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Yang perlu diingat saat menggunakan produk acne spot treatment adalah tidak menggunakannya di area kulit yang tidak memiliki masalah jerawat.

Tahap 6: Pelembap

Tahap enam, moisturizer
Tahap enam, moisturizer./Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Semua jenis kulit membutuhkan pelembap, baik yang memiliki kulit kering maupun yang memiliki kulit berminyak sekalipun. Dr. Sandra Kopp, seorang dermatologis bersertifikat, menyatakan bahwa sekalipun tubuhmu mampu memproduksi sebum, kulitmu tetap membutuhkan hidrasi tambahan dari pelembap untuk melindungi dari panas matahari, cuaca, serta bahan kimia yang dapat merusak kulit.

Viva Pelembap dapat memenuhi kebutuhan kulit untuk terus terhidrasi dengan dua varian yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing, yakni Viva Pelembap bengkuang untuk kulit normal/kering serta Viva Pelembap dengan ekstrak green tea untuk kulit berminyak.

Disarankan untuk menggunakan pelembap saat kulit masih agak basah dan jangan gunakan pelembab pada tempat yang sama dengan acne spot treatment karena kemungkinan akan mengganggu kerja bahan-bahan aktif dari produk tersebut.

Tahap 7: Sunscreen

Terakhir, sunscreen atau sunblock
Terakhir, sunscreen atau sunblock./Foto: pexels.com/cottonbro

Sunscreen adalah tahapan terakhir yang tidak kalah penting dalam penggunaan rangkaian produk skincare. Sayangnya, Viva Cosmetics belum menyediakan produk khusus sunscreen dalam koleksi skincare-nya.

Namun, kamu tidak perlu cemas karena Viva Cosmetics menyediakan alternatif lain, yakni dengan menggabungkan produk foundation dengan sunscreen dalam satu produk bernama Viva Sunscreen Foundation. Meskipun jenisnya foundation, kamu tidak perlu cemas untuk mencari tone yang sesuai dengan warna kulitmu karena Viva Sunscreen Foundation ini memiliki warna yang transparan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id