sign up SIGN UP

Usia Masih Muda, tapi Merasa Alami Gejala Penuaan Dini? Atasi dengan Skincare dengan 4 Ingredients Ini

Cica Rahmania | Beautynesia
Senin, 03 Jan 2022 21:30 WIB
Usia Masih Muda, tapi Merasa Alami Gejala Penuaan Dini? Atasi dengan Skincare dengan 4 Ingredients Ini
caption
Jakarta -

Penuaan adalah hal yang niscaya. Umumnya, hal ini terjadi akibat penurunan kolagen yang disebabkan oleh faktor usia. Namun, di samping itu, menurunnya kolagen juga bisa disebabkan oleh hal lain, bahkan ketika kamu belum memasuki usia tua.

Paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, kurang tidur, dan konsumsi berlebih adalah beberapa hal yang bisa memicu turunnya produksi kolagen dalam kulit, kuku, dan rambut. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan, nggak heran jika ada orang yang mengalami penuaan dini.

Penggunaan tabir surya dan retinol memang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang bisa menurunkan kolagen akibat sinar matahari, tetapi itu saja tidak cukup. Lebih dari itu, kamu juga perlu meningkatkan rutinitas perawatan kulit lainnya.

skincareIlustrasi penuaan dini. / Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch

Menurut Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, jika kamu ingin mempertahankan kulit mudamu dan menunda tanda-tanda penuaan dini pada kulit dalam jangka waktu lama, ia menyarankan untuk menggunakan skincare dengan kandungan khusus di dalamnya. Apa saja?

Vitamin B untuk Kesehatan Kulit, Rambut, dan Kuku

Vitamin tidak hanya muncul dalam bentuk suplemen atau makanan sehari-hari, tetapi juga dalam produk skincare. "Vitamin B dan semua turunannya sangat penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku," kata Joel Schlessinger, MD, dokter kulit bersertifikat di Omaha, Nebraska kepada Everyday Health.

Rekomendasi skincare probiotik/Foto: Freepik/freepikIlustrasi skincare. (Foto: Freepik/freepik)

Lebih lanjut, dr. Schlessinger menambahkan bahwa vitamin B bisa menjadi sangat berfungsi bila digunakan secara topikal dalam pelembab. Skincare yang mengandung vitamin B membuat sel-sel yang rusak akan sembuh dan beregenerasi lebih cepat.

Peptida untuk Merangsang Produksi Kolagen

Dikutip dari Everyday Health, penelitian yang diterbitkan pada Desember 2018 di International Journal of Peptide Research and Therapeutics menunjukkan bahwa peptida menjadi bahan perawatan kulit anti penuaan yang semakin populer. Sebagai info, peptida adalah rantai pendek asam amino dan bahan penyusun protein.

Ilustrasi produk perawatan tubuh bertekstur krim untuk kulit sensitif/Foto: Pexels/Anna ShvetsIlustrasi skincare. (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Menurut Zeichner, kebanyakan krim peptida topikal diformulasi untuk merangsang kolagen dan memperbaiki tampilan kerutan. Kendari demikian, nggak semua krim peptida dibuat sama, perlu uji klinis produk untuk mengetahui fungsi sebenarnya.

Hydroxy Acids untuk Mengangkat Sel Mati dan Melawan Keriput

Asam hidroksi atau hydroxy acids memiliki fungsi untuk mengelupas sel-sel mati dari permukaan kulit. "Bahan tersebut juga telah terbukti merangsang kolagen dan memperbaiki tampilan garis dan kerutan," jelas Zeichner. Kendati demikian, asam hidroksi memiliki kekuatan yang berbeda-beda. 

Vitamin E untuk Memulihkan Kerusakan

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan fungsi vitamin E yang berperan dalam kesehatan kulit. Dikutip dari Everyday Health, vitamin E memberi perlindungan terhadap kerusakan kulit yang dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Tak hanya bantu jaga kesehatan kulit, vitamin E juga mengandung antioksidan sebagai pelindung kekebalan tubuh.Vitamin E. (Foto: freepik.com/Chormail)

Menurut Linus Pauling Institute, vitamin ini mampu menetralkan radikal bebas yang merusak sel, yang dipicu oleh faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari. "Vitamin E adalah antioksidan hebat yang dicari dalam krim peremajaan kulit, dan dapat membantu penyembuhan luka juga, dengan memperkuat skin barrier," kata Schlessinger.

Tak heran jika vitamin E murni banyak dicampurkan ke dalam produk perawatan kulit, seperti salep bekas luka akibat luka di kulit maupun kuku yang rusak. Menggunakannya bareng dengan vitamin C dan E secara topikal bisa memberikan manfaat besar. Hal ini disebabkan karena dua vitamin antioksidan tersebut memiliki fungsi yang sama baiknya untuk kulit.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id