sign up SIGN UP

Yuk. Jauhi Kebiasaan Ini Agar Wajah Bebas Bruntusan!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 06 May 2021 22:30 WIB
Yuk. Jauhi Kebiasaan Ini Agar Wajah Bebas Bruntusan!
caption
Jakarta -

Bruntusan di wajah memang dapat mengganggu penampilan. Benjolan-benjolan kecil tersebut tidak saja terlihat asing, tapi juga membuat wajah kasar ketika disentuh. Selain itu, bruntusan ini juga menandakan kalau kebiasaan sehari-hari kita tidak sehat. Walaupun bruntusan mudah dihilangkan dengan menggunakan rangkaian skincare tertentu, akan lebih baik jika kita mencegah bruntusan itu datang, Ladies!

Maka dari itu, yuk ketahui apa-apa saja penyebab bruntusan dalam kebiasaan kita sehari-hari agar wajah kita terhindar dari hal tersebut.

1. Mengalami stres

Stres.
Stres. Foto: pexels.com

Stres bisa berakibat buruk untuk kulitmu, seperti kulit menjadi kusam, munculnya jerawat, hingga bruntusan. Hal ini disebabkan meningkatnya hormon kortisol yang mengubah glukosa menjadi energi dan androgen yang memicu kelenjar minyak berproduksi lebih banyak.

2. Terlalu sering mencuci wajah dan eksfoliasi

Mencuci wajah.
Mencuci wajah. Foto: freepik.com

Menjaga kebersihan wajah memang baik, tapi jangan melakukannya secara berlebihan ya, Ladies. Ketika kamu mencuci wajah terlalu sering, maka minyak alami dari wajah akan terangkat dan justru akan memberikan sinyal pada kelenjar untuk memproduksi sebum lebih banyak lagi. 

Begitu juga dengan eksfoliasi yang jika dilakukan berlebihan, akan merusak lapisan epidermis kulitmu, menyebabkan peradangan dan pembengkakan pori. Karena itu, sebaiknya cuci wajah cukup 2 kali sehari dan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu.

3. Kurang minum air putih

Minum air putih.
Minum air putih. Foto: unsplash.com

Air putih mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh. Jika dalam satu hari kita minum air putih kurang dari 8 gelas setiap hari, maka akan berdampak pada kulit, seperti kulit menjadi kusam, kering, bahkan menyebabkan bruntusan. 

4. Tidak menjaga kebersihan

Makeup brush yang kotor.
Makeup brush yang kotor. Foto: pexels.com

Kebiasaan seperti tidur dengan sarung bantal yang kotor, tidak bersih ketika membersihkan wajah, tidak membersihkan alat makeup, tidak mandi setelah olahraga, sering menyentuh wajah dengan tangan kotor, dan lain-lain bisa menjadi faktor pemicu bruntusan muncul di wajahmu lho. Jadi, jaga kebersihan diri lebih baik lagi yuk!

5. Pola makan yang buruk

Makanan junk food.
Makanan junk food. Foto: pexels.com

Pola makan tentu mempengaruhi kesehatan kulit kita, Ladies. Makanan yang mengandung minyak, makanan pedas, junk food atau makanan instan tidak hanya mengakibatkan bruntusan, tapi juga jerawat pada kulit wajah. Karena itu, imbangi dietmu dengan makan makanan bergizi, seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id