sign up SIGN UP

SKINCARE

Awas! Kenali Tanda-tanda Kulit Wajah Sudah Over Eksfoliasi dan Cara Mengatasinya

Pavita Sevilla | Kamis, 08 Apr 2021 19:30 WIB
Awas! Kenali Tanda-tanda Kulit Wajah Sudah Over Eksfoliasi dan Cara Mengatasinya
Kenali Tanda Kulit Wajah Sudah Over Eksfoliasi dan Cara Mengatasinya/freepik.com
Jakarta -

Menggunakan exfoliating skincare memang penting untuk kulit wajah. Hal ini berfungsi untuk mengeksfoliasi atau mengeluarkan sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih bersih dan skincare dapat menyerap dengan sempurna. Sayangnya, bukannya membuat kulit menjadi lebih bersih, eksfoliasi berlebihan atau biasa disebut over eksfoliasi justru malah akan menimbulkan masalah baru.

Kenali tanda-tanda kalau wajahmu sudah over exfoliasi di bawah ini.                  

1. Kulit sangat kering, memerah, dan bersisik

Kulit kering, merah, dan bersisik/pixabay.com
Kulit kering, merah, dan bersisik/pixabay.com

Ini merupakan tanda paling umum yang sering dialami oleh orang-orang saat mengalami over eksfoliasi. Proses eksfoliasi terus menerus akan mengurangi kelembaban kulit, sehingga kulit akan menjadi kering, memerah karena iritasi, bahkan hingga bersisik.

2. Kulit semakin berminyak

Ilustrasi kulit berminyak memakai blotting paper/lorealparisusa.com
Ilustrasi kulit berminyak memakai blotting paper/lorealparisusa.com

Kulit semakin berminyak bisa jadi bukan tanda kulitmu terlalu lembap, tapi merupakan tanda kulit sedang dehidrasi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses eksfoliasi akan mengurangi kelembaban. Kulit yang sangat kering kemudian akan mengeluarkan minyak lebih banyak lagi sebagai bentuk perlindungan.

3. Kulit wajah mengalami breakout

Kulit mengalami breakout/ciinmagazine.com
Ilustrasi kulit yang mengalami breakout/ciinmagazine.com

Tahapan ini merupakan tahapan yang paling parah dari tanda-tanda over eksfoliasi. Kulit yang mengalami over eksfoliasi akan mengeluarkan minyak lebih banyak dan juga pori-pori yang lebih terbuka. Nantinya, minyak-minyak ini dapat menyumbat pori-pori dan bakteri serta virus pun akan dengan mudah masuk ke dalam kulit lalu bercampur dengan minyak tadi. Sehingga akan memunculkan masalah baru, yaitu jerawat.

Selain itu, kamu juga mungkin akan merasakan perih setiap kali mukamu tersentuh, terkena air, atau terkena sinar matahari. Jika kamu sudah mengalami tanda-tanda ini, segera hentikan exfoliating skincare-mu.

Cara Mengatasi Wajah yang Sudah Over Eksfoliasi

Cara mengatasi over eksfoliasi/freepik.com
Cara mengatasi over eksfoliasi/freepik.com

Bagi yang sudah terlanjur mengalami over eksfoliasi ini, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi over eksfoliasi. Pertama, tentunya kamu harus hentikan rutinitas exfoliating skincare tersebut sementara waktu hingga kulitmu pulih kembali.

Kedua, Kurangi gesekan pada kulit seperti saat mengeringkan wajah dengan handuk atau tisu. Cukup tepuk-tepukan dengan lembut saja saat ingin mengeringkan wajah.

Ketiga, kembali ke langkah skincare basic, yaitu pembersih muka - hydrating tonermoisturizer - sun screen. Jangan gunakan skincare tambahan lain untuk beberapa waktu guna menetralkan kulit kembali.

Keempat, gunakan skincare dengan kandungan yang dikenal dapat melembabkan, seperti kandungan hyaluronic acid misalnya. Sekaligus, gunakan juga skincare yang memiliki kandungan untuk menenangkan kulit iritasi dan sensitif seperti centella asiatica, aloe vera, snail mucin, atau ceramide.

Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, jadi cukup gunakan exfoliating skincare maksimal 2x seminggu agar mendapatkan hasil yang  sempurna dan bukan masalah baru. Pastikan juga untuk memberikan kelembaban yang seimbang pada kulitmu setelah melakukan proses eksfoliasi.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id