sign up SIGN UP

LIFE

4 Kegiatan Produktif yang Bisa Dilakukan Sambil Skripsian

Durrotul Ainia | Rabu, 14 Oct 2020 07:00 WIB
4 Kegiatan Produktif yang Bisa Dilakukan Sambil Skripsian
caption

Skripsi adalah tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa semester akhir sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan studi pada bangku perkuliahan. Tugas yang sering membuat jadwal tidur menjadi berantakan, lupa makan, kertas penuh coretan dosen dan menunggu dosen, sudah menjadi makanan sehari-hari yang dirasakan oleh mahasiswa semester akhir. Namun bukan berarti mengerjakan skripsi dijadikan alasan untuk tidak melakukan kegiatan produktif lainnya.

Ada banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan sembari mengerjakan skripsi. Karena biasanya skripsi tidak mengambil banyak jam mata kuliah sehingga tersisa waktu luang. 

Untuk memanfaatkan waktu tersebut kamu bisa lakukan kegiatan di bawah ini tanpa mengganggu skripsi kamu. Apa saja?


1. Kerja Part Time atau Freelance

Kerja freelance
Kerja freelance/Unsplash.com

Kerja part time atau freelance merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa semester akhir untuk sekadar menambah uang jajan atau pengalaman. Ladies bisa mencoba mencari part time job di sekitar kampus atau kerjaan yang dapat dikerjakan melalui jarak jauh.

Selain itu bekerja sebagai freelancer waktunya lebih fleksibel sehingga tidak mengganggu jam kuliah atau skripsian kamu Ladies. Ketika sedang berkuliah sambil bekerja sebagai freelancer secara tidak langsung akan terbiasa untuk belajar memanage waktu dengan seefisien mungkin.

Tentu hal ini menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki ketika sudah memasuki dunia kerja atau bisnis dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga akan memperluas relasi Ladies yang nantinya juga akan berguna di masa depan.

2. Belajar dan Upgrade Kemampuan Menggunakan Software Komputer

Menggunakan software komputer
Menggunakan software komputer/Unsplash.com

Software apapun yang berkaitan dengan karir yang Ladies inginkan misalnya Microsoft office, Photoshop, Adobe Premiere, dan sebagainya. Karena ketika kita mahir menggunakan software-software tersebut akan menjadi nilai plus loh.

Saat belajar Microsoft Office juga akan berguna dalam pengerjaan skripsi contohnya seperti dalam membuat daftar isi otomatis, membuat grafik, membuat slide presentasi dan sebagainya.

3. Menonton Channel YouTube Bahasa Asing

Menonton YouTube
Menonton YouTube/Unsplash.com

Menonton YouTube juga akan memberikan banyak manfaat lho! Ladies dapat menonton video yang menggunakan bahasa asing, seperti bahasa Inggris. Dengan begitu kamu akan menambah vocabulary. Selain itu, Bahasa Inggris penting untuk dipelajari karena seringkali literatur dalam skripsi berbahasa Inggris, selain itu ketika kamu bekerja nanti hal ini juga akan digunakan.

4. Mencoba Resep Masakan dari Internet

Mencoba resep masakan
Mencoba resep masakan/Unsplash.com

Yup, dengan mencoba berbagai resep masakan yang tersedia pada internet akan mengasah kemampuan Ladies dalam memasak loh. Cobalah resep yang simple dan mudah untuk dipraktikkan seperti resep camilan, jus, puding, dan kue kering. Siapa tau, hal ini bisa jadi ladang bisnis kamu di kemudian hari.

Itu tadi beberapa kegiatan produktif yang akan menambah keterampilan dan pengalaman tanpa mengganggu skripsian Ladies, selamat mencoba!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id