sign up SIGN UP

LIFE

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis

Rumaysha Milhania | Selasa, 22 Sep 2020 18:00 WIB
5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis
caption

Risiko PHK membuat banyak orang mulai berpikir untuk memulai bisnis. Simak 5 hal penting seputar berbisnis yang harus kamu tahu!

1. Pikirkan Apa Kelebihanmu

Hal pertama yang harus kamu pikirkan saat akan memulai bisnis rumahan sendiri adalah dengan memikirkan apa kelebihan yang kamu miliki. Jika kamu memiliki keahlian di bidang skincare, tidak ada salahnya dengan mulai menjual produk-produk perawatan kulit sambil memberikan informasi seputar perawatan kulit. Jika kamu jago masak, tidak ada salahnya untuk mulai menjual masakanmu!

Hal pertama yang harus kamu pikirkan saat akan memulai bisnis rumahan sendiri adalah dengan memikirkan apa kelebihan yang kamu miliki.
Bisnis Rumahan/ Sumber: Freepik.com

2. Cari Partner yang Tepat

Tidak ada bisnis yang bisa jalan dengan sendirinya. Kamu akan membutuhkan partner. Setidaknya dalam menjalankan bisnis lebih baik dengan tujuan tertentu. Carilah seseorang yang memang dekat dan kamu tahu betul bahwa ia bisa menjalani bisnis ini denganmu. Sadari juga bahwa bisnis adalah bisnis. Kamu harus selalu mengedepankan itu meskipun kamu sedang bekerja sama dengan saudara atau sahabatmu sendiri.

3. Rancang Business Plan

Rencana bisnis tidak hanya diperlukan untuk pemula yang mencari pinjaman untuk modal bisnis. Alasan utama untuk membuat business plan adalah untuk mengetahui apakah ide bisnis kamu benar-benar berpeluang menjadi sukses. Beberapa hal yang kamu harus rangkum dalam business plan kamu antara lain:

  • Ringkasan eksekutif dari ide bisnis
  • Riset pasar sasaran dan persaingan
  • Deskripsi tentang pelanggan ideal
  • Strategi pemasaran
  • Perencanaan keuangan
  • Rencana operasi bisnis
Alasan utama untuk membuat business plan adalah untuk mengetahui apakah ide bisnis kamu benar-benar berpeluang menjadi sukses.
Rencana Bisnis/ Sumber: Freepik.com

4. Buat Timeline

Setelah merancang rencana bisnis, kamu juga harus membuat timeline untuk mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan dan kapan waktunya. Dengan begitu, semua rancangan bisnis kamu akan menjadi lebih terukur. Kamu juga bisa melatih diri agar menjadi lebih disiplin dalam mengejar target usaha ini.

5. Konsisten

Terakhir, sadari bahwa tidak semua bisnis akan memperlihatkan hasil yang besar di awal. Syukuri tiap profit yang kamu dapatkan meskipun kecil. Hal yang dibutuhkan untuk bisa mengembangkan usaha adalah konsistensi dan komitmen yang kuat. Inilah yang tidak dimiliki semua orang. Mereka yang sukses adalah mereka yang terus berusaha untuk berjalan maju meskipun banyak halangan dan rintangan menghadang.

Syukuri tiap profit yang kamu dapatkan meskipun kecil. Yang dibutuhkan untuk bisa mengembangkan usaha adalah konsistensi dan komitmen yang kuat.
Bisnis Rumahan/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang berbisnis. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id