sign up SIGN UP

LIFE

Tanpa Keluar Rumah, 5 Ide Usaha Ini Masih Bisa Bertahan di Tengah Pandemi

Izzul Millati Umami | Minggu, 20 Sep 2020 12:00 WIB
Tanpa Keluar Rumah, 5 Ide Usaha Ini Masih Bisa Bertahan di Tengah Pandemi
caption
Jakarta -

Ladies, pandemi mengubah banyak aspek kehidupan manusia termasuk perekonomian. Banyak tempat usaha yang tutup, perusahaan bangkrut, dan karyawan yang di PHK. Meski banyak yang down dan sempat terpuruk. Nyatanya, masyarakat mulai mencari ide bisnis lain yang bisa membuatnya bertahan di tengah pandemi.

Salah satu inovasi bisnis yang sedang giat dijalankan masyarakat adalah bisnis rumahan. Yups, bisnis rumahan mudah dijalankan karena tak banyak mengeluarkan modal, dan tak terikat aturan. Pemasaran via online alias media sosial juga menjadi penunjang utama dalam menjalankan usaha ini. Berikut 5 ide usaha yang masih bertahan di tengah pandemi:

Usaha Shipping

Shipping
Shipping/sumber:pixabay.com

Ladies, usaha shipping alias jasa pengantaran (ekspedisi) merupakan ide bisnis yang masih bertahan hingga saat ini. Sejak pandemi merebak, pembelian via online makin meningkat.  Banyak usaha shipping yang menerapkan protokol kesehatan ketat seperti penjemputan paket melalui aplikasi dan pembayaran dilakukan secara non tunai, demi meminimalisasi penularan virus.

Budidaya Tanaman Hidroponik

Tanaman Hidroponik
Tanaman Hidroponik/sumber:pixabay.com

Dampak positif pandemi juga banyak menyebabkan masyarakat mulai sadar untuk menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan kebiasaan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan organik. Ternyata, tren ini dimanfaatkan sebagai peluang bisnis oleh sebagian masyarakat. Selain tak membutuhkan lahan yang luas dan metode budidaya tanaman yang mudah, bisnis ini juga menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Tertarik mencoba?

Jualan Pandemic Item

Jualan Pandemic Item
Jualan Pandemic Item/sumber:pixabay.com

Ladies, pandemi mewajibkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan diantaranya memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan hand sanitizer. Nah, permintaan konsumen terhadap pembelian masker kain, hand sanitizer, bahkan sarung tangan semakin meningkat. Tentu, ini bisa jadi inspirasi ide usaha. Ladies, bisa menyediakan berbagai macam produk pandemic item ini dengan berbagai variasi produk menarik, dijamin konsumen akan tertarik.

Jualan Produk Frozen Food

Frozen food
Frozen food/sumber:pixabay.com

Produk frozen makin diminati masyarakat. Selain rasanya yang enak, produk ini juga praktis dan mudah dimasak. Tren ini bisa dijadikan ide inspirasi bisnis yang menjanjikan karena bisa dijalankan di rumah, dan tak memakan banyak tenaga. Keuntungan fantastis juga bisa diperoleh dari berjualan produk frozen food.


Budidaya Lele

Budidaya Lele
Budidaya Lele/sumber:pixabay.com

Kenapa harus lele? Mungkin itu pertanyaan, ladies. Yups, ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah dibudidayakan. Selain itu, budidaya ikan lele tak membutuhkan kolam atau lahan yang luas karena juga bisa dibudidayakan di ember di rumah. Jangan salah ladies, di tengah pandemi ini banyak yang menjadi pebisnis budidaya lele dadakan, loh. Nah, budidaya lele ini bisa dijadikan sebagai solusi untuk bertahan di tengah pandemi, tetap produktif, dan menghasilkan nilai ekonomi, pastinya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id