sign up SIGN UP

LIFE

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Menjadi Korban PHK

Rumaysha Milhania | Minggu, 11 Oct 2020 08:30 WIB
5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Menjadi Korban PHK
caption
Jakarta -

Kondisi ekonomi yang menurun menyebabkan PHK besar-besaran oleh beberapa perusahaan. Dilansir dari incharge.org ini yang harus kamu lakukan jika kamu adalah salah satu yang terkena PHK.

Minta "Surat Pemutusan Hubungan Kerja" dari HRD

Dengan asumsi pekerjaanmu telah dihilangkan karena alasan di luar dari dirimu, baik itu restrukturisasi, kondisi ekonomi, merger, pembelian perusahaan, relokasi, dan sebagainya, surat pemberhentian yang menjelaskan keadaanmu (dan calon pemberi kerja) akan menjadi bagian penting untuk kamu dapat mencari kerja lagi. Bacalah dengan seksama ketentuan mengenai mekanisme PHK untuk menghindari kesalahan atau kelalaian. Jika surat tersebut mendapatkan rincian penting yang berkaitan dengan detail yang salah, jangan ragu untuk menunjukkannya dan meminta revisi dengan sopan.


Bacalah dengan seksama ketentuan mengenai mekanisme PHK untuk menghindari kesalahan atau kelalaian.
PHK Karyawan/ Sumber: Freepik.com

Tanyakan Tentang Manfaat Asuransi Kesehatan

Setelah PHK, berapa lama kamu masih mendapatkan perlindungan dari rencana asuransi kesehatan yang disponsori perusahaan. Ini umumnya bergantung pada berapa lama premi asuransimu yang telah dibayarkan. Biasanya, para pemberi kerja akan membayar satu bulan di muka, yang merupakan kabar baik bagi mereka yang di-PHK di awal bulan. Apalagi mengingat di masa pandemi ini, asuransi kesehatan menjadi bagian penting yang tidak boleh disepelekan.

Periksa Gaji Terakhirmu

Bergantung pada keadaan dan kondisi perusahaan saat melakukan PHK, kamu mungkin akan menerima gaji terakhir pada hari yang sama saat kamu resmi diberhentikan dari perusahaan. Pastikan jumlahnya benar, dan semua potongan sudah sesuai. Saat kamu melakukannya, keluarkan buku pegangan karyawan untuk mengetahui bagaimana perusahaan memperlakukan liburan / hari sakit yang tidak digunakan atau cuti berbayar yang masih tersisa.

Bergantung pada keadaan dan kondisi perusahaan saat melakukan PHK, kamu mungkin akan menerima gaji terakhir pada hari yang sama saat kamu resmi diberhentikan dari perusahaan.
PHK Saat Pandemi/ Sumber: Freepik.com

Pahami Aturan Pesangon

PHK yang dilakukan sepihak oleh perusahaan umumnya akan menjamin uang pesangon untuk karyawan yang diberhentikan. Pahami betul aturan dan ketentuan dari pesangon yang akan kamu terima. Pastikan untuk selalu meninjau detailnya dengan cermat. Berkonsultasilah dengan pengacara yang berspesialisasi dalam hukum ketenagakerjaan jika kamu menduga paket tersebut tidak memenuhi standar industri.

Daftarkan Diri untuk Program Pra-Kerja

Pemerintah Republik Indonesia sendiri memiliki program pra kerja yang dapat menjadi alternatif para pencari kerja dan korban PHK untuk bisa mendapatkan fasilitas penunjang keterampilan kerja. Tidak ada salahnya bukan untuk mencoba program ini?

Pemerintah Republik Indonesia sendiri memiliki program pra kerja yang dapat menjadi alternatif para pencari kerja dan korban PHK untuk bisa mendapatkan fasilitas penunjang keterampilan kerja.
PHK Pekerja/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat mendapati bahwa dirimu di-PHK. Segera perbarui profilmu di LinkedIn and CV untuk bersiap mencari pekerjaan baru.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id