Resign Kerja? Begini 6 Caranya Agar Kamu Terlihat Profesional!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Sabtu, 08 May 2021 18:15 WIB
Resign Kerja? Begini 6 Caranya Agar Kamu Terlihat Profesional!
Foto: Ilustrasi Wanita Karir/Freepik.com

Ladies, adakah di antara kamu yang tengah merencanakan untuk resign kerja? Memutuskan untuk berhenti kerja menjadi keputusan besar yang harus kamu pertimbangkan dengan matang. Apapun alasan kamu resign, ada etika dan adab yang harus dilakukan lho.

Nah, agar tetap terlihat profesional harus memerhatikan cara resign kerja yang baik. Penasaran apa sajakah tipsnya? Yuk cari tahu lewat artikel berikut!

1. One Month Notice

Melakukan one month notice saat resign.
Cara Resign yang Profesional/sumber: freepik.com/

Memberi tahu HRD ataupun atasan tentang keputusan mengundurkan diri dari pekerjaan jauh-jauh hari sebaiknya kamu lakukan, Ladies. Mengatakan ingin resign secara mendadak enggak dianjurkan lho. Untuk itu ada istilah 'one month notice' yang berarti pemberitahuan satu bulan sebelumnya.

Pemberitahuan satu bulan sebelum resmi resign ideal dilakukan agar perusahaan bisa memiliki waktu yang cukup mencari karyawan baru sebagai pengganti kamu. Selain itu, jangka waktu sebulan ini juga bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan tanggung jawab sebagai karyawan di perusahaan.

2. Selesaikan Pekerjaan dan Kewajiban

Menyelesaikan pekerjaan dan kewajiban sebelum resmi resign.
Cara Resign yang Profesional/sumber: freepik.com/

Next, seperti yang telah disinggung sebelumnya, cara resign kerja yang baik adalah menyelesaikan tugas dan kewajiban. Selama bekerja di perusahaan tentu kamu memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan sebelum resmi keluar. Nah, jangka waktu sebulan tadi bisa kamu manfaatkan untuk melakukannya.

Selain menyelesaikan berbagai tanggung jawab sebagai karyawan, kamu juga memiliki waktu yang cukup untuk menata berkas dan juga keperluan, Ladies. Langkah ini dilakukan untuk membantu perusahaan dan karyawan baru nantinya agar mudah mengakses pekerjaan yang resmi kamu tinggalkan.

3. Tetap Jaga Performa Kerja

Mengerjakan tugas kerja sebaik mungkin.
Cara Resign yang Profesional/sumber: freepik.com

Setelah kamu mendapatkan persetujuan untuk resign dan menjalani hari-hari terakhir di perusahaan, pastikan kalau performa kerja kamu tetap sama. Cara resign kerja yang baik ini menunjukkan profesionalitas kamu sebagai karyawan lho.

Kamu harus tetap menunjukkan semangat kerja dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik seperti biasanya. Selain terlihat profesional, kamu akan meninggalkan kesan baik di mata perusahaan.

4. Tetap Bersikap Baik dan Sopan

Tetap bersikap baik dan sopan selama bekerja.
Cara Resign yang Profesional/sumber: freepik.com/

Selain menjaga profesionalitas kerja dengan menunjukkan perfoma yang baik, kamu juga harus tetap menjaga sikap, Ladies. Jangan sampai karena akan segera keluar dari perusahaan sikap kamu berubah semaunya. Sebaiknya tetap bersikap baik dan juga sopan terlepas dari apapun alasan yang membuat kamu memilih resign.

Cara resign kerja yang baik ini membuat kamu meninggalkan kesan baik di mata perusahaan dan juga karyawan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menjaga nama baik diri sendiri saat memilih tetap melakukan sikap yang baik.

[Gambas:Instagram]

5. Membantu Latih Pengganti

Membantu melatih pengganti sebelum resign.
Cara Resign yang Profesional/sumber: freepik.com/

Setelah memberitahu perusahaan akan keputusan resign, terkadang akan ada momen di mana mereka telah menemukan pengganti kamu dengan cepat, Ladies. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Kamu bisa menawarkan diri untuk membantu karyawan baru mengenal deskripsi tugas yang harus dikerjakan.

Meskipun enggak sampai tingkat mahir, keputusan melatih karyawan baru pengganti kamu bisa menjadi poin plus di mata perusahaan. Kamu akan meninggalkan kesan baik dan juga profesional saat melakukannya.

Jangan Lupa Berpamitan

Berpamitan dengan rekan kerja.
Cara Resign yang Profesional/sumber: freepik.com/

Last but not least, tak hanya berpamitan dengan perusahaan, HRD, ataupun atasan, kamu disarankan untuk pamit ke rekan kerja yang lain. Terlepas dari bagaimana pun hubungan kamu dengan rekan kerja, cara resign kerja yang baik ini akan membantu kamu meninggalkan kesan baik di mata mereka.

Selain itu, kesempatan ini juga bisa kamu gunakan untuk berterima kasih sekaligus permintaan maaf kepada mereka. Lewat momen ini pula kamu dapat mengucapkan salam perpisahan dengan mereka karena nantinya tak lagi satu kantor yang sama seperti sebelumnya.

(kik/kik)
CERITA YUK!
Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Theme of The Month :

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.