sign up SIGN UP

Deadline Numpuk? Coba Terapkan Cara Ini Biar Gak Burnout

Fahira mahza | Rabu, 19 May 2021 13:30 WIB
Deadline Numpuk? Coba Terapkan Cara Ini Biar Gak Burnout
caption

Deadline merupakan hal yang paling dihindari oleh banyak orang baik pelajar hingga pekerja. Terkadang deadline menjadi momok menakutkan karena menguras tenaga dan pikiran. Apalagi jika pekerjanmu seringkali memberi tenggat waktu yang singkat dalam penyelesaian.

Kebanyakan orang kesulitan mengatur waktu dalam menyelesaikan deadline pekerjaan tersebut, sehingga berdampak pada stamina dan pikiran. Tak jarang banyak yang memangkas waktu istirahatnya karena deadline yang tak kunjung usai.

Namun hal tersebut tentunya merupakan kebiasaan yang tidak baik. Jangan sampai waktu bekerja dan istirahat kamu campur aduk karena akan membuatmu kesulitan sendiri. Untuk mengatasi deadline cobalah terapkan hal-hal berikut ini!

Membuat Pengelompokan Tugas

Membuat Pengelompokkan Tugas
Membuat Pengelompokkan Tugas/foto: freepik.com

Untuk memudahkan kamu dalam menyelesaikan tugas yang sudah mendekati deadline, kamu dapat mengelompokan tugasmu agar lebih mudah dikerjakan. Kamu dapat mengelompokan tugas berdasarkan tingkat kesulitan dari setiap tugas atau tenggat waktu tercepat dari tugas yang kamu miliki, sehingga kamu dapat dengan mudah memilih tugas mana yang akan kamu kerjakan. 

Fokus pada Tugas yang Dikerjakan 

Fokus pada Tugas yang Dikerjakan
Fokus pada Tugas yang Dikerjakan/foto: freepik.com

Kunci tugas kamu akan cepat selesai adalah ketika kamu dapat fokus dalam mengerjakan setiap tugas yang kamu miliki. Ketika kamu sudah fokus dalam mengerjakan tugas dan selalu berkonsentrasi dalam pengerjaan tugas, maka tugas yang kamu kerjakan akan cepat selesai. Karena ketika kamu fokus, pikiranmu hanya tertuju pada tugas yang kamu kerjakan di hadapanmu. Dengan begitu, tugasmu akan cepat selesai. 

Membuat Perkiraan Waktu dalam Menyelesaikan Tugas

Membuat Perkiraan Waktu dalam Menyelesaikan Tugas
Membuat Perkiraan Waktu dalam Menyelesaikan Tugas/foto: freepik.com

Ketika kamu sudah fokus dalam mengerjakan tugas, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat perkiraan waktu dalam menyelesaikan setiap tugas. Misalnya kamu memiliki 5 tugas dengan deadline yang berdekatan, maka kamu harus membuat perkiraan waktu untuk menyelesaikan 5 tugas tersebut

Misal untuk menyelesaikan 1 tugas, kamu memperkirakan harus selesai dalam waktu 2 jam. Untuk itu, sebisa mungkin sebelum waktu 2 jam tersebut, tugasmu harus sudah selesai. Hal ini dapat dilakukan ketika kamu fokus dan berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas tersebut. 

Tetap Rileks

Tetap Rileks
Tetap Rileks/foto: freepik.com

 

Ketika kamu dihadapkan pada deadline tugas yang menumpuk, kamu harus tetap rileks dalam mengerjakan setiap deadline tugas. Karena ketika kamu mengerjakan dalam keadaan tergesa-gesa, maka kamu akan mengalami kepanikan yang akan membuatmu sulit untuk memikirkan penyelesaian dari tugasmu. Untuk itu, kamu harus tetap rileks dalam mengerjakan setiap tugas. 

Melakukan Peregangan Setiap Menyelesaikan Tugas

Melakukan Peregangan Setiap Menyelesaikan Tugas
Melakukan Peregangan Setiap Menyelesaikan Tugas/foto: freepik.com

Setelah menyelesaikan 1 tugas, ada baiknya kamu melakukan peregangan terhadap tubuhmu dan memberikan waktu istirahat kepadamu tubuhmu. Hal ini agar kamu dapat berkonsentrasi dalam menyelesaikan tugas selanjutnya dan agar tubuhmu tetap bugar. Serta, agar otakmu dapat beristirahat sejenak sehingga untuk tugas selanjutnya dapat berpikir dengan lancar. 

Nah, itu merupakan beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika dihadapkan pada deadline tugas yang menumpuk. Semangat Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id