sign up SIGN UP

Dapat Panggilan Interview dari HRD? Ini 5 Tips Agar Wawancara Kamu Lancar!

Anindya Milagsita | Senin, 15 Mar 2021 10:00 WIB
Dapat Panggilan Interview dari HRD? Ini 5 Tips Agar Wawancara Kamu Lancar!
caption

Pandemi covid-19 saat ini ternyata juga berpengaruh terhadap cara perusahaan dalam merekrut karyawan baru, Ladies. Kalau biasanya proses recruitment dilakukan dengan wawancara tatap muka, kini dilakukan melalui daring.

Meskipun wawancara kerja dilakukan secara online, ada berbagai persiapan yang harus kamu lakukan agar dapat meraih pekerjaan impian. Kamu bisa lakukan berbagai tips wawancara online berikut agar bisa berjalan dengan lancar. Simak tipsnya lewat artikel berikut yuk!

1. Pelajari Seluk Beluk Perusahaan

Mempelajari seluk beluk perusahaan sebagai bekal wawancara online.
Tips Interview Online/sumber: freepik.com/

Sebelum melangsungkan sesi interview online bersama dengan HRD, tips wawancara online pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengenal lebih dalam tentang perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan. Hal ini dilakukan karena biasanya, recuriter seringkali memberikan pertanyaan seputar perusahaan lho.

Selain itu, dengan mengenal seluk beluk perusahaan juga membuat kamu lebih kaya informasi dan punya modal dasar untuk menyelaraskan kemampuan apa yang kamu miliki dengan apa yang dibutuhkan perusahaan. 

2. Bikin List Pertanyaan

Membuat list pertanyaan untuk mempersiapkan wawancara online.
Tips Interview Online/sumber: freepik.com/

Setelah kamu mengenal calon perusahaan yang akan merekrut kamu sebagai karyawannya, kamu juga bisa mempersiapkan diri secara lebih matang dengan membuat list pertanyaan. Tips wawancara online yang satu ini seringkali disepelekan, Ladies.

Padahal dengan kamu menyusun daftar pertanyaan yang sekiranya muncul atau ditanyakan oleh HRD nantinya, bisa memudahkan kamu dalam menjawab. Cara ini sekaligus membuat kamu terhindar dari jawaban yang cenderung bertele-tele lho.

3. Tetap Tampil Rapi

Tetap memakai pakaian yang rapi saat melakukan wawancara secara online.
Tips Interview Online/sumber: freepik.com/

Interview online kini bisa dilakukan di mana saja, salah satunya adalah rumah atau bahkan di dalam kamar kamu lho. Meskipun posisi kamu saat wawancara kerja tengah berada di rumah, pastikan tetap berpenampilan rapi ya, Ladies. Kamu bisa memakai busana yang kasual tapi tetap profesional.

Hal ini dilakukan untuk memberikan first impression atau kesan pertama kali yang baik di mata HRD maupun recruiter. Selain itu, dengan memakai pakaian yang rapi kamu juga mampu menonjolkan sikap profesional sebagai calon pegawai yang akan direkrut.

4. Persiapan 15-30 Menit Sebelum Mulai

Bersiap sekitar 15-30 menit sebelum wawancara berlangsung.
Tips Interview Online/sumber: freepik.com/

Nah, tips interview online selanjutnya yang seringkali disepelekan adalah dengan mempersiapkan diri selama kisaran 15-30 menit sebelum wawancara berlangsung. Saat kamu dalam keadaan siap di depan laptop buat melakukan wawancara online dengan waktu tersisa yang cukup, kamu masih memiliki kesempatan untuk menenangkan diri dari rasa grogi, Ladies.

Berbeda kalau kamu dalam kondisi terburu-buru dan mempersiapkan diri pada saat waktu yang mepet, bisa-bisa konsentrasi kamu buyar. Waktu 15-30 menit ini juga bisa kamu gunakan untuk mengecek kondisi sinyal internet dan juga audio yang digunakan nantinya.

5. Berdoa dan Berpikir Positif

Tetap berdoa dan berpikiran positif setelah sesi interview berakhir.
Tips Interview Online/sumber: freepik.com/

Last but not least, setelah sesi interview online kamu berakhir waktunya menerapkan tips yang satu ini, Ladies. Tips wawancara online yang enggak boleh dilewatkan adalah tetap berdoa dan selalu berpikiran positif.

Mulai dari persiapan sampai tiba saatnya untuk wawancara, kamu udah berusaha yang terbaik. Waktunya untuk tetap berdoa agar hasil yang kamu dapatkan sesuai harapan. Selalu berpikir positif juga wajib ditanamkan lho. Hal ini dilakukan agar kamu tetap semangat dalam meraih impian mendapat pekerjaan yang sesuai keinginan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id