sign up SIGN UP

LIFE

Dikit-dikit Izin Sakit, Waspadai 5 Tanda Kamu Mengalami Stres di Tempat Kerja

Dian Purnamasari | Kamis, 10 Jun 2021 10:00 WIB
Dikit-dikit Izin Sakit, Waspadai 5 Tanda Kamu Mengalami Stres di Tempat Kerja
Foto: stres di tempat kerja/pexels.com/migrain

Beberapa waktu lalu sebuah video viral di media sosial, yang berisi seorang pria mengemukakan pernyataannya tentang karyawan yang dikit-dikit izin sakit. Menurutnya, karyawan yang dikit-dikit izin sakit biasanya tidak benar-benar sakit tapi hanya ingin menyabotase bisnis kita.

Ia juga menambahkan, bila ada anak buahnya yang sakit maka ia akan langsung bertanya “Bisa bangun gak? Bisa, bisa jalan gak? Bisa, bisa makan gak? Bisa, bisa naik motor gak? Bisa. Berarti bisa ke kantor.” Hemmm…. gimana nih menurut kamu, Ladies?

Sebenarnya, karyawan yang sakit punya hak untuk izin istirahat. Hal ini juga telah tercantum dalam UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Jadi jika kamu sedang sakit, jangan takut untuk mengajukan izin sakit ya. Selain itu kamu juga perlu waspada, jika kamu dikit-dikit sakit, bisa jadi kamu mengalami stres di tempat kerja, Ladies.

Jam kerja yang berlebih, dikejar deadline, rekan kerja dan atasan yang toxic bisa menjadi pemicu kamu mengalami stres di tempat kerja. Stres di tempat kerja yang tidak bisa lagi diatasi akan memengaruhi kesehatan fisik dan psikis.

Perlu untuk kamu menyadari tanda-tanda ini, agar stres yang kamu rasakan tidak berkepanjangan dan kamu juga bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Berikut tanda-tanda kamu mengalami stres di tempat kerja:

1. Mengalami Gangguan Pencernaan

gangguan pencernaan
Source: pexels.com/gangguan pencernaan

Stres dapat memperlambat pengosongan makanan dari perut, yang menyebabkan perut jadi penuh gas dan jadi kembung. Bahkan bisa terjadi kontraksi usus yang menyebabkan kram perut dan juga diare.

2. Asam Lambung Naik

asam lambung naik
Source: pexels.com/asam lambung naik

Dilansir dari Detik Health, faktor yang lebih kompleks lagi memacu produksi asam lambung adalah stress. 

"Tidak heran orang-orang sakit mag yang berulang-ulang salah satu faktor stres mesti diingat, baik disadari maupun tidak disadari," kata dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang.

Stres dapat menyebabkan perubahan pada otak yang memicu reseptor rasa sakit, sehingga seseorang menjadi lebih sensitif dengan sedikit peningkatan kadar asam. Stres juga dapat menguras produksi zat prostaglandin, yang bertugas melindungi perut dari efek asam. Hal ini akhirnya dapat meningkatkan persepsi seseorang tentang rasa tidak nyaman.

3. Migrain

migrain
Source: pexels.com/migrain

Sudah pasti stres dapat meningkatkan ketegangan otot, yang jika terjadi dalam jangka panjang akan menyebabkan migrain dan nyeri kronis lainnya.

4. Gangguan Tidur

gangguan tidur
Source: pexels.com/gangguan tidur

Tanda yang paling sering terjadi jika kamu mengalami stres adalah adanya gangguan tidur atau insomnia. Ini terjadi karena kamu terlalu banyak pikiran dan takut menghadapi hal-hal yang akan terjadi esok hari. Gangguan tidur dapat berdampak buruk pada performa kerja kamu di kantor.

5. Perubahan Suasana Hati

perubahan suasana hati
Source: pexels.com/perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati secara mendadak bisa juga menjadi tanda kamu mengalami stres di tempat kerja. Perubahan suasana hati ini adalah sesuatu yang wajar terjadi, tapi jika terjadi secara tiba-tiba dan sering, maka kamu perlu melihat kembali apakah kamu sedang mengalami stres di tempat kerja?

Jika kelima hal tersebut terjadi padamu, jangan ragu untuk ceritakan masalahmu pada seseorang yang kamu percaya dan kamu anggap dapat membantu. Seseorang tersebut bisa saja temanmu, HRD, atau orang tua. Jika kamu merasa tidak bisa lagi mengatasi stes di tempat kerjamu saat ini, mungkin ini saatnya kamu mulai memikirkan untuk resign dan mencari pekerjaan baru.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id