sign up SIGN UP

Duh, 5 Pekerjaan Ini Benar-benar Terancam Digantikan oleh Robot! Sudah Siap Alih Profesi?

Rini Apriliani | Sabtu, 16 Oct 2021 09:30 WIB
Duh, 5 Pekerjaan Ini Benar-benar Terancam Digantikan oleh Robot! Sudah Siap Alih Profesi?
caption
Jakarta -

Kemajuan teknologi dari masa ke masa mendatangkan banyak perubahan. Jika dahulu rasanya ini itu serba sulit, kini sudah semakin dipermudah dengan adanya kemajuan teknologi ini. 

Seperti halnya dalam dunia kerja. Jika dahulu kita membutuhkan banyak orang untuk mengerjakan pekerjaan tersebut agar maksimal, kini berkat kecanggihan teknologi, semuanya dapat teratasi hanya dengan satu solusi, yaitu kehadiran robot.

Profesi yang Terancam Digantikan RobotProfesi yang Terancam Digantikan Robot/ Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Hadirnya robot di tengah-tengah kita menjadi manfaat tersendiri. Apalagi dalam bidang pekerjaan. Sebab, robot dapat memangkas banyak ongkos produksi. Tentu saja ini menguntungkan banyak pelaku usaha bukan? 

Menurut analisis dari Oxford Economics, ada 20 juta pekerjaan manufaktur dunia yang tahun 2030 mendatang akan dikerjakan oleh robot. Wilayah yang rentan akan digantikan robot adalah pekerjaan dengan keterampilan rendah, ekonomi lemah, dan tingkat pengangguran lebih tinggi. 

Namun kali ini, kita akan membahas deretan pekerjaan yang paling dekat dengan kita, yang terancam digantikan oleh robot. Berikut deretannya, Beauties!

1. Waiters

WaitersWaiters/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Kemajuan teknologi benar-benar membawa pengaruh banyak dalam kehidupan. Waiters atau pelayan di restoran kini posisinya mulai terancam. 

Jika dahulu ia biasa mengantarkan menu, mencatat pesanan, hingga mengantar pesanan, kini jika dilihat dari beberapa restoran, hal tersebut sudah semakin berkurang. Kita dimudahkan dengan pesan menu hanya lewat QR Barcode, adanya ban berjalan yang siap mengantarkan menu ke konsumen. 

Tak hanya itu saja, ada juga beberapa restoran kini sudah mulai menggunakan pelayan robot. 

2. Kasir

KasirKasir/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Dalam sebuah pusat perbelanjaan tingkat kecil hingga besar seperti supermarket atau mall, kasir merupakan posisi yang krusial karena menyangkut soal uang dan transaksi. Namun sayangnya, posisi ini pun mulai terancam. 

Beberapa tempat perbelanjaan kini sudah mulai menerapkan toko tanpa kasir. Sehingga, saat seseorang membeli, maka ia sendirilah yang menyelesaikan transaksi hingga selesai. Sudah mulai banyak dilakukan, ke depannya tentu saja ini akan semakin banyak dilakukan.

3. Teller dan Pegawai Bank

Teller dan Pegawai BankTeller dan Pegawai Bank/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Smarthphone memberikan banyak kemudahan. Apapun saat ini sudah mudah hanya tinggal dengan satu klik. 

Kemajuan ini membuat profesi teller dan pegawai bank dapat terancam. Sebab, tanpa perlu ke bank kini masyarakat dapat dengan mudah melakukan transaksi hanya dengan smartphonenya.

4. Bartender

BartenderBartender/ Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Selain waiters, profesi bartender pun akan terancam. Dalam menciptakan minuman enak hingga resep minuman baru, kita tentu saja membutuhkan seorang bartender ini. Namun kini, sejumlah perusahaan sudah mulai mengganti bartender dengan sistem yang diprogram. 

Layanan seperti Briggo menggantikan manusia menjadi robot untuk membuat minuman baru. Sehingga, sosok bartender ini dapat tergantikan.

5. Operator Telepon, Telemarketer, dan Resepsionis

Customer ServiceCustomer Service/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Seperti yang dilansir dari CNBC Indonesia, profesi lain yang terancam digantikan oleh robot adalah operator telepon, telemarketer, dan resepsionis. 

Di masa mendatang, teknologi voice recognition akan semakin canggih. Hal ini akan digunakan oleh banyak perusahaan untuk menggantikan profesi tersebut.

Beauties, itu dia deretan profesi yang dekat dengan kita dan terancam akan digantikan oleh robot. Tentu saja sebelum hal ini beneran terjadi, kamu perlu untuk mempelajari skill lain yang bermanfaat. Agar, kamu dapat tetap berdiri dan mendatangkan banyak cuan dari profesi lain yang tak kalah bagusnya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id