sign up SIGN UP

Berkarier di Tengah Pandemi Bukan Mustahil, Simak Tips Sukses Berikut!

Anindya Milagsita | Kamis, 14 Oct 2021 13:30 WIB
Berkarier di Tengah Pandemi Bukan Mustahil, Simak Tips Sukses Berikut!
Memulai kembali karier di tengah pandemi bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai kiat agar raih kesuksesan. Simak caranya berikut! (Foto: freepik/lookstudio)
Jakarta -

Memulai kembali karier di tengah pandemi covid-19 tentu tak mudah dilakukan. Terlebih situasi pandemi yang serba sulit dan berdampak di berbagai sektor kehidupan membuat para pencari kerja pun harus ekstra matang mempersiapkan diri.

Baik itu seorang fresh graduate ataupun yang ingin kembali bekerja setelah sekian lama vakum, semua membutuhkan persiapan agar bisa meraih kesuksesan saat mencari pekerjaan. Jika kamu salah satunya, jangan khawatir, Beauties.

Ada sederet cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri dalam memulai karier kembali. Simak caranya lewat artikel berikut ini!

Bangun Portofolio

Menetapkan rencana karir.
Cara memulai kembali karir saat pandemi/freepik/jcomp

Bergerak maju ke depan dan menemukan cara buat memulai kembali berkarier menjadi salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk raih kesuksesan, Beauties. Nggak ada kata terlambat untuk melakukannya, lho. Seperti dikutip dari Forbes yang merilis sederet kiat dari anggota Young Entrepreneur Council untuk kamu yang ingin memulai kembali karier.

Menurut Thomas Griffin, bangun portofolio skill atau kemampuan seawal mungkin. Cara ini bisa menjadi sumber yang baik bagi kamu mempromosikan keahlian kepada perusahaan atau instansi yang dilamar nantinya.

Seperti saat kamu menyukai fotografi, bisa mengunggah hasil foto ke media sosial, atau buat yang suka menulis tunjukkan keterampilan kamu dengan membagikan hasil tulisan ke blog. Portofolio keahlian yang kuat bisa membantu kamu meraih pekerjaan impian.

Pelajari Industri yang Dipilih

Mempelajari industri karier yang akan dipilih.
Cara memulai kembali karier saat pandemi/freepik/freepik

Selanjutnya ada sosok Jared Atchison yang memberikan saran untuk mempelajari industri yang akan ditekuni sejak awal. Lewat cara ini kamu bisa mempersiapkan diri agar dapat menghadapi realitas yang ada di perusahaan atau instansi tempat bekerja nantinya. Meskipun nggak ada yang pasti dan belum tentu sama persis, setidaknya dengan kamu mempelajarinya akan memiliki bayangan ke depannya.

Temukan Mentor

Menemukan mentor untuk bisa membantu sharing pengalaman.
Cara memulai kembali karier saat pandemi/freepik/lookstudio

Pernahkah kamu berada di posisi bingung dan khawatir soal perubahan yang akan terjadi di masa mendatang? Terlebih di dunia kerja yang akan ditekuni di masa depan. Perasaan ini wajar terjadi, kok, kamu pun nggak perlu merasa bersalah pada diri sendiri. Seperti yang disarankan oleh Stephanie Wells, jangan ragu untuk berbicara kepada mentor atau orang yang lebih berpengalaman.

Hal ini membantu kamu untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas terkait bidang karier yang akan ditekuni. Jangan ragu juga untuk mencari tahu bidang lain di luar keinginan kamu, ya. Semakin banyak cerita yang didapatkan dari mentor atau orang berpengalaman, kamu pun bisa mempelajarinya sekaligus mempersiapkan diri lebih matang.

Selalu Terbuka dan Fleksibel

Selalu terbuka dan flesibel terhadap karier.
Cara memulai kembali karier saat pandemi/freepik/freepik

Anggota Young Entrepreneur Council lain yang bernama Codie Sanchez justru menyarankan agar kamu lebih terbuka dan fleksibel saat memilih jalan karier, Beauties. Nggak ada yang tahu perubahan apa yang terjadi dari sekarang hingga setahun atau lima tahun mendatang. 

Saat kamu melihat peluang pekerjaan dan merasa sesuai dengan kemampuan, jangan ragu untuk mencoba. Hal ini karena kamu tidak akan pernah tahu hal baik apa yang akan datang, jika tak memulai dengan mencoba. Lewat Google, Facebook, bahkan LinkedIn kamu bisa menemukan berbagai peluang pekerjaan yang bisa ditekuni untuk masa depan.

Jangan Berhenti Belajar

Jangan berhenti untuk belajar.
Cara memulai kembali karier saat pandemi/freepik/pressfoto

Saat kamu lulus dari sekolah ataupun kuliah, bukan berarti kamu juga harus berhenti belajar. Sebaliknya, kamu disarankan untuk terus belajar agar bisa mengembangkan lagi skill yang dimiliki. Ini sama seperti yang diungkap oleh anggota Young Entrepreneur Council bernama Nic DeAngelo.

Menjadi seorang ahli di bidang karier yang akan ditekuni membuat kamu harus terus belajar dan evaluasi setiap saat. Pastikan untuk meluangkan waktu dengan belajar, baik itu yang bisa mendukung karier ataupun di luar bidang itu. Kalau terus menerus belajar untuk meningkatkan kualitas diri, kamu pun akan berkembang lebih dari apa yang dibayangkan, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id