sign up SIGN UP

LIFE

Gak Usah Ragu, Ambil Cuti Jika Tanda-tanda Ini Muncul Pada Dirimu

Penny Fatikasari | Jumat, 17 Jul 2020 20:00 WIB
Gak Usah Ragu, Ambil Cuti Jika Tanda-tanda Ini Muncul Pada Dirimu
caption
Jakarta -

Hidupmu mulai merasa lelah dan penat dengan seabrek kerjaan di kantor? Jangan porsir dirimu sehingga kamu menjadi stres dan mudah emosi. Jika kamu mengalami tanda-tanda ini, saatnya kamu perlu ambil waktu untuk cuti dan segera memanjakan diri.

Bekerja Terus-Menerus Hingga Lupa Istirahat

bekerja terus-menerus
Bekerja Terus-menerus Sehingga Lupa Istirahat/Freepik.com

Deadline akan kerjaan menghambat dirimu untuk beristirahat dan bersenang-senang, entah karena keasikan bekerja atau kamu terlalu fokus dengan kerjaan. Padahal kerjaan tersebut masih bisa kamu selesaikan keesokan harinya tanpa harus memaksa dirimu untuk bekerja. Tanpa disadari kamu akan menjadi mudah marah bahkan lupa untuk beristirahat padahal tubuhmu sudah mulai lelah. Nah, waspadai hal ini karena tanpa disadari penyakit bisa datang menghampiri.


Coba luangkan waktumu sejenak untuk mengecek kalender dan aplikasi travel yang dapat membantu menenangkan diri dan pikiranmu. Nggak ada salahnya kan jika kamu mengambil waktu untuk cuti dan piknik untuk menenangkan diri? Coba pikirkan kembali, kapan terakhir kali dirimu liburan dan merileksasikan diri. Jika sudah sangat lama, ayo manjakan dirimu karena hidupmu nggak selamanya terpaku akan urusan kantor. Coba berikan sedikit waktumu kepada keluarga, sahabat maupun orang terkasih yang pastinya akan merindukan keceriaan dari dirimu.

Mulai Lelah di Tempat Kerja

Mulai lelah di tempat kerja
Mulai Lelah di Tempat Kerja/Freepik.com

Jika pikiran, hati dan tubuhmu mulai merasa penat dan lelah, hal ini menunjukan kamu perlu untuk mengambil cuti. Jangan terus-menerus memaksakan diri jika kamu mulai merasa lelah, kamu juga perlu mengatur batasan terhadap dirimu ketika melakukan sebuah pekerjaan. Jika kamu sering melakukan kesalahan di tempat kerja terkait pekerjaan yang kamu lakukan, kurang fokus dan kamu kurang merasakan hasil maksimal ketika bekerja, hal itu bisa menunjukan bahwa kamu perlu beristirahat dan mengambil waktu cuti sejenak.

Percayalah ketika kamu pergi untuk liburan bahkan memanjakan diri, pikiranmu akan kembali lebih rileks dan dapat kembali mengerjakan pekerjaan kantor mu menjadi lebih baik. Cobain, yuk!

Menjadi Lebih Sensitif

Lebih sensitif
Menjadi Lebih Sensitif/Freepik.com

Merasa kurang produktif di tempat kerja terkadang kamu menjadi baper dan sensitif terhadap hal-hal kecil. Enggak hanya itu, kamu pun akan menjadi mudah tersinggung dan mudah marah, padahal tak biasanya kamu menjadi seperti demikian. Jika kamu sudah menunjukan tanda-tanda ini ke lingkungan di sekitarmu, sebaiknya kamu mencoba menjauh sejenak dari hal yang membebani hati dan pikiranmu. Supaya kembali good mood, cobalah tentukan waktu yang cocok untuk menentukan destinasi tujuanmu untuk membantu menenangkan diri agar suasana hatimu kembali bahagia.

Semangat Kerja Menurun

Semangat kerja menurun
Semangat Kerja Menurun/Freepik.com

Ketika dihadapkan dengan beragam aktivitas maupun deadline tugas pekerjaan, kamu justru berubah menjadi malas dan tak semangat untuk mengerjakannya. Padahal biasanya kamu selalu membabat habis pekerjaanmu dengan tepat waktu atau dengan caramu sendiri. Namun kali ini kamu tak bisa mengontrol semangat dan kerjaanmu, sehingga kondisi fisik dan kesehatanmu menjadi menurun.

Bisa jadi kamu mulai lelah dengan pekerjaan dan kamu perlu untuk beristirahat. Cobalah ambil waktu untuk menenangkan diri maupun beristirahat. Ingat, kesehatan akan dirimu begitu mahal harganya!

Menghindari Stres dengan Cara yang Salah

Menghindari stres
Menghindari Stres dengan Cara yang Salah/Freepik.com

Setelah pulang dari tempat kerja kamu mencoba mencari cara agar penat dan stresmu hilang. Padahal setelah seharian bekerja kamu perlu waktu cukup untuk beristirahat dan melupakan sejenak pekerjaan di tempat kerja. Bukannya beristirahat, kamu justru menonton serial hingga larut malam. Alhasil waktu istirahatmu menjadi singkat. Enggak hanya itu, kamu pun lebih memilih memainkan game atau berselancar di sosial media tanpa ingat waktu.

Alangkah lebih bak kamu mempersiapkan waktu khusus yang bisa digunakan ekstra untuk menghindari stres dengan cara yang sehat dan membuat dirimu kembali menjadi fit dan bahagia.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id