sign up SIGN UP

Ide Cuan Tambahan! Ini Kiat Cerdas Memulai Bisnis Preloved

Rayoga Firdaus | Minggu, 08 Aug 2021 14:00 WIB
Ide Cuan Tambahan! Ini Kiat Cerdas Memulai Bisnis Preloved
caption
Jakarta -

Semenjak pandemi COVID-19 salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan yang kembali menjadi tren adalah berbisnis preloved. Dari mulai pakaian, tas branded, sampai produk kecantikan! Dari sisi penjual bisnis preloved mudah dilakukan karena tidak perlu repot mencari barang dan ditambah dengan banyaknya pilihan marketplace kian memperbesar jangkauan konsumen. Sementara bagi konsumen bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga miring dengan kualitas yang masih layak adalah kepuasan tersendiri sekaligus langkah penghematan yang tepat.
Namun semakin kompetitifnya persaingan tak lantas membuat kamu Beauties yang berniat untuk mencobanya patah semangat. Berikut sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menekuni bisnis preloved.

Jual Barang dengan Kondisi Masih Layak Pakai

Shop for clothing,Clothes shop on hanger at the modern shop boutiqueKiat cerdas memulai bisnis preloved/ Foto: PORNSAWAN/Sale photo created by jcomp - freepik.com


Sesungguhnya memang tidak ada batasan akan jenis dan kondisi barang yang kamu buat. Meski skala bisnis kamu masih kecil, bukan berarti kamu tidak menerapkan standar kualitas. Di tengah persaingan yang ada, konsumen akan selalu mempertimbangkan kualitas dibanding harga. Jangan ragu pula untuk membersihkan dulu barang agar menambah nilai jual.

Tampilkan Foto Sejelas Mungkin

Kiat cerdas memulai bisnis prelovedKiat cerdas memulai bisnis preloved/ Foto: Travel photo created by freepik


Kamu bebas menentukan konsep foto produk sesuka hati, tapi jangan sampai tidak menonjolkan kualitas dari barang yang ingin kamu jual. Jika kamu ingin menjual pakaian, jangan lupa foto tag ukuran agar lebih jelas terlihat oleh calon pembeli. Selain itu jangan sesekali mengedit foto sehingga kondisi barang kamu jauh terlihat dari aslinya.

Deskripsikan Produk Secara Menarik

7 Cara Jitu Kuliah Online agar EfektifKiat cerdas memulai bisnis preloved/ Foto: freepik.com/technology photo created by freepik


Selalu jujur akan kondisi produk adalah kunci membangun kepercayaan konsumen. Jangan ragu untuk menulis bila ada bekas noda atau goresan yang tidak bisa hilang. Serta selayaknya berjualan profesional, coba promosikan semenarik mungkin. Luangkan waktu untuk riset copywriting.

Optimalkan Media Sosial dan Marketplace

Retail, sale, consumerism and modern technology concept. Portrait of charming young female standing at rack with fashionable clothes, enjoying shopping at mall, paying with online app on cell phoneKiat cerdas memulai bisnis preloved/ Foto: Sale photo created by wayhomestudio/freepik.com


Jangan terpaku hanya pada satu channel saja. Jika pemula lebih baik kamu memakai akun personal dahulu karena setidaknya sudah memiliki pasar sendiri yakni teman-teman dan keluarga. Lalu ketika berjualan di marketplace, usahakan agar tidak lambat merespon pertanyaan dari konsumen. Sabar menghadapi rangkaian pertanyaan konsumen adalah keharusan.

Harga yang Realistis

Kiat cerdas memulai bisnis prelovedKiat cerdas memulai bisnis preloved/ Foto: Business photo created by dashu83 freepik.com


Setiap tujuan dari bisnis adalah mencari untung. Namun itu bukan alasan kamu asal-asalan dalam menentukan harga barang. Telusuri harga produk baru dan kompetitor. Jika berjualan preloved adalah bisnis sampingan atau hanya iseng belaka lebih baik tujuan awal kamu adalah untuk menambah tabungan sekaligus membereskan lemari dan gudang. Namun bukan berarti kamu tidak bisa untung. Kuncinya adalah amati selera pasar. Siapa tahu di balik lemari pakaian dan di dalam gudang terdapat barang yang memang sedang ramai dicari orang.

Bagaimana Beauties, sudah siap untuk mulai berjualan preloved?

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id