sign up SIGN UP

Tidak Hanya Scrolling, 5 Cara Berikut Bisa Jadikan Sosial Mediamu Sebagai Ladang Cuan

Rani Mutiara | Rabu, 21 Jul 2021 13:15 WIB
Tidak Hanya Scrolling, 5 Cara Berikut Bisa Jadikan Sosial Mediamu Sebagai Ladang Cuan
caption

Semenjak pandemi virus Covid-19, warga dihimbau untuk di rumah aja. Hal ini mengakibatkan waktu penggunaan sosial media semakin meningkat setiap harinya.

Nah, dengan adanya peningkatan penggunaan sosial media seperti sekarang ini, maka kamu harus segera memanfaatkan masa-masa seperti ini untuk mulai merintis karir dan usaha di sosial media. Berikut adalah 5 cara bagaimana supaya kamu bisa menjadikan halaman sosial mediamu sebagai ladang cuan. 

1. Gunakan Halaman Sosial Media sebagai Portofolio

Mengumpulkan Portofolio Karya | Foto : freepik.com/diana.grytsku
Mengumpulkan Portofolio Karya | Foto : freepik.com/diana.grytsku

Kalau kamu punya suatu keahlian ataupun minat tertentu, jadikanlah halaman sosial mediamu sebagai tempat untuk mem-publish hasil karyamu, entah itu hasil foto, hasil lukisan, hasil make up, hasil masakan dan lain-lain. Selain menambah portofolio, kamu juga bisa mendapatkan lebih besar peluang untuk diajak bekerja sama oleh suatu perusahaan, brand ataupun komunitas yang bersangkutan.

2. Membangun Personal Branding di Sosial Media

Membangun Branding | Foto : freepik.com/rawpixel.com
Membangun Branding | Foto : freepik.com/rawpixel.com

Selain menjadikan sosial mediamu sebagai halaman portofolio, kamu juga bisa mulai membangun personal branding-mu sendiri. Personal branding sangatlah penting supaya orang-orang yang mengikuti halamanmu bisa lebih mudah mengenali dan mengingatmu. Dalam membangun personal branding, carilah satu ciri khas dari dirimu yang bisa membedakan kamu dengan kompetitormu, entah itu dalam bentuk karya, konten, gaya berbicara maupun produk.

3. Memaksimalkan Penggunaan Fitur Store

Berjualan Online | Foto : freepik.com/tirachardz
Berjualan Online | Foto : freepik.com/tirachardz

Sekarang ini, hampir semua sosial media sudah dilengkapi fitur store, seperti Instagram shop, Facebook marketplace dan TikTok shop. Dengan adanya fitur store yang terhubung langsung ke sosial mediamu, tentu saja akan semakin mempermudah dalam menghubungkan konten promosi ke halaman deskripsi produk jualanmu sekaligus kamu bisa pelan-pelan mengalihkan pengikutmu di sosial media menjadi pelangganmu.

4. Mengikuti Program Affiliates

Program Affiliates | Foto : freepik.com/wayhomestudio
Program Affiliates | Foto : freepik.com/wayhomestudio

Salah satu pekerjaan yang paling banyak digandrungi sekarang ini yaitu Affiliate Marketing. Program satu ini sangat cocok dijalankan di masa seperti ini karena orang-orang semakin senang berbelanja secara online.

Sudah banyak e-commerce serta marketplace yang mengadakan program ini, seperti Shopee, Zalora, Lazada, Bukalapak, Blibli dan lain-lain. Sistem kerjanya juga gampang karena kamu hanya perlu memasarkan tautan produk yang tersedia di marketplace bersangkutan ke semua sosial media yang kamu punya. Jika ada orang yang membeli produk tersebut dari tautan yang kamu bagikan, maka kamu akan mendapatkan komisi beberapa persen sesuai dengan kebijakan marketplace-nya.

5. Mengikuti Kompetisi dan Challenge Berhadiah Tunai

Berkompetisi | Foto : freepik.com/master1305
Berkompetisi | Foto : freepik.com/master1305

Kalau kamu menyukai tantangan, maka kamu bisa mencari cuan di sosial media dengan mengikuti kompetisi dan challenge berhadiah tunai. Tidak perlu khawatir dalam biaya pendaftaran, karena faktanya sekarang ini sudah banyak sekali komunitas dan organisasi yang mengadakan kompetisi online secara gratis, bahkan hadiahnya juga tidak main-main.

Yang perlu kamu siapkan hanyalah waktu dan keahlian. Meskipun nantinya kamu tidak menang, hasil karya yang kamu buat tidak akan sia-sia karena masih bisa dijadikan tambahan untuk memperbanyak portofolio.

Menjadikan sosial media sebagai ladang cuan terkadang memang tidaklah mudah. Apalagi mengingat semakin ke sini, semakin banyak orang yang mulai sadar akan kekuatan sosial media dalam membangun bisnis dan branding, sehingga semakin banyak pesaing. Namun tidak ada salahnya mencoba dan berusaha, karena siapa tau suatu saat dari sosial media ini, kamu bisa semakin mengembangkan karier dan usahamu.

Itu dia 5 cara mendapatkan uang dari sosmed yang kamu miliki. Selamat mencoba ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id