sign up SIGN UP

Jangan Khawatir! Ini Alasan Karir Tidak Menentukan Identitas Diri Seseorang

Astari Dewi Larasati | Kamis, 28 Jan 2021 07:30 WIB
Jangan Khawatir! Ini Alasan Karir Tidak Menentukan Identitas Diri Seseorang
caption

Kebanyakan orang selalu mengaitkan hubungan antara identititas dan harga diri dengan pekerjaannya. Entah itu karena karena cara masyarakat memandang posisi tertentu atau harga diri tiap orang. Tidak heran, apabila banyak orang memastikan untuk bekerja keras agar mendapatkan pekerjaan yang membuat diri sendiri bangga dan mendapat validasi dari orang lain.

Namun, biasanya hal seperti ini tidak akan bertahan lama dan indah diawal saja. Jadi, tidak perlu khawatir karir yang sedang dirintis akan menentukan identitas diri kalian. Ada beberapa alasan yang memperkuat pernyataan ini seperti artikel berikut ini.

Bekerja di Perusahaan Terkenal Bukan Satu-satunya Penanda Kesuksesan

Sukses jarang bisa diukur dengan pekerjaan atau kekayaan seseorang.
Freepik.com

Bekerja untuk perusahaan terkenal memang terlihat bagus di resume, tapi ini bukan satu-satunya pertimbangan agar mencapai kesuksesan. Sukses jarang bisa diukur dengan pekerjaan atau kekayaan seseorang.

Definisi kesuksesan yang sebenarnya berasal dari kemampuan diri untuk melakukan suatu tanggung jawab, mampu merawat orang lain, mengatasi ketakutan terbesar, hingga menemukan kebahagiaan.

Aspek Lain dalam Diri yang Menjadi Pertimbangan

Identitas diri harus ditentukan oleh apa yang dicintai, apa yang dihargai, dan siapa yang dihargai.
Freepik.com

Bukankah menyenangkan apabila menilai seseorang tidak berdasarkan profesi? Karena identitas diri seseorang harus ditentukan oleh apa yang dicintai, apa yang dihargai, dan siapa yang dihargai. Keluarga dan teman sejati tidak akan peduli dengan pekerjaan atau penghasilan kalian.

Poin penting untuk membangun identitas diri adalah kebahagiaan, cobalah menjadi pribadi yang suka menghargai orang lain agar kita juga bisa menghargai diri sendiri.

Pekerjaan Itu Sifatnya Sementara

Hidup ini penuh kejutan dan ada lebih banyak hal yang memberi pengaruh dalam hidup.
Freepik.com

Kehidupan dipenuhi dengan ketidakpastian, namun masih banyak orang yang percaya bahwa diri sendiri memiliki kendali penuh atas keadaan. Mungkin hari ini bisa menjadi orang yang paling sukses, tetapi empat tahun mendatang belum tentu. Kalian tidak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti.

Intinya, hidup ini penuh kejutan dan ada lebih banyak hal yang memberi pengaruh dalam hidup daripada karir. Jadi, jangan hanya jadikan pekerjaan sebagai patokan untuk sukses, ya!

Karir Sebagai Bagian dari Tanggung Jawab

Kalian harus mengenal apa hal yang disukai dan lakukan.
Freepik.com

Apapun pekerjaan dan penghasilannya, ini adalah suatu bentuk tanggung jawab di luar mendefinisikan identitas diri. Karir adalah cara untuk mencari identitas diri dan membangun tanggung jawab profesional, bukan sekadar ajang untuk pembuktian identitas diri.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id