sign up SIGN UP

Promosikan Dirimu Secara Profesional dengan 5 Cara Ini

Lifia Mawaddah Putri | Kamis, 14 Jan 2021 18:00 WIB
Promosikan Dirimu Secara Profesional dengan 5 Cara Ini
caption
Jakarta -

Jika kamu sedang meniti karier agar lebih sukses, salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah promosi diri. Promosi diri penting untuk dilakukan agar orang lain dapat mengetahui kemampuan yang kamu miliki. Sebab semakin banyak orang yang mengetahui kelebihanmu, semakin besar peluang yang kamu miliki untuk semakin sukses.

Yuk simak 5 tips mempromosikan diri secara profesional berikut ini!

Tetap Jadi Diri Sendiri

Menunjukkan kemampuan diri sih boleh-boleh saja. Tapi kamu enggak perlu ingin seperti orang lain.
Bekerja/freepik.com

Menunjukkan kemampuan diri sih boleh-boleh saja. Tapi kamu enggak perlu ingin seperti orang lain. Ingatlah bahwa kamu sedang mempromosikan diri sendiri. Jadi, jujurlah dalam menggambarkan dirimu. Jangan mengarang hal-hal yang enggak sesuai dengan kemampuanmu hanya untuk menarik perhatian.

Hindari Sikap Pamer

Saat ingin mempromosikan diri, kita memang harus meyakinkan orang lain dengan segudang pengalaman dan kemampuan yang kita miliki. Tapi, bukan berarti kamu bisa melakukannya secara berlebihan.

Sebaiknya jangan terus menerus membicarakan tentang dirimu. Cobalah untuk menggali sedikit tentang lawan bicaramu. Misalnya menanyakan kabar mereka, atau pendapat mereka mengenai sesuatu.

Manfaatkan Media yang Ada

Teknologi kini sudah semakin maju. Nah, kamu bisa memanfaatkan segala media yang ada untuk mempromosikan dirimu.
Belajar/freepik.com

Teknologi kini sudah semakin maju. Nah, kamu bisa memanfaatkan segala media yang ada untuk mempromosikan dirimu. Media yang paling efektif untuk mempromosikan hasil karyamu adalah melalui blog pribadi atau akun jejaring sosial lainnya.

Jika kamu berkecimpung di dunia desain, kamu bisa gunakan akun jejaring sosial seperti DeviantArt. Di sana kamu bisa memperlihatkan karya-karyamu sekaligus berinteraksi dan bertukar pengalaman dengan desainer lainnya dari seluruh dunia.

Jadi Sukarelawan

Untuk menunjukkan kelebihan yang kamu miliki, kamu enggak harus menunggu agar terlibat dalam suatu proyek. Jika ada kesempatan, tawarkanlah dirimu untuk ikut terlibat secara sukarela. Melakukan hal ini juga bisa memberikan nilai plus untuk dirimu lho! Sebab, kamu percaya diri dengan kemampuanmu dan berani untuk mengajukan diri. Selain itu, menjadi relawan juga dapat membantumu semakin dikenal orang. Sehingga kamu pun bisa memiliki jaringan yang lebih luas.

Bergabung dengan Komunitas

Selain menjadi sukarelawan, kamu juga bisa memperluas jaringanmu dengan bergabung di komunitas.
Komunitas/freepik.com

Selain menjadi sukarelawan, kamu juga bisa memperluas jaringanmu dengan bergabung di komunitas. Sekarang sudah banyak komunitas di dunia maya yang bisa kamu ikuti. Misalnya saja seperti komunitas penulis, desainer, penerjemah, musik, dan lain sebagainya.

Dengan mengikuti komunitas, kamu bisa memperkenalkan dirimu dan menunjukkan keahlian yang kamu miliki.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id