sign up SIGN UP

LIFE

Kamu Nggak Wajib Mematuhi 5 Hal Ini Kalau Bos Kamu Menyuruhnya

Izzul Millati Umami | Selasa, 08 Jun 2021 10:30 WIB
Kamu Nggak Wajib Mematuhi 5 Hal Ini Kalau Bos Kamu Menyuruhnya
membantu tugas kantor/ sumber: pexels.com

Sering banget nggak sih kamu mendapatkan pekerjaan di luar “job desk” kamu di kantor yang sekarang? Well, sebenarnya ya, hal seperti ini tidak boleh diwajarkan. Kamu boleh mengerjakan pekerjaan dari bos kamu di luar job desk kantor, dengan catatan, harus sesuai dengan profesi kamu saat ini. So, sebenarnya nggak wajib buat mematuhi beberapa poin penugasan berikut kalau bos kamu memintanya. 

Diminta mengerjakan tugas di luar jobdesk

tugas di luar jobdesk
tugas di luar jobdesk/sumber:pexels.com

Tentu saja, kamu bekerja sesuai dengan kontrak kerja yang tertulis. Kalau kamu seorang editor video, maka kamu bekerja profesional hanya untuk editing video. Begitu pula, bila kamu seorang admin media sosial, kamu juga hanya bekerja profesional untuk membalas chat serta mengurus akun media sosial.

Kalau kamu seorang admin namun disuruh merangkap editing video, kamu nggak harus menerimanya. Kamu bisa meminta bos untuk mencari freelancer yang bisa mengerjakan tugas.  Kalau bos kamu pengertian, ia akan memahami apa keluhanmu selama bekerja di tempat ini. 

Disuruh lembur berlebihan tanpa penghargaan

Boleh-boleh saja mengerjakan lembur namun tetap harus jaga kesehatan. Bila kamu lembur berlebihan, bahkan setiap hari tanpa penghargaan berupa bonus atau uang-uang tambahan, maka ini sudah tindakan yang tak wajar. Segera cari kantor baru yang lebih menghargai kehadiranmu. 

Mengejar target yang nggak wajar

mengerjakan target yang nggak wajar
mengerjakan target yang nggak wajar/sumber:pexels.com

Banyak bos yang belum terlalu dewasa dalam memimpin anak buahnya. Bos-bos seperti ini terkadang memberikan target yang nggak wajar, serta mendorong anak buahnya terlalu jauh di luar batas kemampuan. Kesehatan pekerjanya pun tidak diperhatikan demi menempuh keuntungan yang begitu cepat. 

Melakukan tindakan kriminal

Kalau bos kamu menyuruh melakukan tindakan kriminal, jangan sampai kamu iyakan. Bisa jadi ada bos yang memintamu melakukan tindakan di luar nalar seperti berjualan narkoba atau mencuri ide kantor lain. 

Membantu urusan pribadi bos

urusan pribadi bos
urusan pribadi bos/sumber:pexels.com

Bos kamu meminta bantuan urusan pribadi? Silahkan dilakukan asal tidak mengganggu pekerjaan dan kehidupan kamu. Kalau sampai bos berlebihan dalam meminta tolong, dan kamu merasa nggak nyaman dengan hal tersebut, silahkan tolak. Kamu tidak harus menuruti semua permintaan bos kamu. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id