sign up SIGN UP

LIFE

Kelamaan Menganggur, Ini Tips untuk Cepat Dapat Kerja

Penny Fatikasari | Rabu, 15 Jul 2020 07:00 WIB
Kelamaan Menganggur, Ini Tips untuk Cepat Dapat Kerja
caption
Jakarta -

Pekerjaan di luaran sana memang banyak, namun terkadang bisa saja hal tersebut enggak sesuai kriteria jurusan bahkan skill yang kamu tekuni. Eitss...memang kamu bisa mempelajari basic skill nya dari awal, namun bekerja itu sama halnya seperti mendapatkan jodoh. Kalau sudah klop akan ringan untuk dijalani, namun jika sebaliknya bisa-bisa kamu menyesal karena enggak sesuai passionmu.

Tapi kalau suka pilih-pilih pekerjaan itu enggak baik juga, Ladies? Ujung-ujungnya kamu akan semakin lama menganggur dan enggak bisa mendapatkan pengalaman apalagi penghasilan. Wah, sayang sekali bukan? Jangan putus asa dan patah semangat, coba lakukan tips ini agar lowongan kerja kamu cepat dibalas HRD, simak artikel ini, yuk!


Perbaharui CV Terbaikmu

Perbaharui CV mu
Perbaharui CV Terbaikmu/Freepik.com

Coba lihat kembali kenapa kamu lama sekali dipanggil untuk interview kerja, bukan karena belum rezekinya saja, namun coba perhatikan kembali susunan CV mu. Apakah ada data pribadi yang kurang lengkap atau CV mu kurang terlihat menarik? Nah, sebelum adanya panggilan untuk kerja kamu masih bisa memperbaharui CV dan memperbaikai kesalahan sebelumnya. Ingat! Di luar sana akan ada ribuan pelamar kerja yang juga akan bersaing denganmu. Jangan hanya karena CV mu terlihat monoton bahkan lupa mencantumkan data pribadi yang terlihat sepele, kesempatanmu jadi terbuang sia-sia, lho! Maka dari itu, perhatikan CV mu dan buatlah semenarik mungkin ya, Ladies?

Jangan Asal Melamar Pekerjaan

Jangan asal melamar kerja
Jangan Asal Melamar Pekerjaan/Freepik.com

Yup! Memang ada banyak lamaran pekerjaan tersebar di internet maupun loker di sosial media Tak tanggung-tanggung, lamaran pekerjaan ini tak hanya di satu titik kota namun bisa ke seluruh pelosok negeri bahkan luar negeri. Tetapi, kenapa masih saja belum ada panggilan kerja ya? Pastikan hal ini sudah kamu pikirkan matang-matang ya Ladies? Jika kamu berniat untuk mengambil pekerjaan jauh dari domisili mu maka kamu juga harus siap secara fisik dan mental untuk berjauhan dari keluargamu, untuk itu jangan asal melamar pekerjaan.

Biasanya, lokasi kerja menjadi salah satu hal tolak ukur seorang jobseeker. Jika kamu mendapat panggilan interview kerja di tempat yang jauh jangan sampai ujung-ujungnya kamu tolak dan menyesal kemudian hanya karena alasannya “jauh”. Nah, siapa di sini yang salah apakah HRD yang sudah memberimu peluang atau dirimu yang salah apply lamaran kerja? Maka dari itu, cermati dahulu sebelum kamu berani untuk memutuskannya ya?

Move On Ketika Kamu Gagal Diterima Kerja

Move on
Move On Ketika Gagal di Terima Kerja/Freepik.com

Yup! Salah satu syarat kandidat calon pekerja diantaranya dapat sukses melewati tahapan interview, psikotest maupun test medical check-up. Tidak menutup kemungkinan ada hal-hal lain yang menjadi pertimbangan sebuah perusahaan untuk merekrut dirimu, lho! Jika kamu gagal karena kurang menguasai pemahaman tentang perusahaan yang kamu lamar, maka jangan putus asa begitu saja. Tentunya hal ini bisa menjadi pengalaman bagimu untuk di interview kerja berikutnya bukan? Move on dan jangan stuck di satu lowongan pekerjaan saja, bisa saja kamu gagal di perusahaan tersebut namun berjaya di perusahaan yang lebih baik nantinya. Tetap semangat ya!

Latihan Tes Soal dan Interview Kerja

Latihan soal dan interview
Latihan Tes Soal dan Interview Kerja/Freepik.com

Baru pertama kali ingin bekerja? Tentunya perasaanmu akan campur aduk, perasaan tidak percaya diri, takut berbicara terbata-bata di depan petinggi perusahaan, takut tidak sesuai kriteria bahkan takut salah menyampaikan informasi terkait diri sendiri pun kerap dialami seorang jobseeker, lho! Tentunya mereka memiliki pengalaman dan keunikan tersendiri ketika hendak pertama kali mengikuti wawancara kerja. Daripada waktu luangmu terbuang sia-sia begitu saja dan belum adanya panggilan dari tempat kerja yang kamu lamar satupun menghubungimu, coba kamu mempelajari bagaimana tips interview kerja bahkan soal-soal tes baik itu psikotest dan lainnya.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan gambaran ketika berpapasan langsung dengan HRD maupun tes-tes yang menentukan apakah dirimu layak atau tidak menjadi calon anggota perusahaan. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan ini melalui buku-buku maupun informasi di channel YouTube maupun tips-tips jitu yang bertebaran di sosial media. Tentunya sangat membantu sekali bukan?

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id