sign up SIGN UP

LIFE

Mau Skripsi Lancar Selama Pandemi? Coba 7 Tips Ini!

Anindya Milagsita | Selasa, 04 May 2021 02:30 WIB
Mau Skripsi Lancar Selama Pandemi? Coba 7 Tips Ini!
Foto: Instagram.com/Dwihandaanda

Tugas akhir alias skripsi tentu enggak mudah buat menyelesaikannya, Ladies. Ada berbagai halangan dan rintangan yang harus dilalui untuk bisa mengerjakannya. Bahkan enggak jarang skripsi justru jadi hal paling mengkhawatirkan sekaligus menakutkan bagi para mahasiswa.

Buat kamu yang saat ini tengah berjuang menuntaskan skripsi, jangan khawatir. Ada berbagai tips yang bisa membantu kamu agar skripsi cepat selesai. Yuk intip caranya lewat artikel berikut!

Tentukan Goals Lulus

Menentukan goals kelulusan.
Tips Lancar Skripsi/sumber: freepik.com/

Cara memulai skripsi agar lancar selama pandemi pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menentukan goals kelulusan. Kamu bisa menetapkan goals kapan ingin lulus, Ladies. Apakah 2 semester atau 3 semester ke depan? Meskipun nantinya bisa lebih cepat maupun lambat, dengan memiliki goals kelulusan bisa membantu kamu supaya semakin termotivasi untuk meraih tujuan lho.

Tetapkan Planning Skripsi

Menentukan planning selama skripsi.
Tips Lancar Skripsi/sumber: freepik.com/

Enggak hanya menentukan goals, kamu juga disarankan buat menyusun planning untuk mengerjakan skripsi. Menuliskan jadwal skripsi ke depannya bisa membantu kamu agar lebih komitmen dalam mengerjakannya. Selain itu, cara memulai skripsi ini juga bisa memperbaiki pola pengerjaan saat menemui kendala di tengah progress yang tengah berjalan.

Update Progress Secara Rutin

Mengupdate progress skripsi secara rutin.
Tips Lancar Skripsi/sumber: freepik.com/

Saat planning mengerjakan skripsi telah kamu susun, waktunya untuk meng-update progress secara berkala. Tips ini membantu skripsi cepat selesai lho. 

Cara agar bisa memulai skripsi lancar yang satu ini membantu kamu memantau sejauh mana progress yang udah dikerjakan. Bukan hanya itu, kamu juga bisa lebih termotivasi buat mengerjakannya saat melihat progress skripsi dari waktu ke waktu. 

Perlakukan Dosen Pebimbing dengan Baik

Memperlakukan dosen pembimbing dengan baik.
Tips Lancar Skripsi/sumber: freepik.com/

Sering dianggap sepele, memperlakukan dosen pembimbing dengan baik juga menjadi langkah skripsi cepat selesai, Ladies. Dosen pembimbing menjadi salah satu faktor keberhasilan kamu dalam menyelesaikan skripsi lho. 

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan etika dan adab saat menghubungi dosen pebimbing. Selain itu, jangan sungkan juga untuk berkonsultasi terkait kesulitan yang tengah dialami selama mengerjakan. Meskipun konsultasi dilakukan via online, kamu harus memaksimalkan kesempatan ini ya.

Kerjakan Revisi Semaksimal Mungkin

Mengerjakan revisi semaksimal mungkin.
Tips Lancar Skripsi/sumber: freepik.com/

Setelah berkonsultasi dengan dosbim dan mendapat revisi, kamu bisa segera mengerjakannya. Cara skripsi cepat selesai yang satu ini cukup worth it buat dicoba lho. Dengan memaksimalkan pengerjaan revisi kamu bisa selangkah lebih maju untuk meraih finish dalam menyelesaikan skripsi.

Terlebih di era pandemi yang mengharuskan kamu melakukan konsultasi via daring. Kamu harus rajin meng-update revisi agar segera meraih persetujuan untuk acc sidang.

Bangkitkan Motivasi dalam Diri

Menemukan motivasi dalam diri untuk mengerjakan skripsi.
Tips Lancar Skripsi/sumber: freepik.com/

Tips skripsi cepat selesai yang enggak boleh kamu abaikan adalah dengan mencari motivasi untuk segera menyelesaikannya. Ini poin penting yang harus lebih kamu perhatikan, Ladies. Kamu bisa mencari motivasi dari lingkungan sekitar, keluarga, orang terdekat, hingga tujuan hidup yang harus dicapai.

Selain itu, membangun mood buat mengerjakan juga penting dilakukan. Kamu bisa ambil rehat sejenak untuk kembali meningkatkan mood untuk menyelesaikan skripsi. Lakukan hal-hal yang disukai untuk me-refresh kembali pikiran sekaligus mood dalam diri kamu.

Sharing dengan Kakak Tingkat atau Teman Sebaya

Sharing dengan kakak tingkat atau teman sebaya dalam mengerjakan skripsi.
Tips Lancar Skripsi/sumber: freepik.com/

Last but not least, buat kamu yang memiliki relasi dengan kakak tingkat bisa juga lho melakukan sharing tentang skripsi yang tengah dikerjakan. Kakak tingkat yang telah melewati suka duka dalam mengerjakan skripsi bisa menjadi gambaran bagi kamu, Ladies. Tak hanya kakak tingkat, kamu juga bisa sharing dengan teman sebaya yang sama-sama tengah berjuang menyelesaikan skripsi.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id