sign up SIGN UP

Pasangan Terpaksa Kehilangan Pekerjaan Saat Pandemi? Begini Kiat Tunjukkan Bentuk Dukungan

Fina Prichilia | Senin, 11 Oct 2021 15:00 WIB
Pasangan Terpaksa Kehilangan Pekerjaan Saat Pandemi? Begini Kiat Tunjukkan Bentuk Dukungan
Kiat tunjukkan dukunngan pada pasangan yang baru kehilangan pekerjaan. /Foto: pexels.com/@olly
Jakarta -

Kehilangan pekerjaan, jelas merupakan pengalaman tidak menyenangkan bagi yang mengalaminya. Apalagi, bila hal itu terjadi secara sepihak saja, Beauties.

Di masa yang masih pandemi ini, banyak pemberitaan soal pemutusan hubungan kerja. Mencari pekerjaan baru pun, bukan perkara yang mudah. Seseorang yang kehilangan pekerjaan, ada yang merasakan hal itu sebagai sesuatu yang berat sampai membuatnya kehilangan kepercayaan diri.

Kalau hal ini semisal menimpa pasanganmu, mengutip dari unggahan Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), berikut yang bisa kamu lakukan untuk beri dukungan padanya.

Mendengarkan dengan Baik Curhatannya

Ilustrasi diskusi keuanganIlustrasi mendengarkan curhat pacar yang baru terkena pemutusan hubungan kerja. / Foto: Pexels.com

Protes, merasa diperlakukan nggak adil, sedih, dan kecewa. Bisa jadi itulah yang lagi dirinya rasakan. Kalau dia curhat padamu tentang keluh-kesahnya tersebut, maka berusahalah menjadi pendengar yang baik.

Tak perlu buru-buru memberinya saran atau mengharuskannya berpikiran positif. Yang dia butuhkan saat ini, kemungkinan besar hanyalah telinga yang mau mendengarkan.

Hibur dan Tunjukkan Sikap Empati

Kamu bisa menghiburnya agar kesedihan yang ia rasakan, bisa berkurang meski hanya sedikit. Membelikan makan kesukaan bisa jadi ide yang bagus!

Tunjukkan juga rasa empati kamu dengan tetap menjadi pendengar yang baik, serta tidak mengatakan hal-hal yang justru membuatnya semakin down.

Tanyakan Hal yang Pasangan Butuhkan

Kamu bisa menanyakan pasangan terkait apa yang lagi dia butuhkan saat ini. Ini bisa memberikan angin segar dan harapan padanya, bahwa kamu adalah pasangan yang bisa dia andalkan di masa yang sulit buatnya ini.

Pria menangis adalah salah satu hal yang normalPria menangis adalah salah satu hal yang normal. / Foto: Unsplash.com

Bantu Cari Peluang Baru

Saat kehilangan pekerjaan, ingat, masih ada pengeluaran rutin yang nggak bisa menunggu. Untuk itu, kamu bisa membantunya mencarikan peluang kerja baru, agar ia dapat segera membuka lembaran baru di tempat kerja selanjutnya.

Berikan Pandangan Positif

Setelah dirinya tenang karena sudah mengeluarkan segala unek-uneknya, kamu dapat memberikan pandangan-pandangan positif yang bisa membuatnya merasa tenang dan nyaman, Beauties.

Kamu bisa mengatakan This Too Shall Pass atau 'ini pun akan berlalu', misalnya. Untuk mengingatkan dia bahwa apa saja yang ada di dunia ini, momen buruk sekali pun hanya bersifat sementara.

Bantu Menghemat Pengeluaran

Ilustrasi Kakeibo/pexels.comIlustrasi mengelola keuangan agar dapat hemat saat baru kehilangan pekerjaan. /pexels.com/

Kamu bisa membantunya untuk tidak boros selama masa-masa ini. Lebih baik dana yang masih ada, dialokasikan untuk hal-hal yang lebih penting, seperti kebutuhan yang nggak bisa ditunda, seperti untuk makan dan beli kebutuhan sehari-hari Kamu juga bisa mengatur ide kencan hemat juga misalnya.

Jaga Kepercayaan untuk Tidak Cerita ke Siapa pun

Ada orang yang tak ingin orang lain tahu kondisi yang dianggap buruk ini, untuk diketahui. Bila pasangan kamu termasuk, maka kamu mesti menjaga kepercayaannya itu, Beauties.

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa momen kehilangan pekerjaan itu bisa memengaruhi tingkat kepercayaan diri.

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id