sign up SIGN UP

LIFE

Patut Dicoba, Ini Tips Saat Mengikuti Wawancara Kerja Secara Online

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 12 Sep 2020 12:00 WIB
Patut Dicoba, Ini Tips Saat Mengikuti Wawancara Kerja Secara Online
caption
Jakarta -

Di kondisi seperti sekarang ini, banyak kegiatan yang ditunda dan harus dilakukan secara online. Hal ini guna untuk menekan penyebaran virus. Banyak kegiatan yang mengindari tatap muka dan hanya diberlakukan secara online. Seperti perusahaan yang ingin merekrut calon karyawan dan melalui proses wawancara.

Agar tidak menghambat proses perekrutan, maka dilakukan secara online. Mungkin hal ini menjadi tidak biasa karena biasanya wawancara kerja dengan cara tatap muka. Oleh karena itu, Beautynesia akan memberikan tips saat mengikuti wawancara kerja secara online seperti berikut ini.


Cek kembali perangkat

Hal ini mencegah kejadian yang tidak diinginkan agar bisa menjadi nilai lebih dihadapan pewawancara.
Cek perangkat komputer/freepik.com

Sebelum melakukan wawancara, sebaiknya cek kembali perangkat komputer yang akan dipakai. Lakukan hal ini satu jam sebelum dimulai karena menjaga-jaga terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Mulai dari kelancaran sinyal internet hingga baterai komputer atau laptop agar wawancara berjalan lancar. Jika hadir terlebih dulu dibandingkan pewawancara, maka akan menjadi nilai lebih dan akan dinilai sudah siap menjalani wawancara. Jangan sampai ada sesuatu kejadian yang membuat wawancara online menjadi batal.

Ketahui sudut kamera yang baik

Untuk membuat wajah menjadi fokus utama maka sejajarkan sudut kamara dengan tubuh.
Ketahui sudut/freepik.com

Bukan hanya saat selfie harus mengetahui sudut kamera yang benar, namun saat wawancara online juga. Jika memungkinkan, atur cahaya alami yang menghadap ke wajah. Lalu jadikan wajah sebagai fokus utama bagi pewawancara. Namun jangan atur kamera terlalu tinggi, hanya perlu sejajarkan dengan tubuh. Sehingga tubuh bisa duduk dengan tegap tanpa perlu membungkuk.

Lakukan kontak mata

Lakukan kontak mata seakan-akan bertemu secara langsung.
Lakukan kontak mata/freepik.com

Untuk melakukan kontak mata dalam wawancara kerja adalah hal penting. Maka dari itu, sebisa mungkin lakukan eye contact dengan pewawancara seakan-akan bertemu secara langsung. Namun melakukannya secara online tidaklah semudah yang dibayangkan. Jadi sebaiknya sebelum melakukan wawancara cobalah lakukan video call dengan teman dan pastikan mata melihat kemana. Jika sudah menemukan jawabannya, maka terapkan saat nanti wawancara online.

Periksa mikrofon

Agar pewawancara mendengar dengan baik, maka periksa kembali mikrofon komputer.
Periksa mikrofon/freepik.com

Dalam wawancara pekerjaan, yang dicari oleh pewawancara adalah jawaban berkualitas. Maka dari itu, pastikan mikrofon terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara dimulai. Kebanyakan komputer saat ini memiliki kualitas mikrofon yang cukup bagus tapi tidak ada salahnya memeriksa kembali. Apalagi jika menggunakan headphone sebaiknya memeriksa sambungan ke komputer. Sehingga pewawancara akan mendengar dengan baik.

Pasang latar belakang

Pilih latar belakang yang menunjukkan profesionalitas diri.
Pasang latar belakang/freepik.com

Sebaiknya latar belakang saat wawancara dibuat dengan sealami mungkin dan tidak dibuat-buat. Daripada memasang latar belakang dengan kain lebih baik buat profesional. Pastikan tidak ada yang melewati dan mengganggu wawancara selama berlangsung. Bisa juga menambahkan barang rak buku agar terlihat sedikit formal.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id