sign up SIGN UP

LIFE

Tak Usah Ragu, 5 Tips Negosiasi Gaji Berikut Bisa Kamu Lakukan Saat Interview Kerja

Izzul Millati Umami | Senin, 06 Jul 2020 20:00 WIB
Tak Usah Ragu, 5 Tips Negosiasi Gaji Berikut Bisa Kamu Lakukan Saat Interview Kerja
caption
Jakarta -

Sesi interview kerja merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu calon karyawan. Momen ini sangat menentukan banget buat kelanjutan karir kamu ke depannya.

Buat kamu yang sedang akan interview kerja, jangan lupa buat negosiasi gaji, ya! Kalau kamu ingin menaikkan gaji, nggak ada salahnya kok untuk lakukan proses negosiasi. Agar prosesnya berhasil, berikut 5 tips negosiasi gaji yang bisa kamu terapkan:

1. Tunggu momen yang tepat

Tunggu Momen Tepat
Tunggu Momen Tepat/Sumber:Pixabay.com

Negosiasi gaji bisa banget Ladies lakukan ketika interview. Kuncinya adalah dengan melakukannya tanpa terburu-buru. Hindari menampakan ekpresi kalau Ladies sangat ingin minta kenaikan gaji.

Tetap tenang ya, Ladies! Nikmati dulu proses wawancara dan tunjukkan skill yang memang kamu punyai.

2. Riset dulu data gaji yang sesuai

Riset Data Gaji
Riset Data Gaji/Sumber:Pixabay.com

Meminta kenaikan gaji tetap harus sesuai dengan posisi yang kita lamar ya, Ladies! Untuk itu, sebelum hari H interview, ada baiknya untuk riset rata-rata data gaji sesuai dengan posisi yang akan kita masuki. Selain itu, sesuaikan juga dengan UMK kota dimana Ladies akan interview.

3. Ceritakan pengalaman dan prestasi yang Ladies punyai

Pengalaman Kerja
Pengalaman Kerja/Sumber:Pixabay.com

Negosiasi gaji akan lebih berjalan lancar bila Ladies sudah punya skill yang bakalan ditawarkan. Pengalaman dan prestasi yang pernah diraih sebelumnya sangat mungkin dijadikan daya tawar untuk menaikkan gaji, loh!

4. Ketahui riwayat perusahaan

Profil Perusahaan
Profil Perusahaan/Sumber:Pixabay.com

Sebelum meminta kenaikan gaji, kenali juga riwayat gaji di perusahaan tersebut. Bila memang si perusahaan tidak pernah maupun sangat jarang memberi kenaikan gaji pada karyawanya, baiknya untuk tidak terlalu memaksakan diri meminta kenaikan gaji, ya!

5. Beritahu besaran gaji di perusahaan sebelumnya

Gaji Perusahaan
Gaji Perusahaan/Sumber:Pixabay.com

Slip gaji Ladies di perusahaan sebelumnya sangat penting ditunjukkan ke HRD bila memang ingin meminta kenaikan gaji, loh. Namun, bila besaran gaji di perusahaan sebelumnya lebih kecil dari calon perusahaan saat ini, ada baiknya untuk tidak menunjukkan slip gaji. Tunjukkan slip gaji bila memang besaran gaji bulanan di perusahaan sebelumnya lebih besar dari sekarang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id