sign up SIGN UP

Sering Burnout Saat Bekerja? Ini 5 Cara Terbaik untuk Mengatasinya!

Anindya Milagsita | Senin, 21 Jun 2021 17:00 WIB
Sering Burnout Saat Bekerja? Ini 5 Cara Terbaik untuk Mengatasinya!
caption

Ladies, saat tengah bekerja pernahkah kamu mengalami lelah dan stres yang membuat produktivitas menurun? Kondisi ini seringkali disebut dengan istilah sindrom burnout kerja. Dilansir dari WHO, burnout adalah sindrom yang ditimbulkan oleh stres berat dan dialami pada jangka waktu yang cukup lama selama bekerja.

Sindrom burnout seringkali membuat seseorang yang mengalaminya merasa tak bersemangat untuk melakukan pekerjaannya, Ladies. Tak jarang burnout kerja juga terbawa sampai di rumah yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Buat kamu yang saat ini tengah mengalaminya, jangan khawatir. Ada berbagai cara mengatasi burnout yang bisa kamu lakukan. Simak tipsnya lewat artikel ini ya!

Ciptakan Lingkungan Kerja Positif

Menciptakan lingkungan kerja yang positif untuk diri sendiri.
Cara mengatasi burnout kerja/www.freepik.com

Mengatasi sindrom burnout bisa kamu lakukan dengan menciptakan lingkungan yang positif. Terlebih saat kamu tengah berada di kantor yang enggak jarang efek burnout kerja dapat paling terasa.

Kamu bisa memutar lagu favorit dengan headset sembari menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, kamu bisa menyusun meja kerja dengan rapi dan sesuai apa yang kamu mau. Kamu bisa menambahkan pot berisi tanaman kaktus ataupun sukulen untuk memberikan efek rileks saat tengah bekerja.

Berani Berkata Tidak

Berani untuk menolak dan berkata tidak.
Cara mengatasi burnout Kerja/www.freepik.com

Bisa membantu rekan kerja menjadi hal baik dan seringkali menyenangkan untuk dilakukan. Tapi kamu juga harus menentukan batasan saat membantu mereka, Ladies. Terlebih jika bantuan yang kita berikan justru membuat tugas utama yang harus dikerjakan terbengkalai, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini. 

Kamu harus berani untuk menolak dan berkata tidak saat ada rekan kerja yang meminta bantuan di saat situasi yang tak tepat. Seperti saat kamu tengah sibuk menyelesaikan tugas ataupun bantuan yang diminta sebenarnya adalah tugas yang harus dikerjakan mereka. 

Lakukan Self Healing

Melakukan self healing yang disukai.
Cara mengatasi burnout kerja/www.freepik.com

Saat sindrom burnout datang, kamu enggak hanya akan lelah secara batin, tapi bisa sampai lelah secara fisik. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan self healing ataupun self care yang sesuai dengan apa yang kamu sukai. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang saat libur atau mengambil cuti dengan melakukannya, Ladies.

Kamu bisa melakukan berbagai hal menyenangkan yang bisa memberikan dampak positif. Lakukan hobi favorit ataupun rutinitas kesukaan yang sebelumnya enggak bisa kamu wujudkan saat sibuk bekerja. 

Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga untuk mengatasi burnout.
Cara mengatasi burnout kerja/www.freepik.com

Tak hanya memberikan efek menyehatkan pada fisik, ternyata olahraga juga membantu memulihkan kesehatan mental dan juga jiwa, lho. Ada beragam jenis olahraga yang bisa kamu coba untuk membantu kamu atasi burnout kerja. Kamu bisa memilih olahraga yang disukai dan sesuai dengan kemampuan, Ladies.

Cara mengatasi burnout kerja dengan berolahraga membantu kamu lebih rileks dan meredakan stres. Mulailah dengan olahraga ringan seperti yoga, bersepeda, atau sekadar jogging di sekitar lingkungan tempat kamu tinggal.

Sampaikan Pada Atasan

Menyampaikannya kepada atasan.
Cara Mengatasi Burnout Kerja/www.freepik.com/

Last but not least, saat kamu mengalami burnout kerja akibat beban pekerjaan yang melebihi kemampuan dan bikin kamu stres berat, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menyampaikannya kepada atasan.

Cara mengatasi burnout ini dilakukan agar bisa mendiskusikan kondisi overwork atau hal-hal lain yang menghambat produktivitas kamu dalam bekerja. Jangan sungkan dan takut untuk melakukannya, Ladies. Asalkan kamu menyampaikannya dengan baik, diharapkan feedback yang didapat bisa membuat kondisi kamu membaik. Selamat mencoba!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id