sign up SIGN UP

LIFE

Ini Alasan Kamu Wajib Percaya Diri Saat Interview Kerja

Henny Alifah | Selasa, 23 Jun 2020 08:00 WIB
Ini Alasan Kamu Wajib Percaya Diri Saat Interview Kerja
caption

Dalam interview kerja, sebanyak apapun skill yang kamu miliki bisa jadi akan terbuang sia-sia jika tidak dibarengi dengan kepercayaan diri atau self confidence. Mengapa demikian? 

Pembawaan diri jadi buruk kalau kamu tak percaya diri

percaya diri akan mempengaruhi pembawaan diri saat interview kerja
Percaya diri saat interview kerja/ sumber: Freepik.com

Tak percaya diri artinya kamu memiliki banyak hal untuk dicemaskan. Saat itu terjadi, kamu akan bicara dengan gugup, tidak sanggup menghadapi tatapan lawan bicara, tangan gemetaran, hingga postur tubuh yang tidak enak dipandang. Dengan kata lain, kamu jadi kurang menarik di mata interviewer. Karena itu, penting untuk selalu percaya diri saat interview kerja.

Tak percaya diri akan menghalangi kamu dalam menunjukkan nilai diri

rasa percaya diri akan membantu seseorang dalam menunjukkan kelebihan nilai diri saat interview kerja
Percaya diri saat interview kerja/ sumber: Freepik.com

Kamu mungkin tahu banyak hal tentang bidang kerja yang kamu lamar, tetapi kamu tidak bisa mengungkapkannya dengan jelas karena kamu tidak yakin alias ragu-ragu dengan kemampuan diri sendiri. Alhasil, interviewer pun tidak bisa sepenuhnya mengeksplorasi nilai dirimu yang sesungguhnya.


Ketidakyakinan atau keraguan seperti ini merupakan buah dari tidak adanya rasa percaya diri. Karena itu, percaya diri sangat penting saat interview kerja. Jika kamu tidak percaya pada diri sendiri atau setidaknya percaya bahwa kamu memiliki sesuatu untuk ditawarkan, bagaimana kamu bisa mengharapkan orang lain percaya padamu selama interview kerja, kan?

Jika tak percaya diri, pikiran jadi buntu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan

rasa percaya diri akan memudahkan seseorang dalam menjawab pertanyaan interview kerja
Percaya diri saat interview kerja/ sumber: Freepik.com

Saat pikiran buntu, kamu akan sulit berpikir, apalagi berpikir kreatif. Tentunya ini akan menyulitkan kamu dalam menjawab pertanyaan yang diajukan interviewer. Lain halnya jika kamu percaya diri, kamu akan memiliki kemampuan untuk berpikir out of the box sehingga menjadikan kamu unik dan menarik di mata interviewer. Kamu mungkin saja tidak terlalu cerdas untuk menjawab pertanyaan yang diajukan, tetapi dengan percaya diri kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan baik.

Percaya diri merupakan syarat dasar dalam berkarier 

percaya diri merupakan syarat dasar dalam dunia kerja
Percaya diri saat interview kerja/ sumber: Freepik.com

Dalam dunia kerja, percaya diri sebenarnya adalah sesuatu yang mutlak dimiliki seseorang. Apapun bidang kerjanya, kamu bisa meningkatkan produktivitas ketika percaya diri. Selain itu, percaya diri juga memudahkan komunikasi dengan klien maupun kolega, meningkatkan respect orang lain terhadap kamu, dan juga dapat menebarkan energi positif bagi sekitar.

Nah, kalau sekarang kamu masih kesulitan mengumpulkan rasa percaya diri, beberapa tips interview kerja ini bisa dicoba.

Pertama, lakukan riset tentang perusahaan tempat kamu melamar kerja, pahami misinya, dan ketahui target pasarnya. Pahami juga materi yang berkaitan dengan perusahaan dan industri tersebut. Selain mengesankan interviewer dengan pengetahuanmu, kamu juga akan merasa nyaman karena sangat memahami bisnis mereka.

Kedua, tips interview kerja supaya percaya diri yaitu pahami dirimu. Pahami apa kelebihan dan kekuranganmu. Bangun keyakinan bahwa kamu layak mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Dan, tak ada salahnya kamu bawa salinan resume ke tempat wawancara. Kamu akan merasa lebih percaya diri mengetahui informasi diri ada dalam genggaman, sehingga kamu bisa mewaspadai pertanyaan yang berkaitan tentang resume yang kamu buat.

Tips interview kerja yang ketiga, jangan lupa berlatih. Latih perkenalan macam apa yang kamu lakukan, latih jawaban apa yang akan kamu berikan, latih pertanyaan apa yang akan kamu ajukan. Semakin banyak berlatih, semakin besar kesempatanmu untuk sukses interview kerja.  Dengan berlatih, kamu akan lebih percaya diri dengan diri sendiri.

Terakhir, hal yang perlu kamu ingat juga adalah pastikan bahwa kamu tidak over confidence saat interview kerja. Nah, semoga kamu mendapat pekerjaan impianmu, ya.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id