sign up SIGN UP

Supaya Gak Lupa Kehidupan Pribadi, Ini 4 Tips Menerapkan Batasan Kerja

Ruhil Anadiah Sabrina | Jumat, 25 Jun 2021 16:15 WIB
Supaya Gak Lupa Kehidupan Pribadi, Ini 4 Tips Menerapkan Batasan Kerja
caption
Jakarta -

Hayo siapa nih kalau sudah sibuk dengan pekerjaan jadi lupa ngurus diri sendiri? Kesibukan mulai dari lembur setiap malam, mengerjakan tugas dari atasan, hingga dihadapkan oleh setumpuk tanggung jawab, pasti membuatmu capek hati dan fisik secara bersamaan. Sibuk kerja itu boleh-boleh saja, namun jangan sampai kesibukan setiap hari membuatmu jadi lupa terhadap kehidupan pribadi ya. Nah, berikut lima tips menerapkan batasan kerja yang bisa kamu coba. 

1. Bisa memisahkan antara urusan pribadi dan pekerjaan

sibuk kerja
sibuk kerja/pexels.com

Tips pertama membuat batasan kerja yaitu, kamu harus bisa memisahkan antara urusan pribadi dan kantor. Namanya pekerjaan usahakan diselesaikan di tempat kerja, jangan malah membawa pekerjaan tersebut ke rumah. Demikian ketika di rumah gunakan waktumu untuk istirahat, berkumpul dengan keluarga, melakukan me time, dan aktivitas yang lain. Dengan memisahkan keduanya percaya deh hidupmu jauh lebih bahagia dan menghindarkanmu dari stres atau tekanan.

2. Berusaha menyisihkan waktu untuk urusan pribadi

wanita me time
wanita me time/pexels.com

Tips selanjutnya yaitu berusaha menyisihkan waktu untuk urusan pribadi. Sesibuknya kamu dengan pekerjaan dan lembur setiap malam, sisihkan waktumu untuk me time. Jangan lupa istirahat yang cukup, sempatkan waktu menekuni hobi yang kamu sukai, olahraga, dan kegiatan positif yang lain. Dengan membagi waktu secara seimbang, kesehatan fisik dan mentalmu bisa terjaga baik. So, jangan lupa me time ya. 

3. Sesekali melakukan liburan juga penting

melakukan liburan
melakukan liburan/pexels.com

Hidup isinya gak cuma sebatas kerja dan kerja saja, sesekali melakukan liburan itu sangat penting. Kamu bisa manfaatkan waktu weekend untuk pergi berlibur bareng keluarga, mengunjungi tempat baru bersama sahabat, pergi ke pantai, dan sebagainya. Penting lho melakukan liburan untuk menjagamu supaya tetap waras di tengah padatnya pekerjaan. Selain itu pergi berlibur bisa membuat pikiran dan fisikmu jauh lebih fresh, sehingga siap menjalani hari esok. 

4. Bijak dalam mengelola waktu

wanita karier
wanita karier/pexels.com

Tips terakhir membuat batasan kerja supaya gak lupa terhadap kehidupan pribadi yaitu, dengan bijak mengelola waktu. Semua orang memiliki jumlah waktu yang sama, namun sedikit yang bisa membagi dan memanfaatkannya dengan bijak. Usahakan waktu untuk bekerja gunakan untuk kerja, demikian waktu istirahat digunakan untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Maka biar gak keteteran dalam membagi waktu kamu bisa membuat jadwal atau rutinitas harian. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id