sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

6 Artis Ini Penderita Bipolar yang Berjuang Jalani Kehidupan

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 10 Nov 2020 11:30 WIB
6 Artis Ini Penderita Bipolar yang Berjuang Jalani Kehidupan
caption

Bipolar merupakan salah satu penyakit mental yang berhubungan dengan perubahan suasana hati secara mendadak dari level terendah ke level tertinggi. Gangguan ini pula lah yang menimpa sejumlah artis sehingga kondisi mereka terbilang cukup menyita perhatian.

Tetap teguh berjuang dengan penyakit mental yang diderita, tidak jarang mereka menjadi inspirasi dan mendapatkan banyak simpati. Lantas, siapa saja artis yang menderita bipolar? Simak selengkapnya di bawah ini.

Marshanda

Marshanda diketahui mengidap bipolar pada tahun 2014/instagram.com/marshanda99
Marshanda/instagram.com/marshanda99

Nama artis satu ini memang sudah santer terdengar sebagai pengidap bipolar. Ya, wanita cantik 31 tahun ini telah mengakui bahwa dirinya mengidap bipolar pada 2014 lalu. Hal ini semakin diperkuat dengan kemunculan videonya semasa remaja yang meluapkan kekesalan kepada teman sekolahnya. Bahkan, tak lama setelah bercerai pun, Marshanda kembali membuat geger publik dengan keputusannya melepas hijab.

Usut punya usut, ternyata saat ini Marshanda tengah mengidap bipolar disorder tipe 2 yang membuatnya hiperaktif. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Marshanda juga tengah rutin mengkonsumsi obat-obatan dari dokter. Adapun obat-obatan yang diberikan kepadanya itu mengandung zat yang bisa terbentuknya hormon pencegah stress.

Kini, Marshanda melalui akun sosial medianya mulai aktif menyuarakan kepada siapa saja yang memiliki penyakit mental agar segera meminta pertolongan, baik itu kepada keluarga maupun dokter.

Medina Zein

Medina Zein sempat mengonsumsi beberapa obat-obatan untuk mengatasi bipolarnya/instagram.com/medinazein
Medina Zein/instagram.com/medinazein

Selanjutnya ada si cantik Medina Zein yang juga diketahui mengidap bipolar. Untuk mengatasi penyakit mentalnya, wanita 28 tahun ini sempat menggunakan obat-obatan termasuk di antaranya narkoba untuk dijadikan obat penenang. Hal itu pula lah yang akhirnya menyeret dirinya pada kasus hukum kepemilikan narkoba beberapa waktu lalu.

Meski demikian, ia mengaku bahwa dari beberapa obat tersebut, beberapa di antaranya merupakan persetujuan dari dokter. Penyakit bipolarnya ini diketahui sejak tahun 2016 dan Medina sendiri mengaku bahwa besar kemungkinan hal tersebut merupakan faktor keturunan dari sang ibu.

Rachel Vennya

Rachel Vennya diketahui mengidap bipolar dan berjuang untuk kehidupan yang normal/instagram.com/rachelvennya
Rachel Vennya/instagram.com/rachelvennya

Wanita cantik yang sudah memiliki 2 orang anak ini juga diketahui mengidap bipolar. Rasa emosional yang tidak terkendali kerap kali menjadi musuhnya. Bahkan ia sempat bercerita melalui channel Youtube keluarganya bahwa hal terburuk yang pernah ia lakukan terkait penyakitnya tersebut adalah percobaan bunuh diri. Ia juga mengenang bahwa saat itu ia sempat dilarikan ke rumah sakit.

Namun saat ini, wanita 25 tahun ini mengaku sudah bisa berdamai dengan bipolarnya bahkan sudah menganggapnya sebagai teman sendiri. Selain itu, Rachel mengingatkan kepada siapapun yang mulai merasakan ada sesuatu yang aneh pada dirinya terkait mental, jangan buru-buru self diagnosed karena yang bisa mendeteksi lebih akurat adalah psikolog dan psikiater.

Mariah Carey

Mariah Carey sempat diisolasikan karena penyakit bipolar yang dialaminya/instagram.com/mariahcarey
Mariah Carey/instagram.com/mariahcarey

Aktris asal negeri paman syam ini juga mengidap bipolar yang menyebabkan dirinya sempat diisolasi. Bahkan menurut pengakuannya, Mariah Carey sudah mengidap bipolar ini selama 17 tahun. Perasaan sedih dan kesepian kerap menghantuinya. Apalagi hal tersebut dibarengi dengan susah tidur dan selalu terlihat lesu.

Sejumlah upaya pun dilakukan untuk menangani penyakit mental tersebut. Mengkonsumsi obat-obatan dari dokter dan terus menjalani terapi. Melakukan hal-hal positif seperti menulis adalah salah satu upayanya untuk membawa pikiran lebih tenang.  

Bebe Rexha

Bebe Rexha akhirnya terbuka soal penyakit mental bipolar yang dialaminya/instagram.com/beberexha
Bebe Rexha/instagram.com/beberexha

Artis yang sarat akan segudang prestasi ini juga tidak luput dari terpaan penyakit mental. Sempat bertahan dengan menyembunyikan kondisinya, Bebe Rexha akhirnya secara terbuka menyatakan bahwa dirinya mengidap bipolar.

Hal ini pertama kali diketahui melalui cuitannya di media sosial Twitter sembari menuliskan “I'm bipolar and I'm not ashamed anymore”. Setelah hal tersebut dilakukan, Bebe Rexa sendiri mengaku kalau dirinya tidak malu. Malah dia sudah bersiap untuk projek berikutnya yang akan melibatkan dirinya.

Catherine Zeta-Jones

Catherine Zeta Jones mengidap bipolar dikarenakan stres yang terus melandanya/instagram.com/catherinezetajones
Catherine Zeta Jones/instagram.com/catherinezetajones

Nah yang terakhir ada Catherine Zeta Jones yang diketahui mengidap bipolar. Adapun dugaan penyebab penyakit mental bipolar tersebut  adalah kondisi stres karena penyakit kanker lidah yang sedang dideritanya. Ia sendiri didiagnosa mengidap bipolar II pada April 2011.

Penyakit tersebut ditandai dengan munculnya depresi dan hipermania. Untuk itu, ia kemudian terus berupaya mencari kesembuhan dengan melakukan sejumlah pengobatan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id